Published On: Fri, Nov 4th, 2016

5 Cara Melipatgandakan Uang Secara Halal

banner

Oleh Andreas Hartono

Beberapa minggu terakhir ini kita sangat sering mendengar berita kehebatan seseorang yang bisa melipatgandakan uang. Ya dia adalah Dimas Kanjeng, bahkan saking dianggap hebatnya banyak orang dari berbagai golongan menitipkan uangnya untuk dilipatgandakan. Apakah berhasil ? Tampaknya apa yang dia lakukan menurut saya hanyalah sekedar trik sulap saja, tetapi biarlah pihak yang bewajib saja yang mengungkapkan apa yang sebenarnya terjadi.andreas-hartono-jpg
Sekarang mendingan yuk kita menggunakan pendekatan perencanaan keuangan yang benar untuk melipatgandakan uang ini, cara ini pasti halal dan yang penting tanpa efek samping. Hehehe. Apa saja ? Inilah 5 cara alami yang dapat dilakukan untuk melipatgandakan uang anda.
1. Ciptakan Nilai Tambah
Pernah minum softdrink di pinggir jalan dan di hotel bintang 5 ? Softdrinknya pasti sama saja tetapi kenapa koq harganya bisa berbeda sangat jauh ? Di pinggir jalan hanya 5 ribu tapi di hotel bintang 5 bisa menjadi 50 ribu ? Jawabannya mudah saja karena di hotel bintang 5 anda tidak hanya mendapatkan softdrink tetapi juga mendapatkan nilai tambah lainnya. Apa nilai tambah yang didapatkan dengan membeli softdrink di hotel bintang 5 ? Anda bisa menikmati softdrink tersebut dengan gelas kristal yang cantik sambil ber-wifi ria secara gratis, bisa menikmati sejuknya ruangan hotel, bisa menonton tayangan bola di TV berlayar lebar, bisa menikmati sofa yang sangat empuk dan bisa menikmati live music. Jadi barang boleh sama tetapi dengan nilai tambah yang lebih maka barang tersebut akan bertambah berkali lipat harganya.
Sama dengan diri kita, kalau mau mendapatkan income yang lebih pastikan punya nilai tambah yang juga lebih dibandingkan dengan orang lain. Caranya upgrade ilmu anda setiap waktu dan pastikan anda memberi lebih kepada perusahaan anda dibandingkan dengan orang-orang lain. Semakin tinggi nilai tambah anda maka semakin tinggi pula apresiasi perusahaan terhadap anda.
2. Bersyukur
Anda mempunyai hadiah untuk dua orang keponakan anda, ketika anda berikan hadiah tersebut kepada keponakan yang pertama dia berkata “Terima kasih Om & Tante hadiahnya bagus sekali, saya sangat senang dan saya akan rawat dan jaga hadiah ini dengan baik” sedangkan keponakan anda yang kedua berkata “Saya tidak suka hadiah ini, ini hadiah yang jelek dan murahan”. Seminggu kemudian anda bertemu lagi dengan keponakan anda yang pertama dan anda lihat hadiah dari anda dijaga dan dirawat dengan baik sedangkan hadiah yang sama di keponakan anda yang kedua telah hancur berantakan.
Nah kalau berikutnya anda mempunyai uang lebih dan mau memberikan hadiah lagi kepada keponakan anda maka anda akan berikan hadiah seperti apa kepada kedua keponakan anda tersebut ? Kemungkinan besar anda akan berikan yang terbaik untuk keponakan anda yang pertama dan hadiah yang biasa saja kepada keponakan yang kedua. Mengapa ? Karena keponakan anda yang pertama ketika diberi dia berterima kasih, mengucap syukur dan menjaga serta merawat apa yang dia dapatkan dengan baik. Sedangkan keponakan yang kedua dia mengeluh atas apa yang dia dapatkan dan tidak mampu menjaga dan merawat yang dia dapatkan. Jadi orang yang bersyukur atas uang yang dia terima berapapun besarnya maka dia sedang bersiap diri untuk mendapatkan uang dan rezeki yang lebih besar lagi. Sebaliknya orang yang selalu mengeluh artinya dia sedang menjauhkan dirinya dari rezeki yang lebih besar lagi.
3.Menabung
Sejak zaman kita kecil ada kata bijak yaitu sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit. Itulah yang menjadi konsep dasar dari yang namanya menabung. Dalam perjalanan kehidupan manusia secara natural manusia mulai mengenal konsep menabung pada saat zaman bertani, dimana mereka harus menyisihkan hasil panen yang didapatkan untuk bertahan hidup sambil menunggu panen berikutnya. Jadi menabung yang benar itu adalah dengan menyisihkan apa yang didapatkan pada saat panen atau pada saat seseorang gajian atau menerima penghasilan.
Menabung yang benar adalah dari uang yang disisihkan dan bukan dari uang yang disisakan. Tetapi pada kenyataannya banyak orang yang gagal membangun kebiasaan untuk menabung karena gaya hidup yang konsumtif dan biasanya diikuti juga dengan banyaknya utang. Akibatnya penghasilan yang diterima hanya numpang lewat untuk bayar utang saja. Jadi kalau mau melipatgandakan uang maka pastikan anda memiliki kebiasaan untuk menabung dengan menyisihkan apa yang anda terima atau apa yang anda hasilkan. Dengan membangun kebiasaan untuk menabung maka anda akan selalu memperbesar aset atau harta tunai anda.
4. Utang Produktif
Utang itu seperti obat yang artinya kalau kita salah gunakan maka akan menjadi racun. Obat itu menjadi berguna kalau tepat sasaran dan tepat dosis, demikian juga dengan utang akan bermanfaat kalau tepat sasaran dan tepat dosis. Sasaran utang yang boleh dilakukan untuk melipatgandakan uang anda hanyalah utang produktif. Apa itu utang produktif ? Utang yang nilai obyek utangnya bertumbuh lebih tinggi dibandingkan dengan bunga utang yang anda bayarkan atau utang yang dapat menghasilkan income yang lebih untuk anda. Kebanyakan dari kita mempunyai utang tetapi tidak produktif yaitu utang yang bersifat konsumtif yang malah berakibat sebaliknya bukan melipatgandakan uang anda tetapi mengurang uang anda secara drastis.
5. Investasi
Investasi secara prinsip sama dengan menabung yaitu menyisihkan uang yang kita terima. Yang membedakan hanyalah pada produk saja, kalau menabung orang cenderung menggunakan produk bank sedangkan investasi orang menggunakan produk non bank seperti logam mulia, properti, saham atau reksadana. Investasi cenderung untuk tujuan jangka panjang sedangkan menabung untuk tujuan jangka pendek. Orang yang memahami konsep investasi dengan baik dan benar maka akan mampu mengubah uang kecil menjadi uang besar, bahkan oleh Albert Einstein konsep investasi ini disebut-sebut sebagai keajaiban dunia yang ke-8. Investasi memang mengandung risiko tetapi dengan bertambahnya pengetahuan anda tentang konsep investasi dan produk investasi yang baik dan benar maka risiko ini akan menjadi semakin kecil. Kemudian kalau anda mau investasi pastikan investasi yang anda lakukan dikelola oleh perusahaan yang mendapatkan izin dan legalitas dari Otoritas Jasa Keuangan atau yang kita kenal dengan OJK. Dengan memiliki pengetahuan tentang investasi yang baik dan benar maka anda akan mampu melipatgandakan uang anda dengan lebih cepat.
Nah itulah 5 cara alami untuk melipatgandakan uang anda. Kalau kita membaca dengan lebih seksama maka yang mampu melipatgandakan uang itu bukanlah orang lain tetapi yang paling utama adalah diri kita sendiri. Dengan semakin kita memiliki nilai tambah, selalu bersyukur atas apa yang kita terima, memiliki kebiasaan menabung, mengurangi kebiasaan gaya hidup konsumtif, mengurangi utang konsumtif dan memiliki pengetahuan yang baik dan benar tentang investasi maka di situlah keajaiban pelipatgandaan uang akan terjadi dengan alami dan halal.
Salam Cerdas Finansial

banner

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

nisp
4 M Kepada Desa Sukaresmi Aditya Maulana Dari Waitress Hingga Hotel Manager Anggota Sarbumusi Berhak Terima Dana Pensiun 100 Juta Antara Gaya Hidup & Kesehatan Berburu Berkah Di Bulan Ramadhan bioskop cinemaxx BUDIYANTO Cikarang Ditinggal Mudik CSR Kabupaten Bekasi Dadali Hibur Anak Yatim Cikarang Daeng Muhammad Bangun Masjid Talagamanggung di Pebayuran Demokrasi Mini Ala Warga "Berlian" Faber Castell Memperluas Pabrik di MM2100 GABUNGAN OPERATOR TV KABEL INDONESIA DEKLARASI GERAKAN NASIONAL TAYANG FTA GRATIS Gema Ramadhan dan Idul Fitri LPPM Jababeka Glorious Ramadan at Mal Lippo Cikarang GROUND BREAKING MAYFAIR Estate & Parklands di Jababeka Residence Hipertensi : Masalah Serius Pada Generasi Muda Hotel Sahid Jaya Lippo Cikarang Santuni 100 Anak Yatim Java Palace Hotel KAMPUNG HALAMAN Kapolresta Bekasi Tinjau Kesiapan Personil Amankan Mudik 2015 Kemilau Ramadhan 2015 Jababeka Residence Kodim Kawal Kegiatan Gemar Membaca Komunitas BerbagiNasi Cikarang dan Coca-Cola Amatil Indonesia Gelar Berbagi Ceria di Bulan Ramadhan Komunitas Peduli Cikarang Peduli Yatim Piatu Dan Lingkungan LATIN NIGHT BARBECUE @ GRANDE VALORE HOTEL – JABABEKA LEBARAN MENGINAP GRATIS DI HOTEL SANTIKA CIKARANG Lippo Cikarang Serahkan Bantuan Senilai 4 Papinka Goyang Basecamp NCRadio Pemasangan Kawat Gigi Penampilan Memukau Para Siswa Berkebutuhan Khusus President Special Needs Centre (PSNC) Pencegahan Penyakit Akibat Kerja PROMO “BERKAH RAMADHAN” Hotel Santika Cikarang PSNC Siapkan Pengembangan Anak Berkebutuhan Khusus Usia Dewasa PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) PT Cameron Services International Lulus Sertifikasi OHSAS 18001:2007 & SMK3 PT Trans Jakarta Luncurkan Bus Tingkat Pariwisata Tematik Rira GreenPark Kembangkan Cluster Perkantoran Dan Pergudangan Khusus UKM Samsung Siap Produksi Ponsel dan Tablel Sebanyak 1 Juta/Bulan Sekjen Aspelindo : Pemda Harus Siapkan SDM Lokal Hadapi MEA Soft Opening Batiqa Hotel Suzuki Tambah Investasi Tasyakuran Kelulusan Siswa SDIT An Nur Angkatan Kesembilan Wisuda Ke-10 President University