Published On: Thu, Jul 20th, 2017

Aktif Berorganisasi Membawanya Ke Sydney

banner

Aktif Berorganisasi Membawanya Ke Sydney

Kesan pertama saat bertemu dengan sosok yang satu ini, ramah dan mudah bergaul. Gadis berkerudung kelahiran Jakarta 20 tahun yang lalu ini dikenal dengan nama panggilan Dhina. Pemilik nama lengkap Shofa Ramadhina ini merupakan mahasiswi President University Jurusan Teknik Industri angkatan 2015. Sejak semester awal, Dhina sangat aktif berorganisasi di kampusnya, dari sinilah Dhina terpilih ikut Education Fun Holiday Goes to Sydney pada Desember tahun lalu.shofa ramadhani

Program tahunan yang diselenggarakan oleh Telkomsel ini memilih 22 orang dari berbagai universitas di Indonesia untuk ikut program spesial yang memberikan kesempatan kepada para mahasiswa untuk belajar sekaligus liburan keluar negeri selama 1 minggu. Untuk tahun 2016 mereka mendapat kesempatan mengikuti training Mindful Leadership di Sydney, Australia, dan begitu selesai, akan memperoleh sertifikat bergelar MBA.

“Saya terpilih dari 1000 mahasiswa yang mendaftar, karena Telkomsel menilai saya aktif berorganisasi. Saya orangnya memang tidak bisa diam, sehingga energi saya harus saya salurkan ke hal yang positif, maka saya aktif beorganisasi di kampus. Saat ini saya dipercaya sebagai  The Chairperson of PUMA IE dan diperbantukan di external relation PUSU (BEM) President University yang bertugas mencari sponsorship dan partnership. Dari sinilah saya kenal banyak link company, salah satunya Telkomsel,” ungkap Dhina yang menyampaikan terima kasih kepada Telkomsel yang telah menanggung semua biaya  terbang ke Sydney, seperti  tiket pesawat PP, visa, airport tax, pengurusan paspor, akomodasi dan uang saku.

Ada pengalaman seru yang dialami Dhina selama di Sydney. Ketika training berlangsung, dengan skill bahasa Inggris yang dimilikinya, Dhina sering diminta mewakili peserta lainnya untuk berbicara kepada speaker yang berasal dari Melbourn Australia. “ Lebih serunya lagi, ternyata di Sydney banyak sekali warga pendatang terutama yang dari Asia, begitu multi kultural, hal sama yang saya temui di President University. Dan ada yang unik,  toko-toko di Sydney jam 4 sore sudah tutup, hanya di hari Rabu bisa buka hingga pukul 19.00 yang dikenal dengan Shopping Day. Sebagai kota bisnis, biaya hidup di Sydney sangat tinggi, sehingga banyak pekerja yang lebih memilih tinggal di daerah pinggiran,” ungkap Dhina berbagi pengalaman selama di Australia.

Prestasi di Bidang Riset

Selain aktif di organisasi, ternyata  sejak duduk di bangku SMP Dhina sering bersentuhan dengan kegiatan riset.  Berkat kegiatan yang satu ini, lulusan SMA Sampoerna Academy Boarding School Bogor ini mendapat beasiswa penuh di President University melalui jalur prestasi. “Saat di SMA saya ikut kompetisi penelitian di Makau, tentang penggunaan matahari dan air laut untuk dipakai oleh nelayan, dan mendapat The Best Esei. Kemudian sertifikatnya saya coba masukkan ke President University sehingga dapat beasiswa penuh, “ ungkap mahasiswi semester 6 ini.

Selain karena beasiswa, ketertarikan Dhina untuk kuliah di President University juga ingin meningkatkan skill bahasa Inggrisnya yang sudah dia dapatkan sejak bangku SMA yang memang berbasis bahasa Inggris. “Dan masuk jurusan Teknik Industri karena  sejak dulu saya suka komunikasi dan manajemen, tetapi dari SMP saya sudah sering melakukan riset. Jadi sempat galau, akhirnya saya ambil jurusan ini karena industrial lengkap, tidak hanya sains tetapi bisa belajar akunting,  pembukuan dan marketing. Nantinya ketika lulus, saya inginnya tidak hanya bekerja tetapi juga bisa improvment,” ungkap Dhina yang aktif di Ambassador President University di awal kuliahnya.

Pada saat itu, Dhina bersama timnya ikut menorehkan prestasi yang membanggakan. “Saya pernah ikut ajang Green City Competition Atma Jaya 2015 tingkat nasional, dan mendapat juara ke 3. Kami membuat semacam lempengan yang ditempel di dinding. Gunanya untuk menyerap panas matahari yang kemudian bisa diubah menjadi energi listrik. Harapannya hasil penelitian ini akan saya lanjutkan saat nanti ke S2,” ujar Dhina yang mimpinya kuliah di Jerman.

Bersama teman-temannya, saat ini Dhina sedang mengembangan NGO bernama The Light. Organisasi ini mengajak anak muda memiliki rasa generosity (kemurahan hati) agar menjadi budaya baru atau gaya hidup baik di lingkungan keluarga, komunitas dan sekolah. “Kegiatan yang kami lakukan dalam bentuk workshop atau training yang relevan bagi kalangan anak muda dan bisa diaplikasikan. Target kami adalah para pengurus OSIS yang akan menjadi peserta utama sebagai perpanjangan tangan The Light untuk memberi dampak positif di sekolah-sekolah.The Light percaya bahwa generosity adalah hal yang penting untuk mengalahkan kemiskinan,” ujar Dhina. ***

 

banner

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

nisp
4 M Kepada Desa Sukaresmi Aditya Maulana Dari Waitress Hingga Hotel Manager Anggota Sarbumusi Berhak Terima Dana Pensiun 100 Juta Antara Gaya Hidup & Kesehatan Berburu Berkah Di Bulan Ramadhan bioskop cinemaxx BUDIYANTO Cikarang Ditinggal Mudik CSR Kabupaten Bekasi Dadali Hibur Anak Yatim Cikarang Daeng Muhammad Bangun Masjid Talagamanggung di Pebayuran Demokrasi Mini Ala Warga "Berlian" Faber Castell Memperluas Pabrik di MM2100 GABUNGAN OPERATOR TV KABEL INDONESIA DEKLARASI GERAKAN NASIONAL TAYANG FTA GRATIS Gema Ramadhan dan Idul Fitri LPPM Jababeka Glorious Ramadan at Mal Lippo Cikarang GROUND BREAKING MAYFAIR Estate & Parklands di Jababeka Residence Hipertensi : Masalah Serius Pada Generasi Muda Hotel Sahid Jaya Lippo Cikarang Santuni 100 Anak Yatim Java Palace Hotel KAMPUNG HALAMAN Kapolresta Bekasi Tinjau Kesiapan Personil Amankan Mudik 2015 Kemilau Ramadhan 2015 Jababeka Residence Kodim Kawal Kegiatan Gemar Membaca Komunitas BerbagiNasi Cikarang dan Coca-Cola Amatil Indonesia Gelar Berbagi Ceria di Bulan Ramadhan Komunitas Peduli Cikarang Peduli Yatim Piatu Dan Lingkungan LATIN NIGHT BARBECUE @ GRANDE VALORE HOTEL – JABABEKA LEBARAN MENGINAP GRATIS DI HOTEL SANTIKA CIKARANG Lippo Cikarang Serahkan Bantuan Senilai 4 Papinka Goyang Basecamp NCRadio Pemasangan Kawat Gigi Penampilan Memukau Para Siswa Berkebutuhan Khusus President Special Needs Centre (PSNC) Pencegahan Penyakit Akibat Kerja PROMO “BERKAH RAMADHAN” Hotel Santika Cikarang PSNC Siapkan Pengembangan Anak Berkebutuhan Khusus Usia Dewasa PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) PT Cameron Services International Lulus Sertifikasi OHSAS 18001:2007 & SMK3 PT Trans Jakarta Luncurkan Bus Tingkat Pariwisata Tematik Rira GreenPark Kembangkan Cluster Perkantoran Dan Pergudangan Khusus UKM Samsung Siap Produksi Ponsel dan Tablel Sebanyak 1 Juta/Bulan Sekjen Aspelindo : Pemda Harus Siapkan SDM Lokal Hadapi MEA Soft Opening Batiqa Hotel Suzuki Tambah Investasi Tasyakuran Kelulusan Siswa SDIT An Nur Angkatan Kesembilan Wisuda Ke-10 President University