Published On: Fri, Nov 4th, 2016

BELAJAR SINERGI

banner

Sinergi, sinergi, sinergi. Bukan saling bersaing, tapi saling mengisi. Itulah yang dapat kita sampaikan setiap kali ada kesempatan. Memang tidak mudah. Dulu, dari kecil anak sekolah sudah dilatih berkompetisi. Setiap saat didorong untuk mengalahkan teman-temannya sendiri. Mengapa? Supaya dapat ranking satu!eka budianta
Benarkah begitu? Salah besar. Untunglah jaman persaingan yang konyol itu sudah selesai. Kita sadar hidup bukan untuk mengalahkan siapa pun. Bahkan semua agama mendorong umatnya untuk saling membantu. Kita tolong yang lemah, kita utamakan yang kecil dan tidak berdaya. Kita bantu agar semua menjadi kuat.
Abdullah Azwar Anas, Bupati Banyuwangi patut diteladani. “Kita tidak ingin menyaingi daerah mana pun. Justru kita harus membantu mereka. Kalau Bali kekurangan jeruk dan buah naga, kita kirimi. Kalau harga perabot rumah tangga di sana mahal, sedang di daerah kita lebih murah, kita kirimi juga.” Begitu prinsipnya.
Hasilnya apa? Banyuwangi ikut maju. Jangan ingin mengalahkan siapa pun. Bahkan yang paling kaya, yang paling pintar, masih selalu memerlukan dukungan. Mau mengalahkan Bali di bidang pariwisata? Tidak mungkin. Tetapi kita bisa membantu Bali, mencukupi kebutuhannya. Bahkan membantu wisatawan yang ingin mendapat variasi, setelah bosan dengan Bali.
Sekarang, ribuan tamu datang ke Banyuwangi. Dari tempat yang sunyi dan angker, menjadi ramai. Punya bandar udara, kampung on-line, bermacam festival dan fasilitas internet merata. Alam lingkungan hidup terjaga, perahu pesiar berdatangan. Produksi buah-buahan berlimpah, karena punya niat membantu semua daerah.
Setiap orang adalah juara di bidang masing-masing. Sama halnya setiap daerah punya keunggulannya. Tetapi untuk apa keunggulan bila dipakai merendahkan orang dan daerah lain? Begitu juga dengan pertokoan, pabrik, perusahaan dan antar tetangga. Sudah saatnya kita tinggalkan hasrat untuk menang sendiri. Jangan melumpuhkan sanak-saudara sendiri yang kita anggap sebagai musuh, lawan bisnis, kompetitor, pesaing.
Maka, sekarang berkembang bermacam pola kerjasama. Anak sekolah yang nilainya bagus, wajib membantu temannya yang sulit belajar. Perusahaan yang sukses diwajibkan membantu, bahkan menjadi bapak asuh, rekanan bagi yang belum berhasil. Daerah yang maju juga tidak meninggalkan tetangganya yang belum pandai mengelola sumber dayanya.
Sebetulnya dari dulu kita sudah mengenal koperasi. Asal katanya ko-operasi, bekerja sama. Di tingkat pribadi, kita berlatih saling membantu. Koperasi di tempat saya melatih anggotanya bikin bakso. Kalau ada yang ahli bermain saham, diwajibkan mengajarkan kiat sukses di pasar modal. Bukan menyembunyikan keahlian, tetapi membagikan ilmunya. Kalau setiap orang berlatih murah hati, siap menolong, selalu membantu, masyarakat akan lebih sehat, lebih maju.
Dulu kami punya seorang sopir yang berhenti sekolah di kelas 2 SMP. Mengapa? “ Malu Pak. Saya mendapat ranking 35 dari 35 murid di dalam kelas. Setelah dua kali dinyatakan ranking terakhir, saya minta berhenti sekolah,” katanya.
Memang badannya kecil, sering mengantuk dan tampak kurang bersemangat. Tetapi ia sangat pandai mengupas semangka. Ketika ada pesta, dia bisa membuat semangka menjadi ukiran bunga mawar. Ia berbakat membuat ukiran es batu. Talentanya berbeda. Bukan menjawab soal-soal ujian dan menghapal nama-nama. Bukan di bidang matematika, bahasa, atau biologi, tapi ia terampil sekali.
Sayang betul, seorang pemahat tidak mendapat rangking sama sekali di sekolahnya. Juga di lapangan pekerjaan. Sebenarnya ia bukan seorang supir yang jempolan. Tetapi ia pengukir kelas dunia. Karena itu ia tidak usah mengemudi sambil mengantuk dan stress di perjalanan. Ia memerlukan studio yang besar dan berkarya untuk mengharumkan bangsa, memuliakan Tuhan, dan berbakti bagi sesama manusia dengan cara yang sebaik-baiknya. ***

banner

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

nisp
4 M Kepada Desa Sukaresmi Aditya Maulana Dari Waitress Hingga Hotel Manager Anggota Sarbumusi Berhak Terima Dana Pensiun 100 Juta Antara Gaya Hidup & Kesehatan Berburu Berkah Di Bulan Ramadhan bioskop cinemaxx BUDIYANTO Cikarang Ditinggal Mudik CSR Kabupaten Bekasi Dadali Hibur Anak Yatim Cikarang Daeng Muhammad Bangun Masjid Talagamanggung di Pebayuran Demokrasi Mini Ala Warga "Berlian" Faber Castell Memperluas Pabrik di MM2100 GABUNGAN OPERATOR TV KABEL INDONESIA DEKLARASI GERAKAN NASIONAL TAYANG FTA GRATIS Gema Ramadhan dan Idul Fitri LPPM Jababeka Glorious Ramadan at Mal Lippo Cikarang GROUND BREAKING MAYFAIR Estate & Parklands di Jababeka Residence Hipertensi : Masalah Serius Pada Generasi Muda Hotel Sahid Jaya Lippo Cikarang Santuni 100 Anak Yatim Java Palace Hotel KAMPUNG HALAMAN Kapolresta Bekasi Tinjau Kesiapan Personil Amankan Mudik 2015 Kemilau Ramadhan 2015 Jababeka Residence Kodim Kawal Kegiatan Gemar Membaca Komunitas BerbagiNasi Cikarang dan Coca-Cola Amatil Indonesia Gelar Berbagi Ceria di Bulan Ramadhan Komunitas Peduli Cikarang Peduli Yatim Piatu Dan Lingkungan LATIN NIGHT BARBECUE @ GRANDE VALORE HOTEL – JABABEKA LEBARAN MENGINAP GRATIS DI HOTEL SANTIKA CIKARANG Lippo Cikarang Serahkan Bantuan Senilai 4 Papinka Goyang Basecamp NCRadio Pemasangan Kawat Gigi Penampilan Memukau Para Siswa Berkebutuhan Khusus President Special Needs Centre (PSNC) Pencegahan Penyakit Akibat Kerja PROMO “BERKAH RAMADHAN” Hotel Santika Cikarang PSNC Siapkan Pengembangan Anak Berkebutuhan Khusus Usia Dewasa PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) PT Cameron Services International Lulus Sertifikasi OHSAS 18001:2007 & SMK3 PT Trans Jakarta Luncurkan Bus Tingkat Pariwisata Tematik Rira GreenPark Kembangkan Cluster Perkantoran Dan Pergudangan Khusus UKM Samsung Siap Produksi Ponsel dan Tablel Sebanyak 1 Juta/Bulan Sekjen Aspelindo : Pemda Harus Siapkan SDM Lokal Hadapi MEA Soft Opening Batiqa Hotel Suzuki Tambah Investasi Tasyakuran Kelulusan Siswa SDIT An Nur Angkatan Kesembilan Wisuda Ke-10 President University