Published On: Thu, Mar 16th, 2017

Berakhirnya Era Jurnalisme Ludah

banner

“Berakhirnya Era Jurnalisme Ludah”
Mahasiswa Ilmu Komunikasi Pelajari Jurnalisme Berbasis Teknologi Data
Jurnalisme ludah sudah kehilangan masa. Masyarakat yang kian cerdas membutuhkan informasi berdasarkan fakta dan bukan opini atau pernyataan belaka. Jurnalisme ludah adalah jurnalisme yang hanya mengutip pernyataan narasumber terhadap sebuah hal atau peristiwa dan melupakan elaborasi atas peristiwa tersebut.kuliah umum President University
“Menyusun berita dari pernyataan memang mudah, namun tidak memberikan pemahaman kepada audiens. Sebaliknya, dengan data kita bisa memahami peristiwa secara utuh dan bahkan melakukan prediksi-prediksi,” kata Rahadian Paramita dalam paparan materinya di Auditorium Charles Himawan President University Cikarang, Rabu (15/3).
Namun ditegaskan Wakil Pemimpin Redaksi Beritagar ini, menggali data bukan pekerjaan sederhana. Memilah data dari ‘sampah’ lebih sulit lagi. Selain pemahaman berita dibutuhkan pula keterampilan teknis tentang pengelolaan dan penyortiran data. Inilah inti dari data driven journalism. Data membantu pembaca memahami suatu peristiwa yang rumit menjadi lebih mudah.
“Data dapat menceritakan sebuah pola, peristiwa, atau permasalahan dari sudut pandang yang lebih luas berdasarkan fakta. Seperti pada kasus Air Asia, jurnalisme berbasis data membantu mengilustrasikan laporan KNKT setebal 206 halaman dalam bentuk infografis sehingga menarik dan mudah dipahami publik,” lanjutnya.
“Jurnalisme berbasis data driven ini pada prinsipnya bagaimana memanfaatkan teknologi komputer untuk mengolah dan menganalisis data yang dibutuhkan dalam menyusun berita. Teknologi ini merupakan mesin pencari selayaknya Google yang dapat mengumpulkan berbagai informasi dan memudahkan para pewarta untuk menginterpretasi data,” tutur Rahadian.
Wakil Pemimpin Redaksi Beritagar ini menyadari bahwa di era teknologi, data tersedia secara masif dan dapat diakses oleh siapa saja. Ia mencontohkan bagaimana para wartawan yang dipimpinnya menggunakan data.
Selain jurnalisme berbasis data, para mahasiswa juga mempelajari bagaimana teknik wawancara dengan informan serta pengalaman wawancara dari praktisi media.
“Figur yang akan diwawancara adalah orang yang sedang dibicarakan dan memang berkaitan langsung dengan kasus yang sedang diangkat. Bila memungkinkan wawancara secara eksklusif. Dalam wawancara saya biasanya membawakan barang kesukaan narasumber, seperti membawakan cerutu saat saya mewawancara Din Minimi agar dia mau diwawancara,” tutur Heru Triyono mengisahkan.
Kuliah umum yang dihadiri lebih dari 120 mahasiswa ini merupakan pengayaan mata kuliah jurnalistik yang telah diajarkan di dalam kelas. Hal ini juga sekaligus pembekalan bagi para mahasiswa yang akan menjalani program magang sebelum penyusunan tugas akhir di President University.

Kontak:
Mohammad Shihab, Dosen Ilmu Komunikasi
Whatsapp : 0812-8025-5415
E-mail : communication@president.ac.id
Website : http://com.president.ac.id

banner

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

nisp
4 M Kepada Desa Sukaresmi Aditya Maulana Dari Waitress Hingga Hotel Manager Anggota Sarbumusi Berhak Terima Dana Pensiun 100 Juta Antara Gaya Hidup & Kesehatan Berburu Berkah Di Bulan Ramadhan bioskop cinemaxx BUDIYANTO Cikarang Ditinggal Mudik CSR Kabupaten Bekasi Dadali Hibur Anak Yatim Cikarang Daeng Muhammad Bangun Masjid Talagamanggung di Pebayuran Demokrasi Mini Ala Warga "Berlian" Faber Castell Memperluas Pabrik di MM2100 GABUNGAN OPERATOR TV KABEL INDONESIA DEKLARASI GERAKAN NASIONAL TAYANG FTA GRATIS Gema Ramadhan dan Idul Fitri LPPM Jababeka Glorious Ramadan at Mal Lippo Cikarang GROUND BREAKING MAYFAIR Estate & Parklands di Jababeka Residence Hipertensi : Masalah Serius Pada Generasi Muda Hotel Sahid Jaya Lippo Cikarang Santuni 100 Anak Yatim Java Palace Hotel KAMPUNG HALAMAN Kapolresta Bekasi Tinjau Kesiapan Personil Amankan Mudik 2015 Kemilau Ramadhan 2015 Jababeka Residence Kodim Kawal Kegiatan Gemar Membaca Komunitas BerbagiNasi Cikarang dan Coca-Cola Amatil Indonesia Gelar Berbagi Ceria di Bulan Ramadhan Komunitas Peduli Cikarang Peduli Yatim Piatu Dan Lingkungan LATIN NIGHT BARBECUE @ GRANDE VALORE HOTEL – JABABEKA LEBARAN MENGINAP GRATIS DI HOTEL SANTIKA CIKARANG Lippo Cikarang Serahkan Bantuan Senilai 4 Papinka Goyang Basecamp NCRadio Pemasangan Kawat Gigi Penampilan Memukau Para Siswa Berkebutuhan Khusus President Special Needs Centre (PSNC) Pencegahan Penyakit Akibat Kerja PROMO “BERKAH RAMADHAN” Hotel Santika Cikarang PSNC Siapkan Pengembangan Anak Berkebutuhan Khusus Usia Dewasa PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) PT Cameron Services International Lulus Sertifikasi OHSAS 18001:2007 & SMK3 PT Trans Jakarta Luncurkan Bus Tingkat Pariwisata Tematik Rira GreenPark Kembangkan Cluster Perkantoran Dan Pergudangan Khusus UKM Samsung Siap Produksi Ponsel dan Tablel Sebanyak 1 Juta/Bulan Sekjen Aspelindo : Pemda Harus Siapkan SDM Lokal Hadapi MEA Soft Opening Batiqa Hotel Suzuki Tambah Investasi Tasyakuran Kelulusan Siswa SDIT An Nur Angkatan Kesembilan Wisuda Ke-10 President University