Published On: Wed, Jun 24th, 2015

BUDIYANTO, Sekjen Aspelindo : Pemda Harus Siapkan SDM Lokal Hadapi MEA

banner

Dalam rangka menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang akan berlaku pada September tahun ini,  Asosiasi Pengusaha Limbah Industri Indonesai (Aspelindo) meminta pemerintah pusat dan daerah  menyikapinya dengan serius. Pemerintah Daerah Kabupaten Bekasi khususnya, diminta melakukan tindakan preventif guna mengantisipasi penerapan ekonomi masyarakat global tersebut.budiyanto
Seperti yang dikatakan Sekjen Aspelindo, Budiyanto. Jika pemerintah pusat dan daerah tidak melakukan langkah preventif, maka masyarakat lokal hanya menjadi penonton saja. Apalagi kondisi perekonomian nasional saat ini tengah lesu karena nilai tukar rupiah terhadap dollar yang terus melemah. “Jadi kalau tidak ada langkah nyata, MEA ini akan memberikan dampak negatif bagi kita bersama,” kata Budiyanto .
Alumni Institut Perekonomian Bogor (IPB) itu mengatakan, pemerintah pusat memang telah antisipasi dalam menghadapi perekonomian global dengan membuat Undang-undang seperti UMKM, Ketenagakerjaan dan lainnya. Tapi sayang, itu tidak dibarengan dengan peran dari pemerintah daerah yang juga harus andil dalam menghadapi perekonomian tersebut dengan menerbitkan Peraturan Daerah yang sifatnya pro terhadap perekonomian lokal. “Harusnya daerah peka dengan prinsip tindakan preventif seperti adanya regulasi yang sistemik dan dituangkan dalam peraturan daerah,” katanya.
Dia menjelaskan, langkah yang harus dilakukan pemerintah daerah seperti menertibkan Perda Ketenagakerajaan untuk mengedepankan tenaga kerja lokal agar terserap dengan baik oleh perusahaan di Kabupaten Bekasi. Saat ini, jumlah tenaga kerja lokal yang terserap di industri-industri masih belum diketahui secara pasti jumlahnya. Misalnya setiap perusahaan 50 % diisi warga Bekasi, tapi sekarang kan porsentasi itu tidak jelas diketahui jumlahnya. Makanya, harus ada regulasi yang sistemik dalam menghadapi persoalan tenaga kerja lokal.
Bisa saja pemerintah daerah mengeluarkan regulasi penyerapan tenaga kerja melalui cara rekrutmen ke sekolah-sekolah yang telah ditunjuk dan bekerjasama dengan pihak perusahaan. Disitu, model rekrutmen diatur sedemikain rupa agara penyerapan tenaga kerja lokal bisa dilakukan dengan baik dan terdata dengan pasti.
“Dan sudah saatnya itu harus dilakukan, sebab saya melihat di Deltamas saja, orang Cina sudah ada yang bekerja di sekotar buruh seperti sopir barang dengan menggunakan mobil pick-up. Artinya, jangan sampai kita dari masyasrakat lokal tidak mendapatkan porsi sama sekali kerja di perusahaan,” paparnya.
Di sektor industri usaha besar pun, seperti Astra Group dimana manajemennya memberlakukan pengelolaan limbah oleh anak perusahaan atau pihak yang ditunjuk perusahaan raksaksa asal Jepang itu. Dengan begitu, limbah dari perusahaan otomotif itu tidak bisa dikelola oleh pengusaha lokal. “Kalau tiap perusahaan melakukan itu, pengusaha lokalnya dapet apa? Nah ini harus ada Peraturan jangan sampai ekonomi kita dimonopoli oleh asing, yang rugi kita sendiri,” tandasnya. (im)

banner

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

nisp
4 M Kepada Desa Sukaresmi Aditya Maulana Dari Waitress Hingga Hotel Manager Anggota Sarbumusi Berhak Terima Dana Pensiun 100 Juta Antara Gaya Hidup & Kesehatan Berburu Berkah Di Bulan Ramadhan bioskop cinemaxx BUDIYANTO Cikarang Ditinggal Mudik CSR Kabupaten Bekasi Dadali Hibur Anak Yatim Cikarang Daeng Muhammad Bangun Masjid Talagamanggung di Pebayuran Demokrasi Mini Ala Warga "Berlian" Faber Castell Memperluas Pabrik di MM2100 GABUNGAN OPERATOR TV KABEL INDONESIA DEKLARASI GERAKAN NASIONAL TAYANG FTA GRATIS Gema Ramadhan dan Idul Fitri LPPM Jababeka Glorious Ramadan at Mal Lippo Cikarang GROUND BREAKING MAYFAIR Estate & Parklands di Jababeka Residence Hipertensi : Masalah Serius Pada Generasi Muda Hotel Sahid Jaya Lippo Cikarang Santuni 100 Anak Yatim Java Palace Hotel KAMPUNG HALAMAN Kapolresta Bekasi Tinjau Kesiapan Personil Amankan Mudik 2015 Kemilau Ramadhan 2015 Jababeka Residence Kodim Kawal Kegiatan Gemar Membaca Komunitas BerbagiNasi Cikarang dan Coca-Cola Amatil Indonesia Gelar Berbagi Ceria di Bulan Ramadhan Komunitas Peduli Cikarang Peduli Yatim Piatu Dan Lingkungan LATIN NIGHT BARBECUE @ GRANDE VALORE HOTEL – JABABEKA LEBARAN MENGINAP GRATIS DI HOTEL SANTIKA CIKARANG Lippo Cikarang Serahkan Bantuan Senilai 4 Papinka Goyang Basecamp NCRadio Pemasangan Kawat Gigi Penampilan Memukau Para Siswa Berkebutuhan Khusus President Special Needs Centre (PSNC) Pencegahan Penyakit Akibat Kerja PROMO “BERKAH RAMADHAN” Hotel Santika Cikarang PSNC Siapkan Pengembangan Anak Berkebutuhan Khusus Usia Dewasa PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) PT Cameron Services International Lulus Sertifikasi OHSAS 18001:2007 & SMK3 PT Trans Jakarta Luncurkan Bus Tingkat Pariwisata Tematik Rira GreenPark Kembangkan Cluster Perkantoran Dan Pergudangan Khusus UKM Samsung Siap Produksi Ponsel dan Tablel Sebanyak 1 Juta/Bulan Sekjen Aspelindo : Pemda Harus Siapkan SDM Lokal Hadapi MEA Soft Opening Batiqa Hotel Suzuki Tambah Investasi Tasyakuran Kelulusan Siswa SDIT An Nur Angkatan Kesembilan Wisuda Ke-10 President University