Published On: Tue, Dec 13th, 2016

CATATAN AKHIR TAHUN

banner

Tidak terasa kita sudah berada di penghujung tahun 2016 dan tidak lama lagi datang tahun baru, tahun 2017. Perjalanan hidup selama 12 bulan ini sudah dilalui, ada keberhasilan dan juga ada kegagalan. Bahkan masih banyak meninggalkan pekerjaan rumah (PR).
Evaluasi menyeluruh dari apa yang sudah direncanakan, dikerjakan, dan dirasakan hasilnya. Pasti ada yacatatan-akhir-tahunng kurang puas, cukup puas, sangat puas, hingga yang penuh penyesalan karena salah langkah. Apa pun hasilnya, itulah bagian perjalanan hidup yang harus diambil hikmah dan pelajarannya. Yang sudah berhasil jangan berpuas diri, karena siapa tahu akan mendapat tantangan atau ujian yang lebih besar di tahun depan. Sementara yang gagal, jangan berkecil hati, karena ada istilah kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda.
Bagi yang berhasil atau yang gagal, buatlah catatan akhir tahun. Catatan ini akan menjadi buku besar sebagai panduan dalam kita melangkah ke depan. Orang bijak selalu belajar dari sejarah, artinya catatan kita selama 1 tahun ini adalah buku sejarah hidup kita. Di dalam buku tersebut kita bisa mengetahui penyebab kita berhasil maupun gagal.
Dari halaman awal tercatat apa saja yang kita rencanakan. Perencanaan dibutuhkan agar tujuan yang ingin dicapai menjadi jelas tidak melenceng dari cita-cita atau impian. Meski terkadang saat rencana itu dieksekusi menghadapi problem, kendala, musibah, bahkan rencana itu terpaksa harus dihentikan.
Sebagai manusia biasa hanya bisa merencanakan, tapi Tuhanlah yang menentukan. Karena rencana Tuhanlah yang terbaik buat kita. Untuk itu bagaimana menyamakan rencana Tuhan dengan rencana kita? Di sinilah kunci keberhasilan sebuah rencana, yaitu dengan mengetahu rencana Tuhan buat kita. Hal itu diperoleh melalui sebuah dialog antara manusia dan Sang Pencipta, dimana kita berdoa mohon petunjuk apa saja yang harus kita lakukan.
Sebenarnya kita semua memiliki perjalanan hidup yang hampir sama. Semuanya dimulai dari saat kita dalam kandungan ibu kita, kemudian dilahirkan, lalu dibesarkan hingga usia dewasa. Artinya catatan-catatan kita terkadang tidak cukup sebagai panduan, kita masih perlu melihat catatan-catatan orang lain. Maka ada istilah pengalaman adalah guru yang berharga.
Pengalaman itulah bisa menjadi panduan dalam kita mulai menjalankan sebuah rencana. Jika kita melakukan ini hasilnya itu, melakukan itu hasilnya ini. Sebuah prediksi sudah didapatkan di awal sebelum pekerjaan selesai. Tetapi itu semua ukurannya tidak pasti, tergantung situasi yang nanti berjalan. Misal kita menanam padi di awal musim hujan, namun ternyata terjadi kemarau panjang, sehingga lahan kita terjadi kekeringan.
Jika bencana tersebut selalu melanda, artinya kita punya pengalaman, bagaimana saat kekeringan masih bisa menanam, sementara saat musim hujan, lahan kita tidak kebanjiran. Dari sinilah dibutuhkan manajemen air. Maka dibuatlah waduk atau bendungan yang fungsinya untuk menampung air.
Begitulah hidup kita, butuh manajemen, bagaimana mengelola berbagai persoalan, agar selalu bisa diselesaikan karena siap dengan solusinya. Tahun 2017 manajemen yang kita akan terapkan harus mengambil dari evaluasi selama tahun 2016. Jadi apakah kita semua sudah menyiapkan catatan akhir tahun…? Semoga saja sudah. (red)

banner

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

nisp
4 M Kepada Desa Sukaresmi Aditya Maulana Dari Waitress Hingga Hotel Manager Anggota Sarbumusi Berhak Terima Dana Pensiun 100 Juta Antara Gaya Hidup & Kesehatan Berburu Berkah Di Bulan Ramadhan bioskop cinemaxx BUDIYANTO Cikarang Ditinggal Mudik CSR Kabupaten Bekasi Dadali Hibur Anak Yatim Cikarang Daeng Muhammad Bangun Masjid Talagamanggung di Pebayuran Demokrasi Mini Ala Warga "Berlian" Faber Castell Memperluas Pabrik di MM2100 GABUNGAN OPERATOR TV KABEL INDONESIA DEKLARASI GERAKAN NASIONAL TAYANG FTA GRATIS Gema Ramadhan dan Idul Fitri LPPM Jababeka Glorious Ramadan at Mal Lippo Cikarang GROUND BREAKING MAYFAIR Estate & Parklands di Jababeka Residence Hipertensi : Masalah Serius Pada Generasi Muda Hotel Sahid Jaya Lippo Cikarang Santuni 100 Anak Yatim Java Palace Hotel KAMPUNG HALAMAN Kapolresta Bekasi Tinjau Kesiapan Personil Amankan Mudik 2015 Kemilau Ramadhan 2015 Jababeka Residence Kodim Kawal Kegiatan Gemar Membaca Komunitas BerbagiNasi Cikarang dan Coca-Cola Amatil Indonesia Gelar Berbagi Ceria di Bulan Ramadhan Komunitas Peduli Cikarang Peduli Yatim Piatu Dan Lingkungan LATIN NIGHT BARBECUE @ GRANDE VALORE HOTEL – JABABEKA LEBARAN MENGINAP GRATIS DI HOTEL SANTIKA CIKARANG Lippo Cikarang Serahkan Bantuan Senilai 4 Papinka Goyang Basecamp NCRadio Pemasangan Kawat Gigi Penampilan Memukau Para Siswa Berkebutuhan Khusus President Special Needs Centre (PSNC) Pencegahan Penyakit Akibat Kerja PROMO “BERKAH RAMADHAN” Hotel Santika Cikarang PSNC Siapkan Pengembangan Anak Berkebutuhan Khusus Usia Dewasa PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) PT Cameron Services International Lulus Sertifikasi OHSAS 18001:2007 & SMK3 PT Trans Jakarta Luncurkan Bus Tingkat Pariwisata Tematik Rira GreenPark Kembangkan Cluster Perkantoran Dan Pergudangan Khusus UKM Samsung Siap Produksi Ponsel dan Tablel Sebanyak 1 Juta/Bulan Sekjen Aspelindo : Pemda Harus Siapkan SDM Lokal Hadapi MEA Soft Opening Batiqa Hotel Suzuki Tambah Investasi Tasyakuran Kelulusan Siswa SDIT An Nur Angkatan Kesembilan Wisuda Ke-10 President University