Published On: Fri, Nov 4th, 2016

CIKARANG MENUJU DAERAH OTONOMI BARU

banner

Cikarang yang saat ini menjadi ibu kota Kabupaten Bekasi sudah lama diwacanakan menjadi Daerah Otonomi Baru (DOB). Bahkan melalui kajian dan riset yang dipimpin oleh Profesor Sadu Wasistiono, menyebutkan 80 persen warga setuju dengan adanya pemekaran wilayah. kris jas
Dasar hukum pemekaran juga sudah dikeluarkan melalui Perda Nomor 15 Tahun 2009, tentang Pemekaran Daerah dan juga Keputusan DPRD Kabupaten Bekasi yang dikeluarkan dalam Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Bekasi pada tanggal 15 Juli 2009. Cikarang sendiri termasuk dari 172 daerah se-Indonesia yang diajukan oleh DPD RI ke Kemendagri untuk dijadikan DOB pada awal Oktober 2016.
Cikarang terdiri dari lima kecamatan (Cikarang Selatan, Cikarang Timur, Cikarang Barat, Cikarang Pusat dan Cikarang Utara), dilihat dari aspek administratif pemerintahan, fisik pembangunan dan demografi sudah sangat layak menjadi kota otonomi. Di sisi lain sudah banyak tokoh masyarakat, seperti Plt. Bupati Rohim Mintareja, Wakil Ketua DPRD Jejen Sayuti dan H. Daris, serta tokoh buruh Obon Tabroni yang mendukung pemekaran. Meski demikian juga ada beberapa tokoh masyarakat yang menolak rencana ini.
Sudah sangat lama bergulir wacana pemekaran, dulu arahnya lebih membagi Kabupaten Bekasi menjadi 2, yaitu Kabupaten Bekasi Utara dan Kabupaten Bekasi Selatan. Dasar pemekaran ini adalah agar terjadi pemerataan pembangunan, dimana wilayah selatan yang didominasi kawasan industri lebih pesat perkembangannya dibandingkan wilayah utara yang didominasi persawahan dan tambak, meski menyimpan cadangan minyak yang luar biasa besar. Selain itu sebagai solusi bagi masyarakat wilayah utara yang selama ini kesulitan saat mengurusi surat-surat ke kantor Pemda yang terletak jauh di wilayah selatan.
Jika melihat dasar pemekaran dan dorongan yang kuat dari publik dan elit politik Kabupaten Bekasi, memang tidak ada alasan lagi Kemendagri tidak menerima usulan dari DPD RI untuk menjadikan Cikarang menjadi Daerah Otonomi Baru. Tinggal bagaimana Pemda Kabupaten Bekasi tentunya setelah terpilih Bupati definitif hasil Pilkada 2017 mempersiapkan segala sesuatunya yang terkait aparat birokrasi dan infrastrukturnya.
Jika terjadi pemekaran tentunya wilayah utara yang namanya bisa saja tetap Kabupaten Bekasi harus memiliki gedung pemerintahan sendiri, karena kantor Pemda sekarang yang terletak di wilayah selatan akan menjadi kantor Pemda Kota Cikarang. Juga dipikirkan siapa yang akan menjadi Walikota Cikarang, apakah akan ada penunjukkan langsung dari Pemerintah Pusat atau dipilih melalui pilkada, bahkan bisa juga Bupati Bekasi yang menjadi walikota. Melihat skenario ini, maka memang masih panjang wacana pemekaran dapat terealiasi, tinggal bagaimana para stake holder dapat terus mendorong agar proses pemekaran bisa lebih lancar.
Tentunya pemekaran ini diharapkan akan menguntungkan semua pihak baik bagi elit politik maupun masyarakat. Bagi elit politik, akan ada kesempatan lebih luas untuk menjadi pimpinan daerah, karena akan ada 2 pemda yaitu Kota Cikarang dan Kabupaten Bekasi. Bagi masyarakat sendiri khususnya di wilayah utara (Kabupaten Bekasi) akan merasakan pembangunan yang lebih masif lagi, dan pelayanan birokrasi akan lebih mudah.
Semoga wacana ini bisa menjadi kenyataan, seperti halnya saat Bekasi dimekarkan menjadi Kota Bekasi dan Kabupaten Bekasi. (red)

banner

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

nisp
4 M Kepada Desa Sukaresmi Aditya Maulana Dari Waitress Hingga Hotel Manager Anggota Sarbumusi Berhak Terima Dana Pensiun 100 Juta Antara Gaya Hidup & Kesehatan Berburu Berkah Di Bulan Ramadhan bioskop cinemaxx BUDIYANTO Cikarang Ditinggal Mudik CSR Kabupaten Bekasi Dadali Hibur Anak Yatim Cikarang Daeng Muhammad Bangun Masjid Talagamanggung di Pebayuran Demokrasi Mini Ala Warga "Berlian" Faber Castell Memperluas Pabrik di MM2100 GABUNGAN OPERATOR TV KABEL INDONESIA DEKLARASI GERAKAN NASIONAL TAYANG FTA GRATIS Gema Ramadhan dan Idul Fitri LPPM Jababeka Glorious Ramadan at Mal Lippo Cikarang GROUND BREAKING MAYFAIR Estate & Parklands di Jababeka Residence Hipertensi : Masalah Serius Pada Generasi Muda Hotel Sahid Jaya Lippo Cikarang Santuni 100 Anak Yatim Java Palace Hotel KAMPUNG HALAMAN Kapolresta Bekasi Tinjau Kesiapan Personil Amankan Mudik 2015 Kemilau Ramadhan 2015 Jababeka Residence Kodim Kawal Kegiatan Gemar Membaca Komunitas BerbagiNasi Cikarang dan Coca-Cola Amatil Indonesia Gelar Berbagi Ceria di Bulan Ramadhan Komunitas Peduli Cikarang Peduli Yatim Piatu Dan Lingkungan LATIN NIGHT BARBECUE @ GRANDE VALORE HOTEL – JABABEKA LEBARAN MENGINAP GRATIS DI HOTEL SANTIKA CIKARANG Lippo Cikarang Serahkan Bantuan Senilai 4 Papinka Goyang Basecamp NCRadio Pemasangan Kawat Gigi Penampilan Memukau Para Siswa Berkebutuhan Khusus President Special Needs Centre (PSNC) Pencegahan Penyakit Akibat Kerja PROMO “BERKAH RAMADHAN” Hotel Santika Cikarang PSNC Siapkan Pengembangan Anak Berkebutuhan Khusus Usia Dewasa PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) PT Cameron Services International Lulus Sertifikasi OHSAS 18001:2007 & SMK3 PT Trans Jakarta Luncurkan Bus Tingkat Pariwisata Tematik Rira GreenPark Kembangkan Cluster Perkantoran Dan Pergudangan Khusus UKM Samsung Siap Produksi Ponsel dan Tablel Sebanyak 1 Juta/Bulan Sekjen Aspelindo : Pemda Harus Siapkan SDM Lokal Hadapi MEA Soft Opening Batiqa Hotel Suzuki Tambah Investasi Tasyakuran Kelulusan Siswa SDIT An Nur Angkatan Kesembilan Wisuda Ke-10 President University