Published On: Tue, Oct 4th, 2016

Cikarang Menuju Kawasan Industri Cerdas

banner

Revolusi industri yang bergulir sejak abad ke-19 dan menemukan puncak industrialisasi pada abad ke-20 kemarin telah membawa banyak sekali hal baik maupun buruk yang mengubah wajah peradaban manusia. Kemajuan ekonomi bagi negara – negara industri adalah dampak nyata dan sektor perindustrian telah menjadi sendi perekonomian bagi banyak negara termasuk Indonesia. Efek samping revolusi industri antara lain adalah laju urbanisasi, kebebasan perempuan untuk bekerja, hingga kerusakan lingkungan.anton-dewantoro

Pada abad ke 21 ini industri diharapkan tidak hanya sebagai sarana pertumbuhan ekonomi namun juga harus bisa kembali mengembalikan harkat manusia pada tempatnya dan selaras dengan keseimbangan alam. Keberlanjutan (sustainability) adalah arah tujuan utama perkembangan industri yang mana tidak hanya bertumpu pada pertumbuhan (growth) semata. Terdapat beberapa elemen yang bisa dijadikan pendekatan kita untuk menjadikan sebuah kawasan seperti Cikarang menjadi sepenuhnya kawasan industri cerdas (smart industrial complex).

Pertama, yang perlu menjadi perhatian seluruh pemangku kepentingan di suatu kawasan industri adalah manajemen energi yang baik. Terdapat dua hal yang harus kita cermati yakni penggunaan energi terbarukan dan kestabilan pasokan daya listrik.  Tenaga surya dan tenaga angin adalah dua sumber energi terbarukan yang dinilai paling bersih. Namun demikian penggunaan kedua sumber daya ini agaknya belum signifikan terlihat di Kawasan Industri Cikarang dan sekitarnya. Adapun mengenai kestabilan catu daya, penulis meyakini bahwa masing – masing institusi telah mengupayakan adanya sumber daya alternatif seperi generator dan baterai cadangan untuk mengantisipasi pemadaman listrik. Di samping itu, perlunya audit energi secara menyeluruh untuk tiap elemen terkecil di kawasan industri sehingga penggunaan daya listrik menjadi benar – benar efisien. Pendingin udara, sebagai sistem yang biasanya paling menghabiskan sumber daya listrik, perlu diatur sedemikian rupa dengan menggunakan sensor cerdas sehingga penggunaannya bisa optimal.

Kedua, manajemen sumber daya air adalah hal yang amat penting demi keberlanjutan keseluruhan kawasan industri yang terdiri atas pabrik itu sendiri, kawasan pemukiman, dan lingkungan di sekitarnya. Indonesia memang negeri kaya air, namun ketersediaan air yang layak konsumsi sungguh terbatas. Pada umumnya terdapat sekitar 30% atau lebih air buangan industri yang bisa diolah secara reverse osmosis menjadi air yang sepenuhnya layak minum untuk menunjang kawasan industri itu sendiri maupun pemukiman di sekitarnya. Sementara itu sisanya perlu diolah lebih lanjut di dalam instalasi pengolahan air limbah sehingga tidak serta merta dibuang ke aliran sungai di sekitar kawasan industri.

Ketiga, membangun kawasan industri cerdas tidak semata – mata membangun pabrik dengan sistem otomasi cerdas namun juga sistem logistik yang efisien. Di dalam pabrik itu sendiri perlu tata kelola pengiriman antar lini produksi yang baik (efficient routing). Gudang adalah bagian berikutnya yang memerlukan sistem manajemen pergudangan di mana barang masuk dan keluar (inbound-outbound) tercatat dengan baik. Yang tidak kalah penting adalah manajemen pengiriman barang menuju pelabuhan terdekat dengan menggunakan sistem pelacakan jalur armada pengiriman.

Berikutnya adalah pengaturan keamanan kawasan industri itu sendiri di mana tidak hanya terbatas pada pengaturan masuk dan keluarnya orang dan barang secara fisik namun juga pengaturan lalu lintas data yang bebas dari serangan cyber. Perlu adanya sistem panic button yang mudah diakses oleh banyak orang yang berada dalam kawasan jika terjadi gangguan keamanan maupun bencana. Serangan fisik maupun non – fisik dapat melumpuhkan suatu kawasan industri yang secara agregat dapat mengganggu stabilitas kawasan maupun nasional mengingat fungsi strategis dari kawasan industri bagi perekonomian.

Yang terakhir namun tidak kalah penting adalah perlunya untuk membangun infrastruktur teknologi komunikasi dan informasi (ICT) guna menunjang kesemua hal yang telah disebutkan di atas. Ketersediaan konektivitas yang merata dan berkapasitas cukup di seluruh bagian kawasan industri dapat memungkinkan semua aspek efisiensi dan keamanan di atas termonitor secara paripurna melalui sebuah pusat kendali yang dipegang oleh pengelola kawasan.

Anton Dewantoro
Director of Innovation and New Technology
PT SANDTON SUKSES BERSAMA

Profil Singkat
Anton adalah seorang praktisi di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (ICT) yang telah berpengalaman lebih dari sepuluh tahun dan mengambil berbagai peran strategis di dalamnya antara lain: perencanaan jaringan, pemeliharaan dan optimalisasi jaringan, manajemen proyek, hingga pembangunan bisnis.
Menangani proyek telekomunikasi dalam berbagai skala baik di dalam maupun luar negeri. Di samping itu telah sukses menempatkan banyak profesional telekomunikasi lainnya untuk bekerja di berbagai tingkatan mulai dari tenaga ahli lapangan, manajer operasional, hingga direktur dari sebuah proyek berskala nasional.
Keahlian khusus yang digeluti oleh Anton adalah menyangkut jaringan radio selular 2G – 3G – 4G terutama dalam bidang perencanaan dan pengawasan proyek yang terkait di dalamnya. Pada saat ini, secara khusus menggeluti bidang pengembangan kota cerdas (smart city) dan Internet of Things (IoT).
Spesialisasi
GSM-UMTS-LTE, IEEE 802.11, IEEE 802.15.4, LoRaWAN, IoT, M2M, dll.
Publikasi
“4G HANDBOOK” (2014) – Nulisbuku.com
Buku kolaboratif mengenai teknologi 4G, perencanaan arsitektur jaringan, optimisasi jaringan dan berbagai masalah dalam penerapan teknologi 4G terutama di Indonesia

banner

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

nisp
4 M Kepada Desa Sukaresmi Aditya Maulana Dari Waitress Hingga Hotel Manager Anggota Sarbumusi Berhak Terima Dana Pensiun 100 Juta Antara Gaya Hidup & Kesehatan Berburu Berkah Di Bulan Ramadhan bioskop cinemaxx BUDIYANTO Cikarang Ditinggal Mudik CSR Kabupaten Bekasi Dadali Hibur Anak Yatim Cikarang Daeng Muhammad Bangun Masjid Talagamanggung di Pebayuran Demokrasi Mini Ala Warga "Berlian" Faber Castell Memperluas Pabrik di MM2100 GABUNGAN OPERATOR TV KABEL INDONESIA DEKLARASI GERAKAN NASIONAL TAYANG FTA GRATIS Gema Ramadhan dan Idul Fitri LPPM Jababeka Glorious Ramadan at Mal Lippo Cikarang GROUND BREAKING MAYFAIR Estate & Parklands di Jababeka Residence Hipertensi : Masalah Serius Pada Generasi Muda Hotel Sahid Jaya Lippo Cikarang Santuni 100 Anak Yatim Java Palace Hotel KAMPUNG HALAMAN Kapolresta Bekasi Tinjau Kesiapan Personil Amankan Mudik 2015 Kemilau Ramadhan 2015 Jababeka Residence Kodim Kawal Kegiatan Gemar Membaca Komunitas BerbagiNasi Cikarang dan Coca-Cola Amatil Indonesia Gelar Berbagi Ceria di Bulan Ramadhan Komunitas Peduli Cikarang Peduli Yatim Piatu Dan Lingkungan LATIN NIGHT BARBECUE @ GRANDE VALORE HOTEL – JABABEKA LEBARAN MENGINAP GRATIS DI HOTEL SANTIKA CIKARANG Lippo Cikarang Serahkan Bantuan Senilai 4 Papinka Goyang Basecamp NCRadio Pemasangan Kawat Gigi Penampilan Memukau Para Siswa Berkebutuhan Khusus President Special Needs Centre (PSNC) Pencegahan Penyakit Akibat Kerja PROMO “BERKAH RAMADHAN” Hotel Santika Cikarang PSNC Siapkan Pengembangan Anak Berkebutuhan Khusus Usia Dewasa PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) PT Cameron Services International Lulus Sertifikasi OHSAS 18001:2007 & SMK3 PT Trans Jakarta Luncurkan Bus Tingkat Pariwisata Tematik Rira GreenPark Kembangkan Cluster Perkantoran Dan Pergudangan Khusus UKM Samsung Siap Produksi Ponsel dan Tablel Sebanyak 1 Juta/Bulan Sekjen Aspelindo : Pemda Harus Siapkan SDM Lokal Hadapi MEA Soft Opening Batiqa Hotel Suzuki Tambah Investasi Tasyakuran Kelulusan Siswa SDIT An Nur Angkatan Kesembilan Wisuda Ke-10 President University