Published On: Tue, Oct 4th, 2016

CIKARANG SAMBUT TRANSPORTASI MASSAL

banner

Sejak kehadiran kawasan industri 27 tahun yang lalu, Cikarang terus menjelma menjadi sebuah kota baru. Beberapa pengembang besar, seperti Jababeka Group, Lippo Group dan Sinar Masland bahkan membangun kota mandiri di dalamnya.

Seiring pertumbuhan kota yang begitu pesat, jumlah penduduk juga terus meningkat dari tahun ke tahun. Selain karena daya tarik kawasan industri yang dapat menampung ratusan ribu karyawan, Cikarang juga mampu menarik para pemodal untuk membangun bisnis hingga bermukim di sini. Jadi jangan heran jika kenaikan harga properti terbilang gila-gilaan. Namun sepertinya kebutuhan fasilitas hunian baik landed house dan high rise building tidak pernah sepi peminat.kris jas

Bahkan Mochtar Riady, Chairman Lippo Group menyebut Cikarang akan menjadi Shenzhen of Indonesia atau pusat ekonomi Indonesia. Sementara, S.D. Darmono, Owner Jababeka Group yang mendirikan Kota Mandiri Jababeka, meyakini kota yang dibangunnya akan seperti Littel Singapore. Apa yang disampaikan mereka sangat beralasan, karena secara finansial perputaran bisnis yang berbasis industri nilainya super besar. Perusahaan-perusahaan raksasa dunia menanamkan investasinya di sini.

Namun demikian sebagai kota yang bergerak 24 jam ini, dimana mobilitas warganya sangat tinggi, tidak diimbangi oleh fasilitas transportasi massal. Jadi bisa dilihat di jam-jam sibuk, jalan-jalan Cikarang dipenuhi pemotor dan mobil pribadi, akibatnya angka kecelakaan di Cikarang lumayan tinggi. Melihat kondisi ini pihak-pihak terkait mulai mengkaji untuk menghadirkan transportasi massal, yang melayani rute hingga ke Jabodetabek bahkan jarak jauh.

Belum lama ini Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) berencana menjadikan Cikarang sebagai stasiun pemberhentian terakhir untuk kereta api (KA) jarak jauh yang menuju Jakarta dan sebaliknya. Bahkan Commuter line atau KRL akan masuk ke Cikarang  dengan dibangunnya stasiun KRL Telaga Murni, sambil menunggu pembangunan double-double track selesai, dan prasarana listrik aliran atas (LAA) tersambung hingga Stasiun Cikarang pada tahun 2018. BPTJ juga bekerja sama dengan Jababeka untuk pengembangan LRT Cikarang Jababeka. Jalur LRT saat ini sedang dibangun dengan rute Cawang-Bekasi, yang kemudian akan dilanjutkan sampai Cikarang tahap berikutnya.

Tidak mau kalah dengan Jababeka, Lippo Cikarang juga akan membangun infrastruktur transportasi dengan konsep automated people mover system. ‎Salah satunya dengan membangun moda transportasi berbasis rel yaitu automated guideway transit. Moda transportasi masa depan ini akan menghubungkan tujuh kawasan industri di Bekasi, antara lain Lippo Cikarang (termasuk Orange County), Cikarang Industrial Estate (Jababeka), Delta Mas, East Jakarta Industrial Park (EJIP), MM2100, Greenland International Industrial Center (GIIC) dan BIIE. Tahap berikutnya akan terhubung ke Karawang dan Bekasi.

Langkah pemerintah dan pihak swasta dalam menghadirkan transportasi massal di Cikarang patut disambut gembira oleh warga Cikarang. Seperti halnya kota-kota modern di negara maju, transportasi massal menjadi pilihan utama untuk mobilitas. Diharapkan warga Cikarang mulai membiasakan diri menggunakan transportasi umum daripada kendaraan pribadi, karena akan lebih aman, nyaman, cepat dan bisa saja lebih murah. (red)

banner

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

nisp
4 M Kepada Desa Sukaresmi Aditya Maulana Dari Waitress Hingga Hotel Manager Anggota Sarbumusi Berhak Terima Dana Pensiun 100 Juta Antara Gaya Hidup & Kesehatan Berburu Berkah Di Bulan Ramadhan bioskop cinemaxx BUDIYANTO Cikarang Ditinggal Mudik CSR Kabupaten Bekasi Dadali Hibur Anak Yatim Cikarang Daeng Muhammad Bangun Masjid Talagamanggung di Pebayuran Demokrasi Mini Ala Warga "Berlian" Faber Castell Memperluas Pabrik di MM2100 GABUNGAN OPERATOR TV KABEL INDONESIA DEKLARASI GERAKAN NASIONAL TAYANG FTA GRATIS Gema Ramadhan dan Idul Fitri LPPM Jababeka Glorious Ramadan at Mal Lippo Cikarang GROUND BREAKING MAYFAIR Estate & Parklands di Jababeka Residence Hipertensi : Masalah Serius Pada Generasi Muda Hotel Sahid Jaya Lippo Cikarang Santuni 100 Anak Yatim Java Palace Hotel KAMPUNG HALAMAN Kapolresta Bekasi Tinjau Kesiapan Personil Amankan Mudik 2015 Kemilau Ramadhan 2015 Jababeka Residence Kodim Kawal Kegiatan Gemar Membaca Komunitas BerbagiNasi Cikarang dan Coca-Cola Amatil Indonesia Gelar Berbagi Ceria di Bulan Ramadhan Komunitas Peduli Cikarang Peduli Yatim Piatu Dan Lingkungan LATIN NIGHT BARBECUE @ GRANDE VALORE HOTEL – JABABEKA LEBARAN MENGINAP GRATIS DI HOTEL SANTIKA CIKARANG Lippo Cikarang Serahkan Bantuan Senilai 4 Papinka Goyang Basecamp NCRadio Pemasangan Kawat Gigi Penampilan Memukau Para Siswa Berkebutuhan Khusus President Special Needs Centre (PSNC) Pencegahan Penyakit Akibat Kerja PROMO “BERKAH RAMADHAN” Hotel Santika Cikarang PSNC Siapkan Pengembangan Anak Berkebutuhan Khusus Usia Dewasa PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) PT Cameron Services International Lulus Sertifikasi OHSAS 18001:2007 & SMK3 PT Trans Jakarta Luncurkan Bus Tingkat Pariwisata Tematik Rira GreenPark Kembangkan Cluster Perkantoran Dan Pergudangan Khusus UKM Samsung Siap Produksi Ponsel dan Tablel Sebanyak 1 Juta/Bulan Sekjen Aspelindo : Pemda Harus Siapkan SDM Lokal Hadapi MEA Soft Opening Batiqa Hotel Suzuki Tambah Investasi Tasyakuran Kelulusan Siswa SDIT An Nur Angkatan Kesembilan Wisuda Ke-10 President University