Published On: Mon, Mar 6th, 2017

Dr Josep Ginting Perumus Jakarta Islamic Index

banner

Sekarang ini makin banyak muncul lembaga keuangan syariah, seiring dengan makin tingginya masyarakat muslim yang ingin berinvestasi di keuangan syariah. Bahkan perbankan konvensional pun juga membuka perbankan syariah. Padahal era tahun 90-an Islamic Finance sudah mulai dirumuskan, danjosep-ginting

Pria kelahiran Medan 50 tahun yang lalu ini setelah lulus Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara tahun 1984, diterima bekerja di salah satu BUMN terbesar yaitu PT Danareksa. “Dari ribuan yang ikut tes, saya termasuk 10 orang yang diterima melalui 5x tes dengan nilai tertinggi,” ungkap putra seorang dosen yang sejak dulu memang ingin berkarir di bidang finance.

Di perusahaan jasa keuangan ini, ilmu mengenai pasar modalnya terus diasah dengan disiplin yang tinggi, sehingga Dr. Josep Ginting mulai menguasai pasar keuangan.” Kita punya keahlian yang masih sedikit dikuasai orang, seperti mengenai obligasi, saham, verifikatif, sehingga saya menjadi terspesialisasi. Dan pada tahun 2000 Saya diminta oleh Dirut Danareksa utk merumuskan konsep berdirinya Jakarta Islamic Index ,” ungkap ayah dari dua putri ini.

Menurut Dr. Josep Ginting, sebenarnya bursa efek sudah ada tahun 1977 yaitu Bursa Efek Jakarta (BEJ), namun saat itu kami berpikir mayoritas masyarat Indonesia  beragama Islam, tetapi investasi yang sesuai dengan Syariah Islam belum ada. Maka sekitar tahun 1996-1997 terpikir oleh kami di Danareksa untuk mulai Danareksa Syariah, dari situlah mulai ekspan ke Islamic Finance. “Sebagai acuannya maka kami lahirkan Jakarta Islamic Index, saya sendiri bersama Pak Dirut yang mendorong untuk bekerja sama dengan BEJ. Kelihatan sulit awalnya, karena tidak banyak orang tahu, namun pelan-pelan mulai merangkak. Kami sowan ke MUI, dan ada beberapa pengurus MUI yang mendukung sehingga keluar fatwa bahwa investasi ini sesuai syariat Islam,” ungkap Dr Josep Ginting.

Kemudian sambutan dari publik begitu besar, bahkan juga dari investor luar negeri seperti dari Timur Tengah dan Malaysia. Maka muncullah yang namanya Islamic Finance, yang kemudian dimata para Islamic Institusi, Jakarta Islamic Index  dijadikan patokan hingga sekarang, dimana nilai index sudah mencapai 1000. Dari situ banyak orang memandang Dr. Josep Ginting ahli pasar modal syariah, sehingga di Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) ia terus diminta aktif hingga tahun 2010.

Mengabdi di Dunia Pendidikan

Setelah melihat usia terus bertambah, tepatnya umur 45, Josep Ginting mengundurkan diri dari Danareksa dan berkecimpung di dunia pendidikan, menjadi dosen di salah satu universitas di Jakarta dan Bandung. Sekitar tahun 2014 akhir diminta bergabung ke President University, dari  dosen kemudian menjadi Kaprodi Akutansi dan tahun 2015 hingga sekarang menjadi Vice Rektor 1.

“ Saya lahir dari lingkungan akademis, maka saya memutuskan untuk mengajar. Di sini saya juga punya tugas besar yaitu bekerja sama dengan Bappenas, dalam mengembangkan city planning. Tentunya didukung oleh para ahli dari Jababeka sebagai partner President University. President University merupakan satu-satunya perguruan tinggi swasta yang menangani project besar pemerintah dalam mengembangkan kota-kota baru,” ungkap Dr. Josep Ginting yang masih melakukan penelitian mengenai pengembangan ekonomi Islam, pasar modal, perbankan dan manajemen resiko, yang kemudian dicatatkan di jurnal internasional.

Dr. Josep Ginting  menyampaikan, President University dalam membantu pengembangan kota-kota di Indonesia, juga melalui penyiapan SDM yangberkualitas dan nantinya kembali ke daerahnya masing-masing. Di bidang studi ada yang namanya entrepreneurship, anak-anak mahasiswa dipersiapkan baik melalui keilmuan maupun praktek, sehingga nantinya akan memiliki wawasan usaha dan wawasan global. Di sini kuncinya jika daerah-daerah ingin berkembang harus ada kerjasama ABG (Academic,  Business dan Government). (kr)

banner

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

nisp
4 M Kepada Desa Sukaresmi Aditya Maulana Dari Waitress Hingga Hotel Manager Anggota Sarbumusi Berhak Terima Dana Pensiun 100 Juta Antara Gaya Hidup & Kesehatan Berburu Berkah Di Bulan Ramadhan bioskop cinemaxx BUDIYANTO Cikarang Ditinggal Mudik CSR Kabupaten Bekasi Dadali Hibur Anak Yatim Cikarang Daeng Muhammad Bangun Masjid Talagamanggung di Pebayuran Demokrasi Mini Ala Warga "Berlian" Faber Castell Memperluas Pabrik di MM2100 GABUNGAN OPERATOR TV KABEL INDONESIA DEKLARASI GERAKAN NASIONAL TAYANG FTA GRATIS Gema Ramadhan dan Idul Fitri LPPM Jababeka Glorious Ramadan at Mal Lippo Cikarang GROUND BREAKING MAYFAIR Estate & Parklands di Jababeka Residence Hipertensi : Masalah Serius Pada Generasi Muda Hotel Sahid Jaya Lippo Cikarang Santuni 100 Anak Yatim Java Palace Hotel KAMPUNG HALAMAN Kapolresta Bekasi Tinjau Kesiapan Personil Amankan Mudik 2015 Kemilau Ramadhan 2015 Jababeka Residence Kodim Kawal Kegiatan Gemar Membaca Komunitas BerbagiNasi Cikarang dan Coca-Cola Amatil Indonesia Gelar Berbagi Ceria di Bulan Ramadhan Komunitas Peduli Cikarang Peduli Yatim Piatu Dan Lingkungan LATIN NIGHT BARBECUE @ GRANDE VALORE HOTEL – JABABEKA LEBARAN MENGINAP GRATIS DI HOTEL SANTIKA CIKARANG Lippo Cikarang Serahkan Bantuan Senilai 4 Papinka Goyang Basecamp NCRadio Pemasangan Kawat Gigi Penampilan Memukau Para Siswa Berkebutuhan Khusus President Special Needs Centre (PSNC) Pencegahan Penyakit Akibat Kerja PROMO “BERKAH RAMADHAN” Hotel Santika Cikarang PSNC Siapkan Pengembangan Anak Berkebutuhan Khusus Usia Dewasa PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) PT Cameron Services International Lulus Sertifikasi OHSAS 18001:2007 & SMK3 PT Trans Jakarta Luncurkan Bus Tingkat Pariwisata Tematik Rira GreenPark Kembangkan Cluster Perkantoran Dan Pergudangan Khusus UKM Samsung Siap Produksi Ponsel dan Tablel Sebanyak 1 Juta/Bulan Sekjen Aspelindo : Pemda Harus Siapkan SDM Lokal Hadapi MEA Soft Opening Batiqa Hotel Suzuki Tambah Investasi Tasyakuran Kelulusan Siswa SDIT An Nur Angkatan Kesembilan Wisuda Ke-10 President University