Published On: Thu, Nov 23rd, 2017

Fakultas Ilmu Komputer President University Hasilkan Pencipta Aplikasi

banner

Fakultas Ilmu Komputer President University Hasilkan Pencipta Aplikasi

Di era digitalisasi saat ini dibutuhkan banyak profesional dengan keahlian digital untuk memenuhi permintaan pasar yang terus meningkat setiap tahun. Untuk menjawab kebutuhan pasar tersebut Fakultas Ilmu Komputer President University menghadirkan 2 program studi, yaitu Teknik Informatika dan Sistem Informasi. Fakultas yang dibuka tahun 2002 dan sudah terakreditasi A ini memiliki Visi “Menjadi pusat keunggulan dalam pendidikan tinggi Ilmu Komputer yang dapat disesuaikan dengan perubahan global dan ikut terlibat di dunia industri.”Fakultas Ilmu Komputer PU3

Untuk mewujudkan Visi itu, Ir. Rila Mandala, M.Eng., Ph.D. selaku Dekan Fakultas Ilmu Komputer menyampaikan, fakultas kami memiliki tenaga pengajar sebanyak 17 dosen yang bergelar  master dan doktor yang rata-rata lulusan luar negeri. “ Contohnya Rikip Ginanjar, M.Sc  yang menjabat sebagai Kaprodi Sistem Informasi dan Nur Hadisukmana, M.Sc. selaku Kaprodi Teknik Informatika adalah lulusan Oklahoma University, AS.  Juga ada yang lulusan Tokyo Institute of Technology, Manchester University, James Cook University Australia dan lain sebagainya,” ungkap Rila yang gelar master dan doktornya didapat dari Tokyo Institute of Technology.

Lebih lanjut Rila menyampaikan, yang menjadi keunggulan Fakultas Ilmu Komputer President University adalah setiap mahasiswa tidak hanya dibekali kemampuan teoritis tetapi juga praktisnya yang dibuat seimbang. Kemampuan skillnya pun tidak kalah dengan lulusan D3. Lebih spesial lagi, ditekankan pembentukan jiwa entrepreneur yang diajarkan di  delapan mata kuliah. Juga ada program magang selama 1 semester, untuk menyiapkan mahasiwa memasuki dunia kerja.

Untuk terus memenuhi kebutuhan pasar, karena di Cikarang adalah lingkungan industri maka kurikulumnya pun disesuaikan dengan kebutuhan industri. “Bahkan kurikulum kami sering melampaui, contohnya android sudah kami ajarkan tahun 2009 sebelum booming. Hasilnya banyak mahasiswa yang bisa membuat aplikasi-aplikasi,  ada lebih dari 20 aplikasi yang sudah punya Hak Cipta. Ada mahasiswa kami yang membuat aplikasi game dan memenangkan lomba dari microsoft tahun 2013 yaitu terbanyak diunduh. Juga ada yang pernah juara 1 di kompetisi yang diadakan Yahoo. Kami memang mendorong mahasiswa untuk ikut kompetisi yang diselenggarakan perusahaan-perusahaan besar,” ujar Rila.

Dalam kesempatan yang sama,  Nur Hadisukmana menyebutkan adanya peran PUMA (President University Major Association) dalam menyiapkan mahasiswa menghadapi berbagai kompetisi tingkat nasional dan internasional seperti Imagine Cup. Di PUMA ini para mahasiswa akan digodog atas bimbingan para dosen. PUMA sebagai kepanjangan tangan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan & Alumni yang dijabat Dr. Agus H. Canny, M.A., M.Sc. juga mewadahi club-club dalam mengadakan berbagai kegiatan. Dalam menggelar kegiatan tersebut, mahasiswa membuat proposal untuk pengajuan budget ke pihak Fakultas.

Sementara itu Rikip Ginanjar mengungkapkan kelebihan mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer President University, yaitu sebelum lulus sudah punya penghasilan. Ada beberapa perusahaan IT puas dengan peserta magang dari President University. Para mahasiswa saat magang diposisikan seperti tenaga profesional, dikirim ke luar negeri untuk membuat aplikasi atau software pesanan klien di berbagai negara. Nilai kontribusi yang besar ini membuat waktu magang sering diperpanjang, sehingga ada yang masih dalam pembuatan skripsi sudah direkrut sebagai karyawan.

Ada 3 orientasi setelah mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer President University lulus, yaitu mendirikan perusahaan, melanjutkan S2 ke luar negeri, dan paling banyak sebagai profesional di perusahaan ternama, contohnya di Price Waterhouse Cooper Indonesia, Free Port,  Accenture, DBS Bank dan City Bank. Juga banyak yang menjadi leader di StarUp seperti Tokopedia, Bukalapak, Zalora dan lain-lain.

Fakultas Ilmu Komputer President University dalam meningkatkan kualitas lulusannya, juga menjalin kerja sama dengan berbagai pihak, seperti Monsoon Academy salah satu penyelenggara pelatihan SAP (System Application and Product). Kerja sama dengan Microsoft melalui pengiriman 1 mahasiswa ke sana sebagai Microsoft Representation. Sementara kerja sama dengan Samsung berupa training dosen-dosen tentang tools development terbaru. Dan bekerja sama dengan berbagai perguruan tinggi di luar negeri untuk program beasiswa, pertukaran mahasiswa dan tenaga pengajar.

“Sejak tahun 2010 kami juga membuka Program S2 Teknik Informatika yang orientasinya ke riset yang ditempuh dalam 4 semester. Kalau S1-nya lebih membuat sistem dan aplikasi yang menarik, sementara S2 untuk menentukan metode-metode baru atau melakukan perbaikan metode lama yang tujuannya untuk ditulis di jurnal internasional. Ada beberapa dosen dari perguruan tinggi yang mengambil S2 di President University begitu lulus dan kembali ke institusinya menjadi pionir atau rujukan bagi rekan pengajar lainnya,” ujar Rila.

 

banner

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

nisp
4 M Kepada Desa Sukaresmi Aditya Maulana Dari Waitress Hingga Hotel Manager Anggota Sarbumusi Berhak Terima Dana Pensiun 100 Juta Antara Gaya Hidup & Kesehatan Berburu Berkah Di Bulan Ramadhan bioskop cinemaxx BUDIYANTO Cikarang Ditinggal Mudik CSR Kabupaten Bekasi Dadali Hibur Anak Yatim Cikarang Daeng Muhammad Bangun Masjid Talagamanggung di Pebayuran Demokrasi Mini Ala Warga "Berlian" Faber Castell Memperluas Pabrik di MM2100 GABUNGAN OPERATOR TV KABEL INDONESIA DEKLARASI GERAKAN NASIONAL TAYANG FTA GRATIS Gema Ramadhan dan Idul Fitri LPPM Jababeka Glorious Ramadan at Mal Lippo Cikarang GROUND BREAKING MAYFAIR Estate & Parklands di Jababeka Residence Hipertensi : Masalah Serius Pada Generasi Muda Hotel Sahid Jaya Lippo Cikarang Santuni 100 Anak Yatim Java Palace Hotel KAMPUNG HALAMAN Kapolresta Bekasi Tinjau Kesiapan Personil Amankan Mudik 2015 Kemilau Ramadhan 2015 Jababeka Residence Kodim Kawal Kegiatan Gemar Membaca Komunitas BerbagiNasi Cikarang dan Coca-Cola Amatil Indonesia Gelar Berbagi Ceria di Bulan Ramadhan Komunitas Peduli Cikarang Peduli Yatim Piatu Dan Lingkungan LATIN NIGHT BARBECUE @ GRANDE VALORE HOTEL – JABABEKA LEBARAN MENGINAP GRATIS DI HOTEL SANTIKA CIKARANG Lippo Cikarang Serahkan Bantuan Senilai 4 Papinka Goyang Basecamp NCRadio Pemasangan Kawat Gigi Penampilan Memukau Para Siswa Berkebutuhan Khusus President Special Needs Centre (PSNC) Pencegahan Penyakit Akibat Kerja PROMO “BERKAH RAMADHAN” Hotel Santika Cikarang PSNC Siapkan Pengembangan Anak Berkebutuhan Khusus Usia Dewasa PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) PT Cameron Services International Lulus Sertifikasi OHSAS 18001:2007 & SMK3 PT Trans Jakarta Luncurkan Bus Tingkat Pariwisata Tematik Rira GreenPark Kembangkan Cluster Perkantoran Dan Pergudangan Khusus UKM Samsung Siap Produksi Ponsel dan Tablel Sebanyak 1 Juta/Bulan Sekjen Aspelindo : Pemda Harus Siapkan SDM Lokal Hadapi MEA Soft Opening Batiqa Hotel Suzuki Tambah Investasi Tasyakuran Kelulusan Siswa SDIT An Nur Angkatan Kesembilan Wisuda Ke-10 President University