Published On: Mon, Dec 26th, 2016

Felicia Putri Tjiasaka, Ajak Generasi Muda Melek Pasar Modal

banner

President University patut bangga memiliki mahasiswi yang satu ini, berbagai prestasi telah diraihnya, terutama di bidang keuangan dan investasi yang tidak banyak anak muda tertarik. Felicia Putri Tjiasaka saat ini sudah menyelesaikan thesisnya sebagai mahasiswa Jurusan Banking & Finance President University, padahal baru masuk kuliah pada tahun 2013 dengan beasiswa penuh.felicia

Dalam ajang DBS Young Economist Stand Up 2015, Felicia sukses meraih runner up dan mendapat kesempatan monitoring dari Chef Economist di Singapura. Selain itu, putri pertama dari pasangan Hendrikus Tjiasaka dan Herina ini, adalah pemegang lisensi ke-1 bidang Investment Management dan linsesi ke-2 bidang Equity Brokerage. Felicia lulus lisensi di Pasar Modal bersama 5% peserta yang ikut dari seluruh Indonesia. Bahkan sejak 4 bulan yang lalu, Felicia telah menjadi junior analis di PT. Sucorinvest Securities.

“Pihak kampus sangat mendukung saya dalam menghadapi berbagai lomba, namun apa yang saya raih ini juga tergantung inisiatif kita, tidak cukup dari apa yang dipelajari di kampus. Kita harus banyak baca dan menulis, agar tidak gampang lupa,” ujar gadis kelahiran Kota Pontianak ini.

Selama kuliah di President University, suasana pertemanan yang non individual membuatnya bisa seperti sekarang. “Anak-anak di sini suka ngumpul bareng, berdiskusi, apalagi asrama dekat dengan kampus sehingga bisa beraktifitas hingga malam, jadi kehidupan sosial dan pendidikan sangat balance. Kemudian lokasi President University yang berada di kawasan industri juga memudahkan pekerjaan saya di Securitas Divisi Research, dengan banyaknya perusahaan yang ada tentunya saya sudah memiliki koneksi yang memudahkan saya untuk research,” ujar Felicia yang mengambil thesis tentang pasar modal dan perbankan.

Dalam dunia keuangan di Indonesia, Felicia berharap semakin banyak investor muda masuk di bursa efek, dimana saat ini populasinya tidak sampai 1 persen, bahkan teman-temannya yang mengambil manajemen keuangan masih mengira investasi di pasar modal itu gambling atau spekulasi, ini pemikiran yang sangat terbelakang menurutnya. Pasar saham Indonesia 60% dikuasai asing dimana 90% nya dari Amerika, sehingga dollar sering mempengaruhi nilai tukar rupiah. Idealnya investor lokal yang lebih banyak agar pasar saham lebih stabil, apalagi fundamental perekonomian Indonesia masih bagus.

“Ketika sekarang saya sudah di sekuritas, ingin sekali kembali ke kampus untuk mengajari teman-teman mahasiswa bagaimana investasi yang simpel, yang baik agar melek investasi di pasar saham,” ujar Felicia yang satu tahun kedepan tetap ingin cari pengalaman di sekuritas dan juga mengambil sertifikasi berskala internasional CFA (Chartered Financial Analyst).

Felicia berpandangan untuk memajukan perekonomian nasional, kita jangan berpikir nasionalis sempit, karena pemerintah tidak bisa sendiri dalam membangun, tetapi membutuhkan investasi dari mana saja. Disamping itu SDM dalam negeri juga masih terbatas dan kemampuan teknologi belum mencukupi. Untuk itu pembangunan SDM di Indonesia sangat penting ke depannya. Sebagai putri daerah Pontianak, setelah sukses nanti Felicia ingin kembali ke kampung halaman dan masuk ke pemerintahan. Di bidang birokrasi, yang paling dibutuhkan adalah pembangunan manusianya, orang-orang yang jujur dan transparan harus dipromosikan, sementara yang korup harus dihilangkan. Dan untuk hal ini Felicia banyak terinspirasi dari Ahok (Gubernur DKI non aktif). (kr)

banner

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

nisp
4 M Kepada Desa Sukaresmi Aditya Maulana Dari Waitress Hingga Hotel Manager Anggota Sarbumusi Berhak Terima Dana Pensiun 100 Juta Antara Gaya Hidup & Kesehatan Berburu Berkah Di Bulan Ramadhan bioskop cinemaxx BUDIYANTO Cikarang Ditinggal Mudik CSR Kabupaten Bekasi Dadali Hibur Anak Yatim Cikarang Daeng Muhammad Bangun Masjid Talagamanggung di Pebayuran Demokrasi Mini Ala Warga "Berlian" Faber Castell Memperluas Pabrik di MM2100 GABUNGAN OPERATOR TV KABEL INDONESIA DEKLARASI GERAKAN NASIONAL TAYANG FTA GRATIS Gema Ramadhan dan Idul Fitri LPPM Jababeka Glorious Ramadan at Mal Lippo Cikarang GROUND BREAKING MAYFAIR Estate & Parklands di Jababeka Residence Hipertensi : Masalah Serius Pada Generasi Muda Hotel Sahid Jaya Lippo Cikarang Santuni 100 Anak Yatim Java Palace Hotel KAMPUNG HALAMAN Kapolresta Bekasi Tinjau Kesiapan Personil Amankan Mudik 2015 Kemilau Ramadhan 2015 Jababeka Residence Kodim Kawal Kegiatan Gemar Membaca Komunitas BerbagiNasi Cikarang dan Coca-Cola Amatil Indonesia Gelar Berbagi Ceria di Bulan Ramadhan Komunitas Peduli Cikarang Peduli Yatim Piatu Dan Lingkungan LATIN NIGHT BARBECUE @ GRANDE VALORE HOTEL – JABABEKA LEBARAN MENGINAP GRATIS DI HOTEL SANTIKA CIKARANG Lippo Cikarang Serahkan Bantuan Senilai 4 Papinka Goyang Basecamp NCRadio Pemasangan Kawat Gigi Penampilan Memukau Para Siswa Berkebutuhan Khusus President Special Needs Centre (PSNC) Pencegahan Penyakit Akibat Kerja PROMO “BERKAH RAMADHAN” Hotel Santika Cikarang PSNC Siapkan Pengembangan Anak Berkebutuhan Khusus Usia Dewasa PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) PT Cameron Services International Lulus Sertifikasi OHSAS 18001:2007 & SMK3 PT Trans Jakarta Luncurkan Bus Tingkat Pariwisata Tematik Rira GreenPark Kembangkan Cluster Perkantoran Dan Pergudangan Khusus UKM Samsung Siap Produksi Ponsel dan Tablel Sebanyak 1 Juta/Bulan Sekjen Aspelindo : Pemda Harus Siapkan SDM Lokal Hadapi MEA Soft Opening Batiqa Hotel Suzuki Tambah Investasi Tasyakuran Kelulusan Siswa SDIT An Nur Angkatan Kesembilan Wisuda Ke-10 President University