Published On: Fri, Apr 1st, 2016

Gubuk Internet, Akses Kedunia Luar Warga Desa Labansari

banner

Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Presiden, Dindin Dimyati bersama Sekretaris Desa Labansari, Suparja, meresmikan Gubuk Internet sebagai penutup rangkaian kegiatan kampanye literasi media Peduli Internet Rakyat (PINTAR) beberapa waktu lalu di Desa Labansari, Cikarang Timur, Bekasi.gubuk internet

Kampanye yang diinisiasi mahasiswa Public Relations angkatan 2013 Universitas Presiden ini dilakukan guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi, sosial, dan pendidikan Desa Labansari. “Tim PINTAR menyadari bahwa edukasi saja tidak cukup, kemudahan akses internet juga sangatlah penting. Karenanya, setelah kami memberi pelatihan dan penyuluhan internet, kami membuat Gubuk Internet agar Desa Labansari yang hanya berjarak 30 menit dari kawasan industri terbesar di Asia Tenggara dapat berkembang dan tidak tertinggal,” ujar Pheseline Felim, Ketua Pelaksana Peduli Internet Rakyat (PINTAR).

Sejalan dengan hal itu, Dindin Dimyati yang ditemui dalam acara tersebut juga mengatakan dirinya sangat berharap keberadaan Gubuk Internet akan membawa perubahan positif bagi Desa Labansari. “Mudah-mudahan taraf hidup warga Desa Labansari pun akan meningkat,” tambahnya.

Dengan diresmikannya Gubuk Internet ini, masyarakat Desa Labansari dapat mengakses internet secara gratis selama satu tahun melalui lima perangkat komputer yang telah disediakan di tempat yang dulunya merupakan bangunan Kantor PKK tersebut.

Neng Atikah, Bendahara Desa Labansari yang ditunjuk sebagai Ketua Pengelola Gubuk Internet mengatakan, “Warga sekarang bisa dengan mudah belajar komputer dan internet. Sebelumnya di sini tidak ada warung internet. Apalagi ini gratis, mudah-mudahan dapat menambah wawasan semua warga.”

Kegiatan kampanye literasi media PINTAR dibuka pada 21 Februari 2016 dengan berbagai lomba dan hiburan untuk menarik antusias warga. Rangkaian kegiatan pelatihan dan penyuluhan internet mulai berjalan pada 22 Februari 2016 hingga 25 Februari 2016 dengan materi dan target masyarakat yang berbeda.

Pada tanggal 22 Februari 2016, penyuluhan dan pelatihan dasar tentang media diberikan kepada siswa SD di Desa Labansari sekaligus pengajaran bahasa Inggris dan penyuluhan serta pelatihan kepada aparat desa dan karang taruna tentang penggunaan e-mail dan data backup agar memudahkan administrasi desa.

Pada tanggal 23 Februari 2016, penyuluhan dan pelatihan tentang penggunaan internet sebagai alat untuk berjualan (e-commerce) diberikan kepada ibu rumah tangga Desa Labansari, khususnya di Dusun Rengassepuluh yang memiliki usaha kerajinan menganyam dan membuat kue.

Pada tanggal 24 Februari 2016, penyuluhan dan pelatihan e-mail dan data backup diberikan kepada guru-guru SD Desa Labansari untuk kemudahan administrasi sekolah. Pada tanggal 25 Februari 2016, penyuluhan dan pelatihan tentang penggunaan aplikasi pertanian dan agrikultur yang diberikan kepada buruh tani di Desa Labansari sehingga mereka dapat mengetahui info tentang bertani dan berdiskusi dengan petani lain yang tergabung dalam komunitas aplikasi tersebut.

Pada 26 Februari 2016, selain acara pokok peresmian gubuk internet, panitia PINTAR juga mengadakan berbagai lomba dan pembagian doorprize untuk seluruh masyarakat Desa Labansari sebagai penutup kegiatan.

Info Selengkapnya: Amanda Vivi Imawati (Public Relations PINTAR)

Mobile : +62822 9920 3179,  Email : amandaviviimawati@gmail.com

banner

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

nisp
4 M Kepada Desa Sukaresmi Aditya Maulana Dari Waitress Hingga Hotel Manager Anggota Sarbumusi Berhak Terima Dana Pensiun 100 Juta Antara Gaya Hidup & Kesehatan Berburu Berkah Di Bulan Ramadhan bioskop cinemaxx BUDIYANTO Cikarang Ditinggal Mudik CSR Kabupaten Bekasi Dadali Hibur Anak Yatim Cikarang Daeng Muhammad Bangun Masjid Talagamanggung di Pebayuran Demokrasi Mini Ala Warga "Berlian" Faber Castell Memperluas Pabrik di MM2100 GABUNGAN OPERATOR TV KABEL INDONESIA DEKLARASI GERAKAN NASIONAL TAYANG FTA GRATIS Gema Ramadhan dan Idul Fitri LPPM Jababeka Glorious Ramadan at Mal Lippo Cikarang GROUND BREAKING MAYFAIR Estate & Parklands di Jababeka Residence Hipertensi : Masalah Serius Pada Generasi Muda Hotel Sahid Jaya Lippo Cikarang Santuni 100 Anak Yatim Java Palace Hotel KAMPUNG HALAMAN Kapolresta Bekasi Tinjau Kesiapan Personil Amankan Mudik 2015 Kemilau Ramadhan 2015 Jababeka Residence Kodim Kawal Kegiatan Gemar Membaca Komunitas BerbagiNasi Cikarang dan Coca-Cola Amatil Indonesia Gelar Berbagi Ceria di Bulan Ramadhan Komunitas Peduli Cikarang Peduli Yatim Piatu Dan Lingkungan LATIN NIGHT BARBECUE @ GRANDE VALORE HOTEL – JABABEKA LEBARAN MENGINAP GRATIS DI HOTEL SANTIKA CIKARANG Lippo Cikarang Serahkan Bantuan Senilai 4 Papinka Goyang Basecamp NCRadio Pemasangan Kawat Gigi Penampilan Memukau Para Siswa Berkebutuhan Khusus President Special Needs Centre (PSNC) Pencegahan Penyakit Akibat Kerja PROMO “BERKAH RAMADHAN” Hotel Santika Cikarang PSNC Siapkan Pengembangan Anak Berkebutuhan Khusus Usia Dewasa PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) PT Cameron Services International Lulus Sertifikasi OHSAS 18001:2007 & SMK3 PT Trans Jakarta Luncurkan Bus Tingkat Pariwisata Tematik Rira GreenPark Kembangkan Cluster Perkantoran Dan Pergudangan Khusus UKM Samsung Siap Produksi Ponsel dan Tablel Sebanyak 1 Juta/Bulan Sekjen Aspelindo : Pemda Harus Siapkan SDM Lokal Hadapi MEA Soft Opening Batiqa Hotel Suzuki Tambah Investasi Tasyakuran Kelulusan Siswa SDIT An Nur Angkatan Kesembilan Wisuda Ke-10 President University