Published On: Sun, Jul 15th, 2018

HIMAPINDO MENJADI PENGUSAHA SEBELUM SARJANA

banner

HIMAPINDO MENJADI PENGUSAHA SEBELUM SARJANA

Sejumlah aktivis pengusaha muda Indonesia dari berbagai daerah dan dari berbagai kampus menginisiasi pembentukan organisasi profesi kewirausahawan. Mereka mendeklarasikan Himpunan Mahasiswa Pengusaha Muda Indonesia atau disingkat Himapindo.

Musyawarah tersebut menghasilkan kesepakatan menunjuk Budiyanto Pengusaha Muda asal Cikarang yang sekarang menjabat sebagai Sekjen Asosiasi Pengusaha Limbah Industri Indonesia (Aspelindo) sebagai Ketua Umumnya, dengan Sekjennya Eenk Heryono Ketua Asosiasi Pedagang Kaki Lima Kota Malang dari Universitas Kanjuruhan Malang.MUNAS Himapindo online

Selain Budiyanto dan Eenk Heryono para pendiri HIMAPINDO diantaranya disupport penuh oleh Abdul Aziz Mantan Komisaris Bank Mandiri sekarang Direktur Utama Detik.Com, Sabah Saparian Direktur Yamaha Motor Karawang, Eko Prasetio Supon mantan Sekjen Himpunan Mahasiswa Manajemen Indonesia, Teguh Wibowo Owner Kampus STEBI Global Mulia Cikarang, Ahmad Damiri Dosen UIN Bandung, Marjanu Priambodo Dosen ITSB Cikarang alumni UGM Jogjakarta dan difasilitasi Notaris Bekasi Agus Pratomo Budi Santoso.

“Himapindo berharap bisa berkonsentrasi melakukan pembinaan kepada para mahasiswa dalam membangun budaya organisasi  dengan Visi: Menjadi pengusaha sebelum sarjana, dan Misinya : Membangun fondasi peradaban ekonomi Indonesia yang berdaulat dan mensejahterakan. Diperkuat Motto : Mandiri, Sinergi dan Mengabdi,” ujar Budiyanto Ketua Umum Himapindo.

Masih lanjutnya, Himapindo diharapkan seperti halnya organisasi extra kampus lainnya seperti HMI, PMII, GMNI ataupun KAMMI, hanya saja fokus dan tujuannya bukan untuk gerakan pemikiran, sosial dan politik tapi lebih kepada pembentukan karakter mahasiswa dalam hal kewirausahaan. HIMAPINDO telah menjadi lembaga resmi berbadan hukum sesuai Akta Notaris No 57, tertanggal 09 Mei 2018 dan tercatat di Departemen Hukum dan HAM RI Nomor : AHU-0007265.AH.01.07 TAHUN 2018 tertanggal 24 Mei 2018.

Target utama dari HIMAPINDO adalah mencetak Mahasiswa agar Menjadi Pengusaha sebelum menjadi Sarjana. Kami yakin ini langkah mudah untuk melakukan percepatan kemajuan generasi intelektual yang mandiri dan sejahtera secara ekonomi, pungkas mantan Pemuda Pelopor Kabupaten Bekasi i sekaligus Juara Kemah Riset Kelautan BPPT IPB ini. (adv)

*DEKLARASI HIMAPINDO SE-MALANG RAYA JAWA TIMUR*

Mahasiswa se-Malang Raya mendeklarasikan Himpunan Mahasiswa Pengusaha Muda Indonesia (HIMAPINDO) pada tanggal 5 Juli 2018 lalu. Acara deklarasi itu dihadiri oleh perwakilan mahasiswa dari 16 perguruan tinggi se-Malang Raya. Mulai dari Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang, Universitas Islam Negeri Maliki, Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Islam Malang, Universitas Kanjuruhan Malang, Universitas Merdeka Malang, Universitas Tri Tungga Dewi Malang, Universitas Gajayana, IKIP Budi Utomo Universitas Ma Chung, Universitas Widya Karya, Universitas Widiyagama, Universitas Raden Saleh, Institut Teknologi Nasional ITN dan STIE Asia.

Hadirnya HIMAPINDO di Malang Raya disambut antusias oleh seluruh mahasiswa untuk menjadi pengusaha sebelum sarjana. Budiyanto, S.Pi selaku Ketua Umum dalam sambutannya mengatakan bahwa, menjadi pengusaha bukan hal yang sulit, karena menjadi sarjana jauh lebih sulit. Salah satu caranya sering-seringlah berkumpul dengan pengusaha agar mindsetnya juga tertanam jiwa wirausaha. Dalam hal ini HIMAPINDO berkomitmen dan berkonsentrasi dalam membentuk karakter mahasiswa dalam hal kewirausahaan.

Terdapat tujuh komponen yang akan dikombinasikan oleh HIMAPINDO sebagai mitra jaringan kerja sama diantaranya adalah Mahasiswa, Kampus, Pengusaha, Notaris, Perbankan, Pemerintah Pusat/Daerah, Konsultan Pajak/Keuangan. Tidak ada pilihan terbaik bagi mahasiswa saat ini kecuali mempersiapkan diri menjadi pengusaha.

Sedangkan Sekertaris Jenderal HIMAPINDO Eenk Heryono, S.E mengatakan bahwa, anak muda di era milenial mempunyai tanggung jawab sejarah untuk membuat bangsa dan negaranya mandiri dan berdaulat dalam bidang ekonom.  Karena, pada saat ini kita diprediksi menjadi golden era/generasi emas maka kita harus mampu menjadi bonus demografi yang produktik bukan malah menjadi ancaman demografi karena menjadi sumber daya pasif.

Diperkuat dengan harapan Wakil Ketua 1 yang membawahi Wilayah Jateng, Jogja dan Jatim, Eko Prasetio Supon menyebutkan bahwa, pengembangan HIMAPINDO di wilayah Jatim dan sekitarnya mutlak dilakukan. Karena, hal ini akan menjadi energi tambahan bagi Mahasiswa Indonesia untuk pengayaan wawasan dan penambahan ilmu teknis praktis kewirausahaan yang dapat menjadikan mahasiswa berdayaguna sejak di Kampus dan bermanfaat bagi masyarakat luas ketika sudah menjadi sarjana.

Tentu setiap zaman ada tantangannya masing-masing. Dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia anak muda selalu memegang peranan penting untuk mencatatkan dirinya dalam tinta emas sejarah bangsa dan negara. Tahun 1928 anak muda berkumpul untuk mempersatukan bangsanya yang dikenal dengan Sumpah Pemuda. Tahun 1945 anak muda memaksa golongan tua untuk segera Memerdekakan Bangsa dan Negaranya dari Penjajahan. Tahun 1998 anak muda kembali lagi bersatu untuk menyambut era baru yaitu Era Reformasi, dan setelah 20 tahun reformasi bangsa dan negara kita diuji lagi oleh keadaan golden era.

Pertanyaannya mampukah anak muda di era milenial ini bisa mencatatkan dirinya dalam tinta emas sejarah bangsa seperti halnya yang telah dilakukan anak muda-anak muda di era sebelumnya. Oleh karena itu, HIMAPINDO hadir menghimpun anak muda/mahasiswa untuk mencetak pengusaha muda-pengusaha muda di negeri ini dengan harapan bangsa dan negara ini mandiri dan berdaulat di bidang ekonomi pada masa yang akan datang.  Berapapun besar tantangan yang kita hadapi, anak muda tidak boleh surut semangatnya untuk tetap berkarya dalam segala kemampuan dan potensi dirinya. (pr/adv)

 

banner

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

nisp
4 M Kepada Desa Sukaresmi Aditya Maulana Dari Waitress Hingga Hotel Manager Anggota Sarbumusi Berhak Terima Dana Pensiun 100 Juta Antara Gaya Hidup & Kesehatan Berburu Berkah Di Bulan Ramadhan bioskop cinemaxx BUDIYANTO Cikarang Ditinggal Mudik CSR Kabupaten Bekasi Dadali Hibur Anak Yatim Cikarang Daeng Muhammad Bangun Masjid Talagamanggung di Pebayuran Demokrasi Mini Ala Warga "Berlian" Faber Castell Memperluas Pabrik di MM2100 GABUNGAN OPERATOR TV KABEL INDONESIA DEKLARASI GERAKAN NASIONAL TAYANG FTA GRATIS Gema Ramadhan dan Idul Fitri LPPM Jababeka Glorious Ramadan at Mal Lippo Cikarang GROUND BREAKING MAYFAIR Estate & Parklands di Jababeka Residence Hipertensi : Masalah Serius Pada Generasi Muda Hotel Sahid Jaya Lippo Cikarang Santuni 100 Anak Yatim Java Palace Hotel KAMPUNG HALAMAN Kapolresta Bekasi Tinjau Kesiapan Personil Amankan Mudik 2015 Kemilau Ramadhan 2015 Jababeka Residence Kodim Kawal Kegiatan Gemar Membaca Komunitas BerbagiNasi Cikarang dan Coca-Cola Amatil Indonesia Gelar Berbagi Ceria di Bulan Ramadhan Komunitas Peduli Cikarang Peduli Yatim Piatu Dan Lingkungan LATIN NIGHT BARBECUE @ GRANDE VALORE HOTEL – JABABEKA LEBARAN MENGINAP GRATIS DI HOTEL SANTIKA CIKARANG Lippo Cikarang Serahkan Bantuan Senilai 4 Papinka Goyang Basecamp NCRadio Pemasangan Kawat Gigi Penampilan Memukau Para Siswa Berkebutuhan Khusus President Special Needs Centre (PSNC) Pencegahan Penyakit Akibat Kerja PROMO “BERKAH RAMADHAN” Hotel Santika Cikarang PSNC Siapkan Pengembangan Anak Berkebutuhan Khusus Usia Dewasa PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) PT Cameron Services International Lulus Sertifikasi OHSAS 18001:2007 & SMK3 PT Trans Jakarta Luncurkan Bus Tingkat Pariwisata Tematik Rira GreenPark Kembangkan Cluster Perkantoran Dan Pergudangan Khusus UKM Samsung Siap Produksi Ponsel dan Tablel Sebanyak 1 Juta/Bulan Sekjen Aspelindo : Pemda Harus Siapkan SDM Lokal Hadapi MEA Soft Opening Batiqa Hotel Suzuki Tambah Investasi Tasyakuran Kelulusan Siswa SDIT An Nur Angkatan Kesembilan Wisuda Ke-10 President University