Published On: Tue, Oct 4th, 2016

JABABEKA MENUJU SMART CITY

banner

Prof. Dr. Ir. Suhono H. Supangkat selaku inisiator Smart City Indonesia dalam acara Jababeka ICT Expo menyebutkan, definisi smart city adalah kota yang bisa mengelola sumber dayanya, termasuk sumber daya alam , sumber daya waktu dan manusia, sehingga warganya bisa hidup aman, nyaman dan berkelanjutan. Teknologi  informasi dan komunikasi sangat diperlukan sebagai enabler  untuk membantu pengelolaan tersebut.jababeka-smart-city

Jababeka ICT Expo yang berlangsung pada tanggal 28 September 2016 di Hotel Holiday Inn Jababeka ini merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh PT. Jababeka Infrastruktur bekerja sama dengan ICTel. Dengan mengusung tema “Digital Innovation, Smarter Solution for Smart City Development in Jababeka”, ada tiga rangkaian acara yang terdiri dari Executive Seminar, Presentation Session dan Exhibition. Acara seminar mendatangkan 5 pembicara, yaitu Prof. Dr. Ir. Suhono H. Supangkat, Garuda Sugardo dan Adi Kusma selaku anggota Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional, Hyanto Wihadhi selaku Direksi Jababeka, serta Eng Lai Chew selaku Country Director Hewlett Packard Enterprise Indonesia.

Saat membuka seminar, Tjahjadi Rahardja selaku Dirut PT. Jababeka Infrastruktur menyampaikan, Jababeka telah bermetamorfose  dari kawasan industri menjadi kota mandiri dengan didukung fasilitas dan infrastruktur untuk memberikan kenyamanan kepada warganya. Sejak tahun 2014 langkah Jababeka  menuju Smart City, dengan mengadakan sosialiasi dan diskusi melalui tenant gathering. Tahun 2015 Jababeka sudah mencanangkan sebagai kota cerdas dan targetnya tahun 2020 bisa tercapai. Sekarang ini melalui Jababeka ICT Expo diharapkan masyarakat mendukung Jababeka menuju Smart City.

Tjahjadi Rahardja mengungkapkan, langkah nyata yang lain, Jababeka telah memasang fiber optik sejauh 150 km di seluruh kawasan Jababeka di Cikarang termasuk sistemnya yang bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan teknologi telekomunikasi. Juga telah dipasang CCTV di 100 titik sebagai komitmen Jababeka menjaga keamanan, memantau lalu lintas maupun antisipasi bencana alam (early warning system).

Hal sama juga disampaikan Hyanto Wihadhi yang menyebutkan, Jababeka ICT Expo sebagai upaya untuk mematangkan konsep Smart City di Jababeka. Untuk itu para stakeholder bisa berkolaborasi dalam mewujudkan Jababeka Smart City. Peran Jababeka dalam revolusi industri ke 4 dengan mengintegrasikan antara fisik dengan cyber salah satunya melalui Cikarang Dry Port (CDP). “Keberadaan CDP untuk memperpendek alur supply change agar logistik lebih cepat, aman dan murah. Selain itu Jababeka juga mendirikan ICTel perusahaan IT untuk membantu memudahkan operasional perusahaan di kawasan industri ,” ujar Hyanto yang mengungkapkan bahwa Jababeka sudah terlibat dalam Indonesia Smart City Forum (ISCF).

Dalam kesempatan yang sama, Garuda Sudargo mengapresiasi langkah Jababeka sebagai langkah maju menuju Smart City, apalagi di sini sudah ada President University sebagai motor penggerak . Bahkan Jababeka dapat membuat E-Money yang bisa digunakan untuk pembayaran di pintu tol, parkir, belanja, rumah sakit dan lain sebagainya. Smart City itu ada 6 konsep yaitu cerdas ekonomi, cerdas mobilitas, cerdas lingkungan, cerdas pemerintahan, cerdas kehidupan dan cerdas manusia.

Sementara Prof. Suhono menyebutkan di Indonesia ada dua Smart City, yaitu yang dilakukan oleh pemerintah kota, seperti Jakarta, Surabaya dan Bandung,  dan juga oleh pengelola kota mandiri, seperti Jababeka. “Kedepan 60% orang tinggal di perkotaan, sehingga akan memunculkan banyak permasalahan, maka dibutuhkan solusi, dan smart city bagian dari solusi. Solusi cerdas itu dimulai dari Sensing lalu understanding, setelah itu harus  ada acting. Saya yakin Jababeka dapat mewujudkan Smart City melihat langkah-langkah yang sudah dilakukannya,” ujar Prof Suhono.

Adi Kusmo yang saat ini menjabat Dirut Biznet melihat Cikarang 3-5 tahun ke depan akan memiliki public transport yang lebih baik dengan adanya LRT, sehingga akan mendorong Jababeka ke Smart City lebih cepat. “Biznet sudah bekerja sama dengan Jababeka dalam pemenuhan jaringan Fiber Optik di Cikarang dan Kendal, terutama di kawasan industrinya. Ini bagian dari dukungan Biznet untuk Jababeka menuju Smart City,” ungkap Adi Kusmo. (adv/kr)

banner

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

nisp
4 M Kepada Desa Sukaresmi Aditya Maulana Dari Waitress Hingga Hotel Manager Anggota Sarbumusi Berhak Terima Dana Pensiun 100 Juta Antara Gaya Hidup & Kesehatan Berburu Berkah Di Bulan Ramadhan bioskop cinemaxx BUDIYANTO Cikarang Ditinggal Mudik CSR Kabupaten Bekasi Dadali Hibur Anak Yatim Cikarang Daeng Muhammad Bangun Masjid Talagamanggung di Pebayuran Demokrasi Mini Ala Warga "Berlian" Faber Castell Memperluas Pabrik di MM2100 GABUNGAN OPERATOR TV KABEL INDONESIA DEKLARASI GERAKAN NASIONAL TAYANG FTA GRATIS Gema Ramadhan dan Idul Fitri LPPM Jababeka Glorious Ramadan at Mal Lippo Cikarang GROUND BREAKING MAYFAIR Estate & Parklands di Jababeka Residence Hipertensi : Masalah Serius Pada Generasi Muda Hotel Sahid Jaya Lippo Cikarang Santuni 100 Anak Yatim Java Palace Hotel KAMPUNG HALAMAN Kapolresta Bekasi Tinjau Kesiapan Personil Amankan Mudik 2015 Kemilau Ramadhan 2015 Jababeka Residence Kodim Kawal Kegiatan Gemar Membaca Komunitas BerbagiNasi Cikarang dan Coca-Cola Amatil Indonesia Gelar Berbagi Ceria di Bulan Ramadhan Komunitas Peduli Cikarang Peduli Yatim Piatu Dan Lingkungan LATIN NIGHT BARBECUE @ GRANDE VALORE HOTEL – JABABEKA LEBARAN MENGINAP GRATIS DI HOTEL SANTIKA CIKARANG Lippo Cikarang Serahkan Bantuan Senilai 4 Papinka Goyang Basecamp NCRadio Pemasangan Kawat Gigi Penampilan Memukau Para Siswa Berkebutuhan Khusus President Special Needs Centre (PSNC) Pencegahan Penyakit Akibat Kerja PROMO “BERKAH RAMADHAN” Hotel Santika Cikarang PSNC Siapkan Pengembangan Anak Berkebutuhan Khusus Usia Dewasa PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) PT Cameron Services International Lulus Sertifikasi OHSAS 18001:2007 & SMK3 PT Trans Jakarta Luncurkan Bus Tingkat Pariwisata Tematik Rira GreenPark Kembangkan Cluster Perkantoran Dan Pergudangan Khusus UKM Samsung Siap Produksi Ponsel dan Tablel Sebanyak 1 Juta/Bulan Sekjen Aspelindo : Pemda Harus Siapkan SDM Lokal Hadapi MEA Soft Opening Batiqa Hotel Suzuki Tambah Investasi Tasyakuran Kelulusan Siswa SDIT An Nur Angkatan Kesembilan Wisuda Ke-10 President University