Published On: Tue, Dec 13th, 2016

#KamiPeduliLansia, Sebuah Aksi Sosial dari Komunitas Peduli Cikarang

banner

Cikarang – Komunitas Peduli Cikarang (KPC) membuat sebuah kegiatan sosial baru bernama #KamiPeduliLansia. Seperti namanya, KPC bertekad untuk membantu para lanjut usia (lansia) terlantar agar kesejahteraan sosial mereka meningkat. Berbeda dengan kegiatan KPC sebelum-sebelumnya, KPC tidak hanya menargetkan lansia terlantar di daerah Cikarang, Kabupaten Bekasi, tetapi di seluruh Indonesia melalui hubungan kerjasama dengan komunitas-komunitas sosial serupa di Indonesia.kami-peduli-lansi
“Awalnya beberapa anggota kami melihat beberapa lansia di Jababeka dan Deltamas yang masih bekerja. Ada yang berdagang makanan, menjadi pemulung, peniup seruling, dan penambal ban. Ada yang hidup sendiri, ada yang tinggal bersama anaknya yang kurang memperhatikan orang tuanya. Kami prihatin dan sedih melihat mereka yang setiap hari masih harus berkeliling mencari nafkah atau menunggu sedekah dari orang yang peduli kepada mereka,” kata Dewi Puspita Sari, Ketua KPC. Terinspirasi dari kondisi tersebut, KPC berusaha untuk meningkatkan rasa kepedulian masyarakat terhadap kesejahteraan sosial lansia terlantar. Dewi juga menjelaskan bahwa lansia-lansia terlantar tersebut belum mendapatkan bantuan dari pemerintah setempat. Oleh sebab itu, KPC mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk sama-sama mengusahakan kesejahteraan sosial lansia terlantar.
Menurut Undang-Undang Republik Indonesia No. 13 Tahun 1998 pasal 8, pemerintah, masyarakat, dan keluarga bertanggung jawab atas terwujudnya upaya peningkatan kesejahteraan sosial lansia. Dalam UU yang sama pada pasal 6 ayat 2, lansia mempunyai pengetahuan dan pengalaman hidup yang berharga sehingga potensinya perlu diamalkan kepada generasi penerus. Bagaimana para lansia tersebut dapat mengamalkan kemampuan dan pengetahuannya jika mereka masih harus bekerja sekuat tenaga untuk memenuhi kebutuhan hidupnya?
KPC mengajak sahabat-sahabat di Indonesia untuk berpartisipasi dalam kegiatan sosial #KamiPeduliLansia ini. Ada 3 cara mudah untuk menunjukkan kepedulian kita terhadap lansia terlantar:
(1) Unggah foto diri dengan memegang tulisan #KamiPeduliLansia di akun Instagram atau Twitter kita, tulis deskripsi kreatif yang menunjukkan kepedulian kita terhadap lansia terlantar di Indonesia beserta hashtag #KamiPeduliLansia, dan mention atau tag foto tersebut ke akun Instagram @komunitas_peduli_cikarang atau Twitter @KPeduliCikarang. Dengan cara ini, kita telah membantu KPC untuk menyebarluaskan kegiatan sosial #KamiPeduliLansia
(2) Jika kita melihat lansia terlantar di sekitar kita, jangan sungkan untuk rekam video atau foto lansia tersebut. Unggah video atau foto tersebut ke akun Instagram atau Twitter kita dengan menuliskan deskripsi singkat tentang lansia terlantar tersebut dan lokasi pengambilan video atau foto. Jangan lupa juga sertakan hashtags #KamiPeduliLansia dan #KomunitasPeduliCikarang, serta mention atau tag ke akun Instagram atau Twitter. KPC akan segera bertindak untuk membantu lansia terlantar tersebut melalui koordinasi komunitas sosial di daerah tersebut.
(3) Kita jugadapat memberikan bantuan dana melalui https://kitabisa.com/kamipedulilansia atau silahkan langsung menghubungi anggota Komunitas Peduli Cikarang melalui informasi kontak di bawah ini, Selanjutnya kami akan sumbangkan pada lansia-lansia terlantar yang sudah kami targetkan.
KPC ingin menjadi pelopor aksi nyata kepedulian terhadap lansia terlantar di Indonesia dan tentunya membutuhkan dukungan dari semua pihak. “Kami sangat menghargai setiap bentuk kepedulian sahabat-sahabat terhadap lansia terlantar. InshaAllahkami akan memberikan bantuan dana kepada 2 lansia terlantar di daerah Cikarang, Kabupaten Bekasi tanggal 10 Desember 2016” tambah Dewi.

[Penulis: Pheseline Felim, Mahasiswi Ilmu Komunikasi 2013 – President University|9 Desember 2016]

Informasi kontak:
Email : komunitaspedulicikarang@gmail.com
Facebook : Komunitas Peduli Cikarang
Twitter : @KPeduliCikarang
Instagram : @komunitas_peduli_cikarang
YouTube : Komunitas Peduli Cikarang
Blog : https://komunitaspedulicikarang.blogspot.co.id/

banner

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

nisp
4 M Kepada Desa Sukaresmi Aditya Maulana Dari Waitress Hingga Hotel Manager Anggota Sarbumusi Berhak Terima Dana Pensiun 100 Juta Antara Gaya Hidup & Kesehatan Berburu Berkah Di Bulan Ramadhan bioskop cinemaxx BUDIYANTO Cikarang Ditinggal Mudik CSR Kabupaten Bekasi Dadali Hibur Anak Yatim Cikarang Daeng Muhammad Bangun Masjid Talagamanggung di Pebayuran Demokrasi Mini Ala Warga "Berlian" Faber Castell Memperluas Pabrik di MM2100 GABUNGAN OPERATOR TV KABEL INDONESIA DEKLARASI GERAKAN NASIONAL TAYANG FTA GRATIS Gema Ramadhan dan Idul Fitri LPPM Jababeka Glorious Ramadan at Mal Lippo Cikarang GROUND BREAKING MAYFAIR Estate & Parklands di Jababeka Residence Hipertensi : Masalah Serius Pada Generasi Muda Hotel Sahid Jaya Lippo Cikarang Santuni 100 Anak Yatim Java Palace Hotel KAMPUNG HALAMAN Kapolresta Bekasi Tinjau Kesiapan Personil Amankan Mudik 2015 Kemilau Ramadhan 2015 Jababeka Residence Kodim Kawal Kegiatan Gemar Membaca Komunitas BerbagiNasi Cikarang dan Coca-Cola Amatil Indonesia Gelar Berbagi Ceria di Bulan Ramadhan Komunitas Peduli Cikarang Peduli Yatim Piatu Dan Lingkungan LATIN NIGHT BARBECUE @ GRANDE VALORE HOTEL – JABABEKA LEBARAN MENGINAP GRATIS DI HOTEL SANTIKA CIKARANG Lippo Cikarang Serahkan Bantuan Senilai 4 Papinka Goyang Basecamp NCRadio Pemasangan Kawat Gigi Penampilan Memukau Para Siswa Berkebutuhan Khusus President Special Needs Centre (PSNC) Pencegahan Penyakit Akibat Kerja PROMO “BERKAH RAMADHAN” Hotel Santika Cikarang PSNC Siapkan Pengembangan Anak Berkebutuhan Khusus Usia Dewasa PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) PT Cameron Services International Lulus Sertifikasi OHSAS 18001:2007 & SMK3 PT Trans Jakarta Luncurkan Bus Tingkat Pariwisata Tematik Rira GreenPark Kembangkan Cluster Perkantoran Dan Pergudangan Khusus UKM Samsung Siap Produksi Ponsel dan Tablel Sebanyak 1 Juta/Bulan Sekjen Aspelindo : Pemda Harus Siapkan SDM Lokal Hadapi MEA Soft Opening Batiqa Hotel Suzuki Tambah Investasi Tasyakuran Kelulusan Siswa SDIT An Nur Angkatan Kesembilan Wisuda Ke-10 President University