Published On: Wed, Aug 9th, 2017

L’Oréal Manufacturing Indonesia Berbagi Keindahan Dengan Sesama

banner

Sebagai perusahaan yang memiliki sejarah yang kuat dalam pembangunan berkelanjutan, maka pembangunan berkelanjutan merupakan bagian integral dan strategis dari kegiatan operasional pabrik L’Oréal Manufacturing Indonesia. Pada tahun 2013, L’Oréal grup semakin memperkuat komitmen atas tanggung jawab sosial dan lingkungan melalui ‘Sharing Beauty with All’ atau Berbagi Keindahan dengan Sesama yakni komitmen berkelanjutan yang diluncurkan L’Oréal grup untuk mewujudkan visinya yakni menjadikan kecantikan sebagai sarana untuk menyebarkan kebaikan dan manfaat bagi kehidupan dan lingkungan. Guillaume Delaplace

Plant Director Pabrik L’Oréal Manufacturing Indonesia Guillaume Delaplace menyampaikan, seiring dengan komitmen yang diluncurkan oleh grup, maka pabrik kami semakin memperkuatnya sebagai bagian dari transformasi program CSR kami. Dalam hal ini terdapat empat pilar yang menjadi komitmen perusahaan. Pilar pertama adalah Inovasi Berkelanjutan (Innovating Sustainably). L’Oréal akan berinovasi sehingga 100% produk yang dihasilkan dan dikembangkan memiliki manfaat lingkungan dan sosial. Pilar yang kedua adalah Produksi Berkelanjutan (Producing Sustainably). Lewat pilar ini, L’Oréal mencanangkan untuk mengurangi dampak lingkungan hingga 60% dari target tahun 2005, yaitu mengurangi emisi karbon dioksida, mengurangi konsumsi air, mengurangi limbah dari hasil produksi hingga 60%, dan bebas atau nol % pembuangan limbah ke dalam tanah.

Sedangkan pilar ketiga adalah Kehidupan Berkelanjutan (Living Sustainably) yang mendorong konsumen L’Oréal untuk memilih produk yang memiliki nilai berkelanjutan seraya mengambil manfaat terbaik dari produk tersebut. Untuk pilar yang keempat adalah Pengembangan Berkelanjutan (Developing Sustainably), yang ditandai dengan memberi manfaat berkelanjutan yang lebih baik bagi karyawan, pemasok, dan komunitas serta lingkungan.

Lebih lanjut Guillaume menyampaikan, pembangunan berkelanjutan merupakan bagian integral dari setiap rantai usaha perusahaan kami, sebagai contohnya target 2020 dari program Sharing Beauty with All L’Oréal mencanangkan untuk mengurangi dampak lingkungan hingga 60% berdasarkan baseline pada tahun 2005, yaitu mengurangi emisi karbon dioksida, mengurangi konsumsi air, mengurangi limbah dari hasil produksi hingga 60%, dan bebas atau nol % pembuangan limbah ke dalam tanah.

“Beberapa terobosan dalam bidang lingkungan yang kami lakukan diantaranya adalah: Meraih sertifikat Silver sertifikasi LEED (Leadership in Energy & Environmental Design) yang diberikan badan independen (US Green Building Council) yang menilai kinerja pabrik dalam penerapan konsep hijau pada bangunan dan dalam kegiatan operasional kami; listrik hijau yang terkoneksi dengan Mini-Hydro; terobosan dalam pengurangan limbah pabrik dalam project ‘sludge drying’ serta pengoperasian mesin komposter untuk mencapai 0% limbah yang dibuang ke tanah (zero waste to landfill),” ungkap Guillaume yang memastikan seluruh pemasok L’Oréal harus lolos uji sosial audit serta senantiasa meningkatkan kinerja lingkungan dan sosialnya, dan menerapkan program solidarity sourcing.

Sementara terkait dengan pembangunan berkelanjutan terhadap masyarakat beberapa program yang dijalankan bertujuan untuk meningkatkan kemandirian melalui mentoring dan edukasi, diantaranya adalah Beauty for A Better Life, Mobile Clinic dan L’Oréal Computer Class serta program Citizen Day bersama karyawan melaksanakan kegiatan sosial kemasyarakatan memperingati hari jadi L’Oréal grup.

– Salon Beauty for A Better Life; yakni pelatihan tata rambut professional bebas biaya yang ditujukan untuk wanita yang kurang beruntung dari segi ekonomi  dan sosial (orang tua tunggal, menjadi tulang punggung keluarga, ataupun korban kekerasan).  Diharapkan melalui program tersebut para siswa dapat menggunakan kemampuannya untuk berwirausaha ataupun mempermudah akses mereka kedalam lapangan usaha dibidang kecantikan.

– L’Oréal Computer Class; yakni pendidikan computer bebas biaya selama enam bulan yang dilaksanakan di SMK Al-Amin. Pendidikan yang diberikan tidak hanya pelatihan computer namun juga desain grafis-digital,  public relations – humas,dan kewirausahaan. Hasil yang diharapkan dari L’Oréal Computer Class adalah generasi muda yang mampu berwira usaha dan tanggap teknologi.

– Mobile Clinic; yakni pemberian sarana dan prasarana kesehatan yang bekerja sama dengan posyandu-posyandu di wilayah Cikarang, bagi ibu dan batita.

Sejalan dengan visi dan transformasi yang tengah dijalankan perusahaan yakni memberikan kecantikan kepada lingkungan dan sosial. Tentunya diharapkan program yang tengah dijalankan memberikan dampak nyata bagi kemandirian masyarakat dan lingkungan yang berkelanjutan.

Untuk itulah program CSR ini mendapatkan dukungan dan melibatkan segenap manajemen dan karyawan.  Juga dalam pelaksanaannya direncanakan dengan matang dan terukur sejalan dengan program Sharing Beauty with All. Dalam pelaksanaan di lapangan beberapa program CSR bersama masyarakat dilakukan melalui sinergi dengan berbagai pemangku kepentingan diantaranya, mitra kerja, pemerintah baik pusat maupun daerah, lembaga swadaya masyarakat, akademisi, beberapa diantaranya adalah PT Jababeka Infrastruktur, Yayasan Al-Amin, TSB dan President University.

Guillaume menyambut baik jika di dalam kawasan industri Jababeka dibentuk Forum CSR Tenant Jababeka. Selama program tersebut memiliki visi dan misi yang dapat dipertanggung jawabkan tentunya forum tersebut akan mendapatkan dukungan dari seluruh pihak. Hal ini perlu diskusi dan perencaaan yang matang.   Menurutnya, untuk mencapai hasil yang maksimal tentunya kegiatan CSR akan lebih tepat sasaran apabila dilaksanakan secara bersinergi dengan berbagai pihak yang memiliki komitmen dan misi yang sama.

Untuk kedepannya, L’Oréal Manufacturing Indonesia, dalam penguatan program Sharing Beauty with All dilakukan melalui berbagai upaya yang mendukung pelestarian lingkungan dan pembangunan masyarakat, sehingga diharapkan program ini dapat mengispirasikan perusahaan lainnya. Tidak salah jika pada tahun 2016 lalu PT. Jababeka Infrastruktur menganugerahkan Best of The Best Jababeka Tenant Award 2016. (adv)

banner

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

nisp
4 M Kepada Desa Sukaresmi Aditya Maulana Dari Waitress Hingga Hotel Manager Anggota Sarbumusi Berhak Terima Dana Pensiun 100 Juta Antara Gaya Hidup & Kesehatan Berburu Berkah Di Bulan Ramadhan bioskop cinemaxx BUDIYANTO Cikarang Ditinggal Mudik CSR Kabupaten Bekasi Dadali Hibur Anak Yatim Cikarang Daeng Muhammad Bangun Masjid Talagamanggung di Pebayuran Demokrasi Mini Ala Warga "Berlian" Faber Castell Memperluas Pabrik di MM2100 GABUNGAN OPERATOR TV KABEL INDONESIA DEKLARASI GERAKAN NASIONAL TAYANG FTA GRATIS Gema Ramadhan dan Idul Fitri LPPM Jababeka Glorious Ramadan at Mal Lippo Cikarang GROUND BREAKING MAYFAIR Estate & Parklands di Jababeka Residence Hipertensi : Masalah Serius Pada Generasi Muda Hotel Sahid Jaya Lippo Cikarang Santuni 100 Anak Yatim Java Palace Hotel KAMPUNG HALAMAN Kapolresta Bekasi Tinjau Kesiapan Personil Amankan Mudik 2015 Kemilau Ramadhan 2015 Jababeka Residence Kodim Kawal Kegiatan Gemar Membaca Komunitas BerbagiNasi Cikarang dan Coca-Cola Amatil Indonesia Gelar Berbagi Ceria di Bulan Ramadhan Komunitas Peduli Cikarang Peduli Yatim Piatu Dan Lingkungan LATIN NIGHT BARBECUE @ GRANDE VALORE HOTEL – JABABEKA LEBARAN MENGINAP GRATIS DI HOTEL SANTIKA CIKARANG Lippo Cikarang Serahkan Bantuan Senilai 4 Papinka Goyang Basecamp NCRadio Pemasangan Kawat Gigi Penampilan Memukau Para Siswa Berkebutuhan Khusus President Special Needs Centre (PSNC) Pencegahan Penyakit Akibat Kerja PROMO “BERKAH RAMADHAN” Hotel Santika Cikarang PSNC Siapkan Pengembangan Anak Berkebutuhan Khusus Usia Dewasa PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) PT Cameron Services International Lulus Sertifikasi OHSAS 18001:2007 & SMK3 PT Trans Jakarta Luncurkan Bus Tingkat Pariwisata Tematik Rira GreenPark Kembangkan Cluster Perkantoran Dan Pergudangan Khusus UKM Samsung Siap Produksi Ponsel dan Tablel Sebanyak 1 Juta/Bulan Sekjen Aspelindo : Pemda Harus Siapkan SDM Lokal Hadapi MEA Soft Opening Batiqa Hotel Suzuki Tambah Investasi Tasyakuran Kelulusan Siswa SDIT An Nur Angkatan Kesembilan Wisuda Ke-10 President University