Published On: Sat, May 2nd, 2015

Masa Depan Mobilitas di Perkotaan

banner
Share This
Tags

Sebuah study oleh Arthur D Little dan UITP, mengenai masa depan mobilitas di perkotaan yang dilakukan pada 2010 dan 2011, membahas mengenai keadaan ini. Mobilitas perkotaan adalah salah satu tantangan yang perlu dipecahkan.

Saat ini, populasi penduduk dunia hidup di perkotaan. 53% dari populasi penduduk dunia hidup di daerah perkotaan dan akan meningkat hingga 67% pada tahun 2050. Saat ini, 64% dari semua perjalanan terjadi di wilayah perkotaan dan akan meningkat hingga 3 kali lipat pada tahun 2050.

Selain peningkatan mobilitas di wilayah perkotaan, kebutuhan mobilitasnya juga turut meningkat. Perubahan kebiasaan, permintaan akan pelayanan transportasi public yang lebih baik, kecepatan dan ketepatan waktu, akan membutuhkan peningkatan infrastuktur secara signifikan.

Hal-hal yang dinilai dalam studi ini Antara lain; harga transportasi public, penggunaan transportasi massal terhadapat total perjalanan, kepadatan jalan, jalur bagi sepeda, polusi yang ditimbulkan oleh kendaraan, waktu rata-rata yang ditermpuh untuk pergi ke tempat kerja, rasio Antara jumlah kendaraan dengan populasi penduduk dan banyak lagi yang lain.

Kota-kota besar di Eropa mendapat rating paling tinggi Antara lain; Stockholm, Amsterdam, Copenhagen, Vienna, Zurich, Paris London, Munich berada di Antara 10 kota terbaik berdasarkan studi ini. Kota asal benua Asia yang juga mendapat tempat di 10 besar adalah Hong Kong dan Singapore.

Jakarta berada di grup terakhir, yaitu “dibawah rata-rata” dengan score 37.4, berada di atas kota-kota seperti Kuala Lumpur, Bangkok, Johannesburg, bahkan Miami dan Houston. Tingginya kepadatan lalu lintas di Jakarta menjadi salah satu poin minus yang patut disoroti. Berdasarkan studi dari Indonesia Effort for Environtment, jumlah mobil dan motor pada 2013 mencapai 1.600-2.400 hari. Ditambah lagi dengan pertumbuhan jalan yang tidak sesuai dengan peningkatan jumlah kendaraan. Total jalanan di Jakarta adalah 7.650 km dengan pertumbuhan hanya 0.01 persen tiap tahun sementara pertumbuhan kendaraan ada 9.8 persen pada tahun 2012.

Perputaran kendaraan bermotor cukup tinggi, berdasarkan data dari Kementrian Perindustrian RI penjualan mobil naik 17% pada 2012. Ditambah dengan naiknya harga BBM, memacu orang untuk memilih mobil bekas daripada mobil baru. Bisnis penyewaan mobil seperti Assarent, portal penjualan mobil Carmudi, dan bursa mobil bekas di WTC Mangga Dua kebanjiran peminat.

Kota yang ideal menurut studi ini jika transportasi murah seperti di Hong Kong, dengan kondisi udara seperti di Stockholm, memiliki jalur sepeda seperti di Amsterdam, aman seperti di Copenhagen, transportasi massal sebanyak London dan waktu tempuh perjalanan sesingkat di Nantes.

Amril Taufik Gobel, Blogger (www.daengbattala.com), tinggal di Perumahan Cikarang Baru, Kota Jababeka

banner

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

nisp
4 M Kepada Desa Sukaresmi Aditya Maulana Dari Waitress Hingga Hotel Manager Anggota Sarbumusi Berhak Terima Dana Pensiun 100 Juta Antara Gaya Hidup & Kesehatan Berburu Berkah Di Bulan Ramadhan bioskop cinemaxx BUDIYANTO Cikarang Ditinggal Mudik CSR Kabupaten Bekasi Dadali Hibur Anak Yatim Cikarang Daeng Muhammad Bangun Masjid Talagamanggung di Pebayuran Demokrasi Mini Ala Warga "Berlian" Faber Castell Memperluas Pabrik di MM2100 GABUNGAN OPERATOR TV KABEL INDONESIA DEKLARASI GERAKAN NASIONAL TAYANG FTA GRATIS Gema Ramadhan dan Idul Fitri LPPM Jababeka Glorious Ramadan at Mal Lippo Cikarang GROUND BREAKING MAYFAIR Estate & Parklands di Jababeka Residence Hipertensi : Masalah Serius Pada Generasi Muda Hotel Sahid Jaya Lippo Cikarang Santuni 100 Anak Yatim Java Palace Hotel KAMPUNG HALAMAN Kapolresta Bekasi Tinjau Kesiapan Personil Amankan Mudik 2015 Kemilau Ramadhan 2015 Jababeka Residence Kodim Kawal Kegiatan Gemar Membaca Komunitas BerbagiNasi Cikarang dan Coca-Cola Amatil Indonesia Gelar Berbagi Ceria di Bulan Ramadhan Komunitas Peduli Cikarang Peduli Yatim Piatu Dan Lingkungan LATIN NIGHT BARBECUE @ GRANDE VALORE HOTEL – JABABEKA LEBARAN MENGINAP GRATIS DI HOTEL SANTIKA CIKARANG Lippo Cikarang Serahkan Bantuan Senilai 4 Papinka Goyang Basecamp NCRadio Pemasangan Kawat Gigi Penampilan Memukau Para Siswa Berkebutuhan Khusus President Special Needs Centre (PSNC) Pencegahan Penyakit Akibat Kerja PROMO “BERKAH RAMADHAN” Hotel Santika Cikarang PSNC Siapkan Pengembangan Anak Berkebutuhan Khusus Usia Dewasa PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) PT Cameron Services International Lulus Sertifikasi OHSAS 18001:2007 & SMK3 PT Trans Jakarta Luncurkan Bus Tingkat Pariwisata Tematik Rira GreenPark Kembangkan Cluster Perkantoran Dan Pergudangan Khusus UKM Samsung Siap Produksi Ponsel dan Tablel Sebanyak 1 Juta/Bulan Sekjen Aspelindo : Pemda Harus Siapkan SDM Lokal Hadapi MEA Soft Opening Batiqa Hotel Suzuki Tambah Investasi Tasyakuran Kelulusan Siswa SDIT An Nur Angkatan Kesembilan Wisuda Ke-10 President University