Published On: Sat, Sep 3rd, 2016

MASYARAKAT BERSYUKUR

banner

Eka Budiantaeka budianta

Sejumlah penulis berangkat ke Ambarawa, Jawa Tengah.  Beberapa orang di antaranya berasal dari Cikarang, Jawa Barat. Mereka berpikir ada yang dapat diperbaiki dalam masyarakat.  Apakah itu?  Meningkatkan rasa syukur.  Masyarakat perlu belajar lebih berterima kasih kepada Tuhan, Syukur Alhamdulilah, Deo Gratias.

Mengapa rasa syukur itu penting? Sebab rasa syukur itu menenangkan. Dengan rasa syukur kita berdamai.  Rasa damai itu penting, baik damai dengan orang lain, maupun terutama dengan diri sendiri. Selalu diperlukan rasa terima kasih.  Mungkin begitu yang dirasakan oleh teman-teman pengarang.

Maka mereka membuat perkumpulan yang bersyumber pada rasa syukur.  Bahasa Latinnya, Deo Gratias.  Kalau dalam bahasa Inggris: Thanks be to God. Dalam bahasa Arab wal syukurilah al hamdulillah.

Jadi bagaimana cara menyebarluaskan rasa syukur itu?  Apakah kita tidak boleh protes? Tentu boleh.  Tetapi ada cara yang sangat trendy saat ini.  Tax Amnesty!  Di mana-mana orang bicara tentang pengampunan pajak.  “Kita harus bersyukur, tahu terima kasih, patuh hukum,  bayar pajak, menunaikan kewajiban.”  Itulah yang terdengar di mana-mana.

Rupanya, membayar pajak adalah bentuk rasa syukur yang mendalam. Masyarakat merasa berhutang kepada negaranya.  Mereka yang aktif berusaha, punya perusahaan, rajin menabung, banyak untung, ternyata banyak juga hutangnya.  Bukan pinjaman ke bank atau hutang-piutang langsung, tapi ucapan terima kasih.  Itulah pajak, alias iuran pribadi maupun kolektif pada Negara.

“Nanti setelah membayar pajak semua kekayaan, hidup kita akan semakin tenang,” kata seorang konsultan.  Susah dipahami.  Mengapa justru setelah membayar, orang menjadi senang.  Sesudah mengeluarkan uang jadi gembira? Aneh.  Tetapi itulah yang terasa di masyarakat dewasa ini.

Saya juga pergi ke Ambarawa. Saya ingin belajar bersyukur. Selama satu tahun, begitu banyak rejeki saya dapatkan dari menulis.  Ada saja yang memesan tulisan, baik untuk website – laman, brosur, artikel di media massa maupun buku.  Yang berbentuk presentasi atau makalah banyak juga.  Semua memberikan penghasilan.

Maka, dengan suka-cita saya terbang ke Semarang.  Di bandara sudah dijemput teman-teman.  Mereka lama menunggu.  Maklum pesawat tertunda beberapa jam.  Tapi mereka sabar.  “Untung hanya delay dua jam,” kata mereka.  Masih saja bisa bersyukur.  Padahal saya sudah merasa jengkel dan lapar.

Terima kasih.  Syukur Alhamdulillah wal syukurilah – Deo Gratias.  Begitu ungkapan hati para pemeluk Agama Katolik.  Ungkapan Deo Gratias sudah dua ribu tahun dikumandangkan.  Kadang populer, banyak diungkapkan.  Terkadang tidak pernah terdengar.  Maklum, perasaan dunia selalu berubah-ubah.  Tetapi, rasa terima kasih itu hendaknya jangan sampai hilang.

Kita berdoa semoga Indonesia menjadi bangsa yang penuh syukur. Apapun yang terjadi, apapun sukunya, apapun agamanya. Memberi maupun menerima kita lakukan dengan hati gembira, tulus ikhlas.***

banner

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

nisp
4 M Kepada Desa Sukaresmi Aditya Maulana Dari Waitress Hingga Hotel Manager Anggota Sarbumusi Berhak Terima Dana Pensiun 100 Juta Antara Gaya Hidup & Kesehatan Berburu Berkah Di Bulan Ramadhan bioskop cinemaxx BUDIYANTO Cikarang Ditinggal Mudik CSR Kabupaten Bekasi Dadali Hibur Anak Yatim Cikarang Daeng Muhammad Bangun Masjid Talagamanggung di Pebayuran Demokrasi Mini Ala Warga "Berlian" Faber Castell Memperluas Pabrik di MM2100 GABUNGAN OPERATOR TV KABEL INDONESIA DEKLARASI GERAKAN NASIONAL TAYANG FTA GRATIS Gema Ramadhan dan Idul Fitri LPPM Jababeka Glorious Ramadan at Mal Lippo Cikarang GROUND BREAKING MAYFAIR Estate & Parklands di Jababeka Residence Hipertensi : Masalah Serius Pada Generasi Muda Hotel Sahid Jaya Lippo Cikarang Santuni 100 Anak Yatim Java Palace Hotel KAMPUNG HALAMAN Kapolresta Bekasi Tinjau Kesiapan Personil Amankan Mudik 2015 Kemilau Ramadhan 2015 Jababeka Residence Kodim Kawal Kegiatan Gemar Membaca Komunitas BerbagiNasi Cikarang dan Coca-Cola Amatil Indonesia Gelar Berbagi Ceria di Bulan Ramadhan Komunitas Peduli Cikarang Peduli Yatim Piatu Dan Lingkungan LATIN NIGHT BARBECUE @ GRANDE VALORE HOTEL – JABABEKA LEBARAN MENGINAP GRATIS DI HOTEL SANTIKA CIKARANG Lippo Cikarang Serahkan Bantuan Senilai 4 Papinka Goyang Basecamp NCRadio Pemasangan Kawat Gigi Penampilan Memukau Para Siswa Berkebutuhan Khusus President Special Needs Centre (PSNC) Pencegahan Penyakit Akibat Kerja PROMO “BERKAH RAMADHAN” Hotel Santika Cikarang PSNC Siapkan Pengembangan Anak Berkebutuhan Khusus Usia Dewasa PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) PT Cameron Services International Lulus Sertifikasi OHSAS 18001:2007 & SMK3 PT Trans Jakarta Luncurkan Bus Tingkat Pariwisata Tematik Rira GreenPark Kembangkan Cluster Perkantoran Dan Pergudangan Khusus UKM Samsung Siap Produksi Ponsel dan Tablel Sebanyak 1 Juta/Bulan Sekjen Aspelindo : Pemda Harus Siapkan SDM Lokal Hadapi MEA Soft Opening Batiqa Hotel Suzuki Tambah Investasi Tasyakuran Kelulusan Siswa SDIT An Nur Angkatan Kesembilan Wisuda Ke-10 President University