Published On: Wed, Jun 27th, 2018

Menteri Perindustrian Dukung President University Lahirkan Pemimpin Ekonomi Digital

banner

Menteri Perindustrian Dukung President University Lahirkan Pemimpin Ekonomi Digital

Era Industry 4.0 sudah didepan mata, sehingga untuk mendorong implementasi “Making Indonesia 4.0” Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto bersama Chairman Jababeka S.D. Darmono memberikan pencerahan kepada kalangan ABG (Akademisi, Businessman dan Government) di President Executive Club, Jababeka, Cikarang pada tanggal 26 Juni 2018.industry ok

Dalam paparannya di hadapan Bupati Bekasi Neneng Hasanah Yasin, Ketua Himpunan Kawasan Industri Sani Iskandar, Rektor President University Jony Oktavian Haryanto dan para pengusaha kawasan industri Cikarang, Airlangga Hartarto menyebutkan, Industry 4.0 dapat merevitalisasi sektor manufaktur Indonesia melalui inisiatif “Making Indonesia 4.0”.

“Inisiatif ini akan meningkatkan PDB secara signifikan dari 5% menjadi 6 – 7% YoY antara 2018 – 2030. Kemudian menciptakan lapangan kerja dari 20 juta menjadi lebih dari 30 juta di tahun 2030. Dan peningkatan kontribusi manufaktur terhadap PDB dari 16% menjadi 25% di tahun 2030,” ungkap Menteri Perindustrian.

Kemudian disampaikan Airlangga, “Making Indonesia 4.0” harus dimulai dengan langkah-langkah segera melalui insentif teknologi, investor roadshow, pendidikan vokasi, pembentukan pusat inovasi dan dukungan untuk UMKM dalam E-commerce dan pendanaan teknologi. Untuk jangka panjang sektor yang menjadi prioritas adalah makanan dan minuman, tekstil dan busana, otomotif, kimia dan elektronik.

Dalam kesempatan yang sama, S.D. Darmono menyampaikan, dalam menghadapi Revolusi Industri ke-4, President University memiliki 3 pilar, yaitu biotechnology, art & design, dan ICT (Information Communication Technology).

“President University melihat Indonesia kaya akan sumber alamnya, maka di sini dibuat Medical City seluas 72 hektar sebagai basis untuk research biotechnology. Diharapkan tumbuh banyak rumah sakit dengan standard kelas dunia supaya banyak orang asing berwisata medis ke Indonesia. Kedua, Indonesia itu kaya dengan budaya, lebih dari 700 etnik sebagai modal utama dalam menaikkan nilai tambah dari produk melalui art & design. Maka, di sini dibangunlah Indonesia Movieland untuk meningkatkan inovasi para mahasiswa President University. Di Jababeka juga ada ICT yang dibangun Korea Selatan dengan lahan yang disediakan Jababeka dan sudah diserahkan ke Kemenkoinfo,” ungkap founder President University ini.

Menyambung apa yang disampaikan S.D. Darmono, Airlangga Hartanto menyebutkan industry 4.0 ini menjadi kesempatan President University untuk membuat terobosan-terobosan ekonomi terutama di bidang ICT, biotechnology, dan industri kreatif. Diharapkan nantinya alumni President University bisa menjadi pemimpin ekonomi digital. Digital economy adalah momentum besar Indonesia,” ujar Airlangga yang menegaskan keberadaan President University visinya saat cocok dengan apa yang ada di roadmap Indonesia 4.0.

Lebih lanjut disampaikan Airlangga bahwa, the next big thing, selain dari digital economy, adalah biotechnology. Indonesia memiliki biotechnology juga siap dikembangkan,contohnya ganggang bisa diproduksi jadi minyak tanpa harus diendapkan ratusan tahun. Kemudian bidang medical menjadi kesempatan baru bagi Kemenperin dengan mendorong Dirjennya lebih ke pharmaceutical yang mencakup kosmetik, herbal dan farmasi. Jadi apa yang terjadi di Jababeka ini bisa direplikasi di Indonesia.***

 

banner

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

nisp
4 M Kepada Desa Sukaresmi Aditya Maulana Dari Waitress Hingga Hotel Manager Anggota Sarbumusi Berhak Terima Dana Pensiun 100 Juta Antara Gaya Hidup & Kesehatan Berburu Berkah Di Bulan Ramadhan bioskop cinemaxx BUDIYANTO Cikarang Ditinggal Mudik CSR Kabupaten Bekasi Dadali Hibur Anak Yatim Cikarang Daeng Muhammad Bangun Masjid Talagamanggung di Pebayuran Demokrasi Mini Ala Warga "Berlian" Faber Castell Memperluas Pabrik di MM2100 GABUNGAN OPERATOR TV KABEL INDONESIA DEKLARASI GERAKAN NASIONAL TAYANG FTA GRATIS Gema Ramadhan dan Idul Fitri LPPM Jababeka Glorious Ramadan at Mal Lippo Cikarang GROUND BREAKING MAYFAIR Estate & Parklands di Jababeka Residence Hipertensi : Masalah Serius Pada Generasi Muda Hotel Sahid Jaya Lippo Cikarang Santuni 100 Anak Yatim Java Palace Hotel KAMPUNG HALAMAN Kapolresta Bekasi Tinjau Kesiapan Personil Amankan Mudik 2015 Kemilau Ramadhan 2015 Jababeka Residence Kodim Kawal Kegiatan Gemar Membaca Komunitas BerbagiNasi Cikarang dan Coca-Cola Amatil Indonesia Gelar Berbagi Ceria di Bulan Ramadhan Komunitas Peduli Cikarang Peduli Yatim Piatu Dan Lingkungan LATIN NIGHT BARBECUE @ GRANDE VALORE HOTEL – JABABEKA LEBARAN MENGINAP GRATIS DI HOTEL SANTIKA CIKARANG Lippo Cikarang Serahkan Bantuan Senilai 4 Papinka Goyang Basecamp NCRadio Pemasangan Kawat Gigi Penampilan Memukau Para Siswa Berkebutuhan Khusus President Special Needs Centre (PSNC) Pencegahan Penyakit Akibat Kerja PROMO “BERKAH RAMADHAN” Hotel Santika Cikarang PSNC Siapkan Pengembangan Anak Berkebutuhan Khusus Usia Dewasa PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) PT Cameron Services International Lulus Sertifikasi OHSAS 18001:2007 & SMK3 PT Trans Jakarta Luncurkan Bus Tingkat Pariwisata Tematik Rira GreenPark Kembangkan Cluster Perkantoran Dan Pergudangan Khusus UKM Samsung Siap Produksi Ponsel dan Tablel Sebanyak 1 Juta/Bulan Sekjen Aspelindo : Pemda Harus Siapkan SDM Lokal Hadapi MEA Soft Opening Batiqa Hotel Suzuki Tambah Investasi Tasyakuran Kelulusan Siswa SDIT An Nur Angkatan Kesembilan Wisuda Ke-10 President University