Published On: Wed, Jun 3rd, 2015

Pencegahan Penyakit Akibat Kerja

banner

Pencegahan Penyakit Akibat Kerja

Belum lama ini, tepat pada hari buruh, 1 Mei 2015, seorang buruh, SM, 32 th, nekat melakukan aksi bakar diri dan menjatuhkan dirinya ke panggung konser dari atap atas tribun VVIP Stadion Gelora Bung Karno. Kemudian diketahui, bahwa ia melakukan aksinya, untuk menuntut Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia.dr edi copy

Salah satu pesannya adalah menginginkan terjaminnya kesehatan dan keselamatan kerja pada tenaga kerja. Hal ini dapat tercapai dengan cara dan tindakan yang sederhana. Penyakit akibat kerja dapat muncul sesuai dengan kondisi kerja dan ditentukan oleh resiko kerja yang terdapat lingkungan kerja. Dengan mengenali resiko itu yang terdapat pada lingkungan kerja, sebenarnya semua penyakit akibat kerja dan kecelakaan kerja, tanpa terkecuali, dapat dicegah.

Berikut adalah bagaimana mencegah penyakit akibat kerja:

  1. Komitmen keselamatan kerja dan pencegahan yang baik. Hal ini dapat mengurangi risiko kerja, mencoba untuk tetap fit, mengurangi stres, mengatur area kerja Anda dengan benar dan menggunakan proteksi yang tepat.
  2. Kenali resiko dan masalah kesehatan & keselamatan.
  3. Langkah-langkah pengendalian. Menghilangkan atau mengurangi paparan bahaya di tempat kerja ada lima kategori utama dari tindakan pengendalian: eliminasi, substitusi, kontrol teknik, kontrol administratif & alat pelindung diri.
  4. Skrining medis kerja. Kontrol yang efektif dari penyakit akibat kerja adalah dengan pencegahan primer, yang berarti mencegah paparan atau mengurangi paparan tingkat yang dapat diterima. Pencegahan sekunder atau pengobatan bagi yang terkena kurang efektif dalam mengurangi penyakit. Pentingnya skrining adalah bahwa hal itu memberikan kontribusi untuk deteksi dini penyakit dalam individu.
  5. Kebersihan pribadi. Sangat penting sebagai metode kontrol bahaya. Mencuci tangan secara teratur, makan dan merokok jauh dari daerah pekerjaan membantu untuk mencegah menelan k Keluarga bisa terkena bahaya setelah bekerja jika membawa bahan kimia dan kontaminan kerja lainnya ke rumah pada pakaian, rambut atau kulit. Sebelum meninggalkan pekerjaan, mencuci/mandi dan berganti pakaian bila diperlukan untuk mencegah membawa kontaminan kerja rumah.Tinggalkan pakaian kotor di tempat kerja atau, jika Anda harus mencuci di rumah, mencuci secara terpisah, tidak dengan mencuci pakaian keluarga.
  6. Langkah-langkah umum. Berpikir positif, mencoba untuk memecahkan masalah dan tanggung jawab
    tepat waktu, memiliki gaya hidup sehat (termasuk makanan sehat, asupan air yang benar 2 liter air / hari, latihan fisik secara teratur, minimal 8 jam tidur setiap hari) dan mencoba untuk menciptakan suasana yang positif, tidak hanya di tempat kerja tetapi juga di sisa hidup untuk menghindari masalah tambahan.Cobalah untuk menciptakan keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan keluarga, kehidupan sosial, tidak membebani sendiri, membagi proyek menjadi fase yang lebih kecil, dan memprioritaskan tugas-tugas, delegasi tanggung jawab kepada rekan-rekan yang bekerja dengan Anda dalam proyek-proyek tertentu. Selalu menjaga rasa humor, pastikan untuk mengambil istirahat pendek dari seluruh hari, untuk duduk kembali dan membersihkan pikiran Anda. Meditasi, mendengarkan musik, berjalan selama 5 menit dapat meningkatkan mood Anda secara signifikan.
  7. Program Pendidikan / Program Kesadaran. Promosi tentang masalah kesehatan & keselamatan; penyakit kesehatan kerja; kebersihan di tempat kerja; tentang di mana, kapan, mengapa, dan bagaimana menggunakan APD; tentang pentingnya kesehatan kerja medis terkait, dll juga dapat membantu dalam mencegah penyakit kesehatan kerja.

Dengan memahami dan mengenali semua di atas, semoga tidak ada lagi aksi buruh-buruh nekat lain yang muncul. Langkah pencegahan dapat berjalan ideal dengan adanya kerja sama semua pihak termasuk pekerja, supervisor, dan management. Lebih baik mencegah dari pada mengobati.

Penulis : dr. Eddy Surya, Praktek di Senior Living D’Khayangan & President University Medical Center

banner

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

nisp
4 M Kepada Desa Sukaresmi Aditya Maulana Dari Waitress Hingga Hotel Manager Anggota Sarbumusi Berhak Terima Dana Pensiun 100 Juta Antara Gaya Hidup & Kesehatan Berburu Berkah Di Bulan Ramadhan bioskop cinemaxx BUDIYANTO Cikarang Ditinggal Mudik CSR Kabupaten Bekasi Dadali Hibur Anak Yatim Cikarang Daeng Muhammad Bangun Masjid Talagamanggung di Pebayuran Demokrasi Mini Ala Warga "Berlian" Faber Castell Memperluas Pabrik di MM2100 GABUNGAN OPERATOR TV KABEL INDONESIA DEKLARASI GERAKAN NASIONAL TAYANG FTA GRATIS Gema Ramadhan dan Idul Fitri LPPM Jababeka Glorious Ramadan at Mal Lippo Cikarang GROUND BREAKING MAYFAIR Estate & Parklands di Jababeka Residence Hipertensi : Masalah Serius Pada Generasi Muda Hotel Sahid Jaya Lippo Cikarang Santuni 100 Anak Yatim Java Palace Hotel KAMPUNG HALAMAN Kapolresta Bekasi Tinjau Kesiapan Personil Amankan Mudik 2015 Kemilau Ramadhan 2015 Jababeka Residence Kodim Kawal Kegiatan Gemar Membaca Komunitas BerbagiNasi Cikarang dan Coca-Cola Amatil Indonesia Gelar Berbagi Ceria di Bulan Ramadhan Komunitas Peduli Cikarang Peduli Yatim Piatu Dan Lingkungan LATIN NIGHT BARBECUE @ GRANDE VALORE HOTEL – JABABEKA LEBARAN MENGINAP GRATIS DI HOTEL SANTIKA CIKARANG Lippo Cikarang Serahkan Bantuan Senilai 4 Papinka Goyang Basecamp NCRadio Pemasangan Kawat Gigi Penampilan Memukau Para Siswa Berkebutuhan Khusus President Special Needs Centre (PSNC) Pencegahan Penyakit Akibat Kerja PROMO “BERKAH RAMADHAN” Hotel Santika Cikarang PSNC Siapkan Pengembangan Anak Berkebutuhan Khusus Usia Dewasa PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) PT Cameron Services International Lulus Sertifikasi OHSAS 18001:2007 & SMK3 PT Trans Jakarta Luncurkan Bus Tingkat Pariwisata Tematik Rira GreenPark Kembangkan Cluster Perkantoran Dan Pergudangan Khusus UKM Samsung Siap Produksi Ponsel dan Tablel Sebanyak 1 Juta/Bulan Sekjen Aspelindo : Pemda Harus Siapkan SDM Lokal Hadapi MEA Soft Opening Batiqa Hotel Suzuki Tambah Investasi Tasyakuran Kelulusan Siswa SDIT An Nur Angkatan Kesembilan Wisuda Ke-10 President University