Published On: Wed, Apr 15th, 2015

Perisitwa Penting 14 April

banner
Share This
Tags

966 – Setelah menikah kepada Dobrawa Kristen Bohemia, raja pagan Polana, Mieszko I, yang menjadi Kristen, acara dianggap sebagai pendiri negara Polandia.

1028 – Henry III, putra Conrad, dipilih raja Jerman.

1205 – Pertempuran Adrianople antara Bulgaria dan Tentara Salib.

1294 – Temür, grand-anak terpilih Kubilai Khan dari Mongol dan kaisar dari dinasti Yuan dengan judul pemerintahan dan Öljeitü Chengzong.

1341 – Tas Saluzzo (Italia) oleh pasukan Italia dibawah Manfred V-Angevine dari Saluzzo.

1434 – The batu pertama Katedral Santo Petrus dan Santo Paulus di Nantes, Perancis direncanakan.

1471 – Di Inggris, di bawah Yorkist Edward IV mengalahkan Lancastrians bawah Earl of Warwick di Pertempuran Barnet, Count dibunuh dan Edward IV kembali tahta.

1699 – Khalsa: Lahirnya Khalsa, persaudaraan agama Sikh, di India utara sesuai dengan kalender Nanakshahi.

1775 – Masyarakat penghapusan pertama di Amerika Utara didirikan. Masyarakat untuk Pertolongan Free Negro sah diadakan di Perbudakan diatur di Philadelphia, Pennsylvania oleh Benjamin Franklin dan Benjamin Rush.

1816 – Bussa, seorang budak di Barbados, memimpin pemberontakan budak dan dibunuh. Untuk ini, dikenal sebagai pahlawan nasional pertama Barbados.

1828 – Nuh Webster hak cipta edisi pertama kamusnya.

1846 – Partai Donner pelopor kiri Springfield, Illinois, California, pada apa yang akan menjadi tahun perjalanan panjang kesulitan, kanibalisme, dan kelangsungan hidup.

1849 – Hungaria menyatakan dirinya independen dari Austria dengan Lajos Kossuth sebagai kepalanya.

1860 – Pembalap Pony Express pertama mencapai Sacramento, California.

1865 – U. S. Presiden Abraham Lincoln dibunuh di Ford’s Theater oleh John Wilkes Booth.

1865 – U. S. Sekretaris Negara William H. Seward dan keluarganya diserang di rumahnya oleh Lewis Powell.

1881 – Empat tewas dalam lima detik tembak-menembak adalah berjuang di El Paso, Texas.

1890 – Uni Pan-Amerika didirikan oleh Konferensi Internasional pertama Negara-negara Amerika di Washington, DC

1894 – Rumah film pertama yang pernah komersial dibuka di New York menggunakan sepuluh Kinetoscope, sebuah perangkat untuk mengintip-acara menonton film.

1909 – pembantaian A orgaized oleh Kekaisaran Ottoman terhadap penduduk Armenia dari Kilikia.

1912 – Para penumpang kapal RMS Titanic Inggris pemogokan gunung es di Atlantik Utara pada 23:40. Kapal itu tenggelam keesokan paginya dengan hilangnya 1.517 nyawa.

1927 – Mobil Volvo pertama pertama di Gothenburg, Swedia.

1931 – Cortes Spanyol menggulingkan Raja Alfonso XIII dan menyatakan Republik Spanyol Kedua.

1935 – “Black Sunday Storm”, badai debu terburuk Debu Bowl Amerika.

1939 – The Grapes of Wrath, oleh penulis Amerika John Steinbeck pertama kali diterbitkan oleh Viking Press.

1940 – Perang Dunia II: Royal Marines mendarat di Namsos, Norwegia untuk sebuah kekuatan yang lebih besar tiba dua hari kemudian.

1941 – Perang Dunia II: Ustashi, sebuah organisasi sayap kanan Kroasia diletakkan di jawab Negara Independen Kroasia oleh kekuatan Poros setelah operasi 25 Axis invasi. Rommel serangan Tobruk.

1944 – Ledakan Mumbai: Sebuah ledakan besar di pelabuhan Bombay membunuh 300 dan menyebabkan kerusakan ekonomi yang diperkirakan lalu sebesar 20 juta pound.

1945 – Osijek, Kroasia, dibebaskan dari pendudukan fasis.

1956 – Di Chicago, Illinois, video pertama kali ditampilkan.

1958 – The Soviet satelit Sputnik 2 jatuh dari orbit setelah durasi misi 162 hari.

1967 – Gnassingbe Eyadema Togo menumbangkan Presiden Nicolas Grunitzky dan diinstal sebagai presiden baru, sebuah judul ia diadakan untuk 38 tahun ke depan.

1969 – Pada Akademi Gala Amerika Serikat ada link untuk Oscar untuk Best Actress antara Katharine Hepburn dan Barbra Streisand.

1978 – 1978 Demonstrasi Tbilisi: Ribuan Georgia menunjukkan terhadap upaya Soviet untuk mengubah status konstitusional dari bahasa Georgia.

1981 – STS-1 – The space shuttle pertama operasional, Columbia (OV-102) melengkapi uji terbang pertama.

1986 – Dalam pembalasan atas pemboman 5 April di Berlin Barat yang menewaskan dua prajurit Amerika, U. S. Presiden Ronald Reagan memerintahkan serangan bom besar-besaran terhadap Libya, menewaskan 60 orang.

1986 1 kilogram (2,2 pon) jatuh hujan es di distrik Gopalganj Bangladesh, menewaskan 92. Ini adalah hujan es terberat yang pernah tercatat.

1988 – The USS Samuel B. Roberts memukul sebuah tambang di Teluk Persia selama Operasi Earnest Will.

1988 – Dalam sebuah upacara Perserikatan Bangsa-Bangsa di Jenewa, Swiss, Uni Soviet menandatangani perjanjian menjanjikan untuk menarik pasukannya dari Afghanistan.

1994 – Dalam sebuah insiden kebakaran ramah di Amerika Serikat selama Operasi Memberikan Kenyamanan di Irak utara, dua Angkatan Udara Amerika Serikat menembak pesawat keliru-down terhadap helikopter AS dari dua tentara, menewaskan 26 orang.

1999 – NATO keliru bom konvoi pengungsi Albania – pejabat Yugoslavia, 75 orang tewas.

1999 – Sebuah hujan es parah melanda Sydney, Australia menyebabkan A $ 2,3 milyar dalam kerusakan diasuransikan, bencana alam paling mahal dalam sejarah Australia.

2002 – Presiden Venezuela Hugo Chavez kembali ke kantor dua hari setelah digulingkan dan ditangkap oleh militer negara itu.

2003 – The Human Genome Project selesai 99% dari genom manusia yang diurutkan dengan akurasi sebesar 99,99%.

2003 – Pasukan AS di Baghdad ditangkap Abu Abbas, pemimpin kelompok Palestina yang menewaskan seorang Amerika di kapal pesiar Achille Lauro dibajak pada tahun 1985 MS.

2005 – Oregon Mahkamah Agung membatalkan pernikahan perizinannya dikeluarkan untuk pasangan gay tahun sebelumnya oleh Multnomah County.

2007 – Sedikitnya 200.000 demonstran di Ankara, Turki protes terhadap kemungkinan pencalonan incumbent Perdana Menteri Recep Tayyip Erdogan.

2010 – Hampir 2.700 tewas akibat gempa bumi berkekuatan 6,9 untuk Yushu, Qinghai, Cina.

banner

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

nisp
4 M Kepada Desa Sukaresmi Aditya Maulana Dari Waitress Hingga Hotel Manager Anggota Sarbumusi Berhak Terima Dana Pensiun 100 Juta Antara Gaya Hidup & Kesehatan Berburu Berkah Di Bulan Ramadhan bioskop cinemaxx BUDIYANTO Cikarang Ditinggal Mudik CSR Kabupaten Bekasi Dadali Hibur Anak Yatim Cikarang Daeng Muhammad Bangun Masjid Talagamanggung di Pebayuran Demokrasi Mini Ala Warga "Berlian" Faber Castell Memperluas Pabrik di MM2100 GABUNGAN OPERATOR TV KABEL INDONESIA DEKLARASI GERAKAN NASIONAL TAYANG FTA GRATIS Gema Ramadhan dan Idul Fitri LPPM Jababeka Glorious Ramadan at Mal Lippo Cikarang GROUND BREAKING MAYFAIR Estate & Parklands di Jababeka Residence Hipertensi : Masalah Serius Pada Generasi Muda Hotel Sahid Jaya Lippo Cikarang Santuni 100 Anak Yatim Java Palace Hotel KAMPUNG HALAMAN Kapolresta Bekasi Tinjau Kesiapan Personil Amankan Mudik 2015 Kemilau Ramadhan 2015 Jababeka Residence Kodim Kawal Kegiatan Gemar Membaca Komunitas BerbagiNasi Cikarang dan Coca-Cola Amatil Indonesia Gelar Berbagi Ceria di Bulan Ramadhan Komunitas Peduli Cikarang Peduli Yatim Piatu Dan Lingkungan LATIN NIGHT BARBECUE @ GRANDE VALORE HOTEL – JABABEKA LEBARAN MENGINAP GRATIS DI HOTEL SANTIKA CIKARANG Lippo Cikarang Serahkan Bantuan Senilai 4 Papinka Goyang Basecamp NCRadio Pemasangan Kawat Gigi Penampilan Memukau Para Siswa Berkebutuhan Khusus President Special Needs Centre (PSNC) Pencegahan Penyakit Akibat Kerja PROMO “BERKAH RAMADHAN” Hotel Santika Cikarang PSNC Siapkan Pengembangan Anak Berkebutuhan Khusus Usia Dewasa PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) PT Cameron Services International Lulus Sertifikasi OHSAS 18001:2007 & SMK3 PT Trans Jakarta Luncurkan Bus Tingkat Pariwisata Tematik Rira GreenPark Kembangkan Cluster Perkantoran Dan Pergudangan Khusus UKM Samsung Siap Produksi Ponsel dan Tablel Sebanyak 1 Juta/Bulan Sekjen Aspelindo : Pemda Harus Siapkan SDM Lokal Hadapi MEA Soft Opening Batiqa Hotel Suzuki Tambah Investasi Tasyakuran Kelulusan Siswa SDIT An Nur Angkatan Kesembilan Wisuda Ke-10 President University