Published On: Wed, Aug 31st, 2016

PILKADA 2017 KABUPATEN BEKASI AKAN LEBIH SENGIT

banner

Kabupaten Bekasi akan memilih pemimpinnya pada Pilkada Serentak 2017. Pada tanggal 22 Oktober 2016 nanti tahapan Pilkada memasuki penetapan pasangan calon. Diperkirakan akan ada lebih dari dua pasang calon yang siap bertarung di Pilkada 2017.pilkada

Pada bulan September ini akan memasuki tahapan krusial penjajagan koalisi pasangan yang berasal dari partai politik. Sementara yang maju secara independen yaitu pasangan Obon Tabroni – Bambang Sumaryono (Obama) dan pasangan Iin Farihin–KH Mahmud Al Hafidz (Imam), tinggal menunggu hasil verifikasi KPU Kabupaten Bekasi.

Incumbent dalam hal ini Hj. Neneng Hasanah Yasin dipastikan akan maju kembali di Pilkada 2017. Bupati perempuan pertama ini diusung oleh Partai Golkar dengan 10 kursi di DPRD yang sudah resmi berkoalisi dengan PAN yang memiliki 5 kursi dan mengharapkan dapat jatah Wakil. Hal sama juga dilakukan H. Sa’duddin Bupati Bekasi periode 2007 – 2012 yang akan maju melalui Partai Keadilan Sejahtera dengan 5 kursi. PKS bersama Gerindra 7 kursi dan Demokrat 5 kursi membentuk Koalisi Membangun Bekasi (KMB). DPP Gerindra telah merekomendasikan H. Daris, yang kemungkinan besar menjadi pendamping H. Sa’duddin.

Sementara PDI Perjuangan yang memiliki 8 kursi di DPRD Kabupaten Bekasi secara resmi mengusung Meilina Kartika Kadir yang akan berpasangan dengan Abdul Kholik Ketua DPC PKB. Sedangkan PPP 3 kursi, Nasdem 3 kursi, Hanura 2 kursi dan PBB 1 kursi sampai berita ini diturunkan (31/8), belum menentukan sikap berkoalisi dengan partai mana pun.

Sebelum pendaftaran pasangan bakal calon dari parpol resmi ditutup, tentunya partai-partai terus melakukan penjajagan koalisi, apakah akan mengusung calon sendiri atau akan merapat di 2 figur kuat yaitu Neneng dan Sa’duddin. Kedua figur ini masih cukup kuat mengingat memiliki basis pendukung dan sudah sangat dikenal. Kini tinggal bagaimana strategi menjalin koalisi dengan partai lain, maupun mencari figur wakilnya yang bisa mendongkrak suara.

Pertarungan Neneng versus Sa’duddin jilid 2 tentu akan lebih sengit dibandingkan Jilid 1. Sa’duddin yang kini duduk sebagai anggota DPR Pusat pasti tidak ingin takluk untuk kedua kalinya. Di sisi lain Melly, panggilan dari Meilina Kartika Kadir calon yang diusung PDI Perjuangan juga tidak bisa dianggap enteng. Melly yang saat ini duduk di DPRD Provinsi Jawa Barat akan diperkuat oleh Abdul Kholik dari PKB yang tentunya ingin meraup suara dari warga Nahdliyin.

Bagaimana dengan calon dari perorangan, jika “Obama” dan “Imam” lolos verifikasi faktual, tentu akan semakin semarak Pilkada 2017 karena banyak calon yang bertarung. Politik pasti dinamis, sebelum tanggal 22 Oktober masih banyak kemungkinan yang terjadi.

Memang diharapkan Pilkada 2017 ini diikuti lebih dari 2 calon agar masyarakat memiliki banyak pilihan, di mana pasangan yang akan maju dapat dilihat rekam jejaknya mapun visi misinya. Kabupaten Bekasi membutuhkan sosok pemimpin yang mengerti betul potensi yang ada. Bayangkan wilayah yang didominasi kawasan industri dan memiliki cadangan gas yang besar ini, masih tinggi angka kemiskinannya. Sosok Bupati nantinya diharapkan bisa bersinergi dengan para developer dan investor dalam pembangunan fisik dan SDM. Jangan sampai keduanya memiliki agenda masing-masing, sehingga pembangunan di Kabupaten Bekasi ini tanpa arah, bahkan saling bertabrakan.

Masyarakat sendiri harus aktif mengawasi tahapan Pilkada agar prosesnya tetap demokratis dan Jurdil. Jika menemukan black campaign, money politic, dan kecurangan-kecurangan lainnya, harus segera melaporkan ke Panwaslu. Hal ini sebagai upaya mewujudkan pemerintah yang bersih dan bebas KKN, termasuk keharusan pasangan calon untuk melaporkan harta kekayaannya dengan jujur. Dan juga mempublikasikan dari mana dana kampanye berasal. Jika nantinya kita bisa mendapatkan pemimpin yang bersih dan jujur maka pelayanan birokrasi akan lebih mudah dan cepat.  Tidak ada lagi bagi-bagi proyek berdasar karena kedekatan, kepentingan kelompok atau balas jasa.

Selain itu, para pasangan calon juga harus bisa menjaga kesejukan agar tidak terjadi gesekan terutama di akar rumput. Pertarungan hanya dalam bentuk adu gagasan dan program, bukan kuat-kuatan di basis pendukungnya melalui pengerahan massa pada saat kampanye. Dan yang lebih penting, selama tahapan Pilkada berlangsung, suasana kondusif tetap dijaga oleh aparat keamanan sebagai garda terdepan bersama masyarakat.  (penulis : Pemred Cikarang Pos)

banner

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

nisp
4 M Kepada Desa Sukaresmi Aditya Maulana Dari Waitress Hingga Hotel Manager Anggota Sarbumusi Berhak Terima Dana Pensiun 100 Juta Antara Gaya Hidup & Kesehatan Berburu Berkah Di Bulan Ramadhan bioskop cinemaxx BUDIYANTO Cikarang Ditinggal Mudik CSR Kabupaten Bekasi Dadali Hibur Anak Yatim Cikarang Daeng Muhammad Bangun Masjid Talagamanggung di Pebayuran Demokrasi Mini Ala Warga "Berlian" Faber Castell Memperluas Pabrik di MM2100 GABUNGAN OPERATOR TV KABEL INDONESIA DEKLARASI GERAKAN NASIONAL TAYANG FTA GRATIS Gema Ramadhan dan Idul Fitri LPPM Jababeka Glorious Ramadan at Mal Lippo Cikarang GROUND BREAKING MAYFAIR Estate & Parklands di Jababeka Residence Hipertensi : Masalah Serius Pada Generasi Muda Hotel Sahid Jaya Lippo Cikarang Santuni 100 Anak Yatim Java Palace Hotel KAMPUNG HALAMAN Kapolresta Bekasi Tinjau Kesiapan Personil Amankan Mudik 2015 Kemilau Ramadhan 2015 Jababeka Residence Kodim Kawal Kegiatan Gemar Membaca Komunitas BerbagiNasi Cikarang dan Coca-Cola Amatil Indonesia Gelar Berbagi Ceria di Bulan Ramadhan Komunitas Peduli Cikarang Peduli Yatim Piatu Dan Lingkungan LATIN NIGHT BARBECUE @ GRANDE VALORE HOTEL – JABABEKA LEBARAN MENGINAP GRATIS DI HOTEL SANTIKA CIKARANG Lippo Cikarang Serahkan Bantuan Senilai 4 Papinka Goyang Basecamp NCRadio Pemasangan Kawat Gigi Penampilan Memukau Para Siswa Berkebutuhan Khusus President Special Needs Centre (PSNC) Pencegahan Penyakit Akibat Kerja PROMO “BERKAH RAMADHAN” Hotel Santika Cikarang PSNC Siapkan Pengembangan Anak Berkebutuhan Khusus Usia Dewasa PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) PT Cameron Services International Lulus Sertifikasi OHSAS 18001:2007 & SMK3 PT Trans Jakarta Luncurkan Bus Tingkat Pariwisata Tematik Rira GreenPark Kembangkan Cluster Perkantoran Dan Pergudangan Khusus UKM Samsung Siap Produksi Ponsel dan Tablel Sebanyak 1 Juta/Bulan Sekjen Aspelindo : Pemda Harus Siapkan SDM Lokal Hadapi MEA Soft Opening Batiqa Hotel Suzuki Tambah Investasi Tasyakuran Kelulusan Siswa SDIT An Nur Angkatan Kesembilan Wisuda Ke-10 President University