Published On: Fri, Jan 19th, 2018

S.D. Darmono : Indonesia Mampu Menjadi Pemimpin Dunia Dalam Seni Rupa

banner

S.D. Darmono : Indonesia Mampu Menjadi Pemimpin Dunia Dalam Seni Rupa

Dalam acara Indonesian Arts Exhibition (IAE), S.D. Darmono Chairman Jababeka Group menyebutkan, Indonesia memiliki lebih dari 700 etnik, lebih dari 1000 bahasa dari 17.000 pulau akan mampu menjadi pemimpin dunia dalam seni rupa. Dimana seni-seni yang bagus ini akan menarik pariwisata sehingga lebih banyak orang datang ke Indonesia, dan membuat produk-produk Indonesia jauh lebih kompetitif dan mampu bersaing di dunia internasional.IAE7 online

Untuk itulah S.D. Darmono menginisiasi terselenggaranya event seni terbesar di Indonesia di awal tahun 2018 ini. IAE yang digelar selama 5 hari dari tanggal 17 – 21 Januari 2018 di Jababeka Convetion Center (JCC), Cikarang adalah satu bentuk apresiasi dari Jababeka terhadap seni dan budaya Indonesia yang  menampilkan karya –karya seni maestro Indonesia periode 1920 – 2017 antara lain Affandi, Basuki Abdullah, Sudjojono, Sukari, Widayat, Nasirun dan lain sebagainya, seperti yang disampaikan oleh Yayat Sujatna selaku Panitia Penyelenggara. Dalam event  yang bertema “Standing with The Masters” ini setiap hari juga diselenggarakan workshop dan pelatihan melukis, membatik dan berbudidaya tanaman bonsai, serta menampilkan perform musik, tari dan kesenian Indonesia.

“Saya sampaikan terimakasih atas dukungan semua pihak sehingga kegiatan ini dapat terlaksana, khususnya kepada dr Oei Hong Djien dari OHD Museum Magelang, Djoko Susilo dari Galeri NU, Toto dari seniman Ancol, Heri Pemad dari Art Jog, serta Agus Canny dari President University. Juga terima kasih atas kehadiran Bapak Sofyan Djalil Menteri Agraria, Ms Judit Pach Dubes Hongaria, Mr. Jonson Representatif Taiwan Economic Trade Office,  Shinta Dhanuwardoyo CEO bubu.com, Hari Darsono perancang busana, Harry Wong Sudarwo dan jajaran direksi Jababeka,” ujar Yayat dalam sambutannya.

Dalam kesempatan yang sama, S.D. Darmono menyampaikan rasa hormat dan bangga mendapatkan dukungan begitu besar dari berbagai pihak yang ingin bersama-sama mengapresiasi seni rupa Indonesia sehingga mampu meningkatkan daya saing industri Indonesia. “Karena Jababeka berbasis kawasan industri, maka saya berpikir bagaimana membantu para langganan kami yang jauh-jauh dari 30 negara datang dan membangun pabriknya di sini. Kami ingin lebih banyak lagi mendatangkan investor, serta membantu mereka agar daya saing perusahaannya lebih meningkat,” ujar salah satu Founder Jababeka ini.

Lebih lanjut, S.D. Darmono sangat menghargai kehadiran Menteri Sofyan Djalil mewakili Presiden Jokowi. Dan kegiatan ini bisa disampaikan kepada seluruh jajaran kabinet bahwa Indonesia memiliki daya saing yang tangguh yaitu di bidang seni. Dengan seni ditambah pariwisata dan tentunya hasil research dari semua universitas, maka kombinasi dari inovasi dan produk disain akan membuat produk-produk Indonesia maju di dunia internasional dan secara bertahap brandednya bisa terus ditingkatkan.

“Saya berharap dengan pameran seni ini bisa membangkitkan optimisme kita, membangkitkan kesadaran kita bahwa seni budaya adalah modal yang besar sehingga perlu didukung, perlu dibantu para seniman kita untuk mempromosikan ke pasar nasional dan internasional,” ujar S.D. Darmono yang juga menyampaikan terimakasih kepada para peserta pameran dari OHD Museum, Galeri NU dan 150 seniman dari Ancol yang ikut mensukseskan acara ini.

Sejalan dengan pemikiran S.D. Darmono, Sofyan Djalil juga menyampaikan, Indonesia Art Exhibition ini sudah waktunya kita promosikan, karena semakin Indonesia kaya ekonomi maka aspek seni dan penghormatan kepada hal-hal yang lebih sekedar uang itu makin terasa dibutuhkan. Untuk itu upaya Jababeka menjadikan ini sebagai tempat art exhibition bisa dilakukan secara rutin, sehingga akan menambah sarana bagi para seniman kita untuk berekspresi dan masyarakat bisa menghargai karya-karya seni yang dihasilkan anak bangsa.

“Saya yakin cultul heritage Indonesia itu luar biasa besar, ini akan menjadi inspirasi untuk pengembangan aspek seni dan budaya di masa yang akan datang. Cultul heritage bisa menjadi inspirasi untuk disain berbagai produk yang punya nilai lebih. Pemerintah sangat menghargai Jababeka sebagai pelopor, dan ide seperti ini bisa diadobsi oleh pemerintah untuk mulai memikirkan membuat museum fine art. Untuk itu kami perlu kerja sama dengan dunia usaha supaya museum dan tempat-tempat display seni seperti ini dapat dikelola lebih profesional,” ujar Menteri Agraria.

IAE Menciptakan Cultur Destination

Sebagai pelaku seni, dr Oei Hong Djien sangat berterimakasih kepada S.D. Darmono yang telah mengambil inisiatif menggelar pameran seni sekelas internasional yang di Jakarta pun belum pernah ada seperti ini. “Saya sangat senang karena dunia seni rupa mendapat sarana baru di Jababeka. Saya pikir industrial estate itu pabrik-pabrik dan tidak menarik, tetapi setelah saya berkeliling, ini sudah memenuhi syarat untuk dijadikan cultur destination. Di luar negeri sudah ada wacana berpindahnya event-event seni ke pinggiran kota, kalau ada hotel dan akses transportasi maka itu akan berhasil, dan kota-kota tersebut makin terkenal karena event seninya sebut saja Document Ascaso di Jerman.  Mimpinya Pak Darmono sangat realistis, sehingga dunia seni rupa patut berterimakasih kepada Pak Darmono yang sempat melihat kondisi seniman-seniman Ancol yang harus dibantu. Ini sebagai start yang perlu dilanjutkan,” ungkap pendiri OHD Museum yang memajang 60 karya para maestro Indonesia dalam event IAE ini.

Selain karya lukisan, juga dipamerkan tanaman bonsai super pilihan, guci dari peninggalan Dinasti Ming dan Tang, patung dari kayu, batu dan logam, serta hasil karya ragam batik mahasiswa Program Studi Disain Komunikasi Visual President University. Dalam acara pembukaan juga ditampilkan President University Student Orchestra, Marching Band SMA Presiden dan berbagai tarian etnik dari SD dan SMP Presiden. Lebih spesial lagi persembahan dari Hari Darsono yang memainkan piano dengan sebuah lagu perjuangan.

Jababeka pun menyediakan layanan khusus untuk tamu undangan VIP yang dapat memanfaatkan layanan helikopter (Jakarta-Cikarang-Jakarta), shuttle bus maupun kereta wisata. Bagi tamu-tamu yang sudah hadir juga dimungkinkan untuk melakukan industrial visit ke industri-industri di lingkungan Kawasan Indusri Jababeka, dipandu oleh tim dari Bekasi Industrial Tourism (BIT).

Apresiasi Seni Melalui E-Gallery

Dalam kesempatan terpisah, Shinta Dhanuwardoyo, yang merupakan CEO bubu.com dan sudah 22 tahun menjalani profesi sebagai seorang Digital Entreprenuer menyampaikan ide membuat aplikasi platform E-Gallery atau E- Museum. Menurutnya sebuah ironi, ditengah derasnya perkembangan informasi dan tekhnologi namun karya fenomenal seperti pelukis maestro Affandi, yang terkenal lewat karyanya, Potret diri & Topeng Topeng Kehidupan, hampir tidak pernah diangkat kepermukaan contohnya melalu social media yang sedang marak ini.

“Kita selalu percaya bahwa momentum itu harus diciptakan, seperti Indonesia Art Exhibition yang diselenggarakan ini menjadi momentum agar kita bisa melihat serta menghargai karya-karya mereka semua. Dengan canggihnya platform digital sekarang dan kemudahan bersosial media kita semua dapat lebih mudah mensharing karya- karya seniman maestro Indonesia agar bisa dinikmati oleh siapapun dan dimanapun,” ujar Shinta yang memiliki background pendidikan arsitek.

Untuk itu menurut Shinta, dengan kemajuan teknologi kita harus dapat memanfaatkan dengan memudahkan siapa saja dan dimana saja untuk melihat, mengagumi serta menikmati karya-karya maestro Indonesia ini melalui platform digital seperti dengan membuat aplikasi platform E-Gallery atau E- Museum contohnya. Jadi kedepan kita semua dapat mengakses karya-karya maestro seni rupa Indonesia dengan mudah dan tentunya bisa dinikmati tidak saja warga Indonesia tetapi juga warga dunia secara luas.

Tentunya itu juga akan mengangkat nama Indonesia dikancah internasional melalui karya-karya hebat mereka semua. Sekaligus sebagai ajang pembuktian bahwa karya orang Indonesia dalam dunia seni rupa tidak kalah hebat dengan negara lain didunia. Seperti yang disampaikan S.D. Darmono bahwa Indonesia akan menjadi pemimpin dunia dalam seni rupa. ***

 

banner

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

nisp
4 M Kepada Desa Sukaresmi Aditya Maulana Dari Waitress Hingga Hotel Manager Anggota Sarbumusi Berhak Terima Dana Pensiun 100 Juta Antara Gaya Hidup & Kesehatan Berburu Berkah Di Bulan Ramadhan bioskop cinemaxx BUDIYANTO Cikarang Ditinggal Mudik CSR Kabupaten Bekasi Dadali Hibur Anak Yatim Cikarang Daeng Muhammad Bangun Masjid Talagamanggung di Pebayuran Demokrasi Mini Ala Warga "Berlian" Faber Castell Memperluas Pabrik di MM2100 GABUNGAN OPERATOR TV KABEL INDONESIA DEKLARASI GERAKAN NASIONAL TAYANG FTA GRATIS Gema Ramadhan dan Idul Fitri LPPM Jababeka Glorious Ramadan at Mal Lippo Cikarang GROUND BREAKING MAYFAIR Estate & Parklands di Jababeka Residence Hipertensi : Masalah Serius Pada Generasi Muda Hotel Sahid Jaya Lippo Cikarang Santuni 100 Anak Yatim Java Palace Hotel KAMPUNG HALAMAN Kapolresta Bekasi Tinjau Kesiapan Personil Amankan Mudik 2015 Kemilau Ramadhan 2015 Jababeka Residence Kodim Kawal Kegiatan Gemar Membaca Komunitas BerbagiNasi Cikarang dan Coca-Cola Amatil Indonesia Gelar Berbagi Ceria di Bulan Ramadhan Komunitas Peduli Cikarang Peduli Yatim Piatu Dan Lingkungan LATIN NIGHT BARBECUE @ GRANDE VALORE HOTEL – JABABEKA LEBARAN MENGINAP GRATIS DI HOTEL SANTIKA CIKARANG Lippo Cikarang Serahkan Bantuan Senilai 4 Papinka Goyang Basecamp NCRadio Pemasangan Kawat Gigi Penampilan Memukau Para Siswa Berkebutuhan Khusus President Special Needs Centre (PSNC) Pencegahan Penyakit Akibat Kerja PROMO “BERKAH RAMADHAN” Hotel Santika Cikarang PSNC Siapkan Pengembangan Anak Berkebutuhan Khusus Usia Dewasa PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) PT Cameron Services International Lulus Sertifikasi OHSAS 18001:2007 & SMK3 PT Trans Jakarta Luncurkan Bus Tingkat Pariwisata Tematik Rira GreenPark Kembangkan Cluster Perkantoran Dan Pergudangan Khusus UKM Samsung Siap Produksi Ponsel dan Tablel Sebanyak 1 Juta/Bulan Sekjen Aspelindo : Pemda Harus Siapkan SDM Lokal Hadapi MEA Soft Opening Batiqa Hotel Suzuki Tambah Investasi Tasyakuran Kelulusan Siswa SDIT An Nur Angkatan Kesembilan Wisuda Ke-10 President University