Published On: Thu, Aug 13th, 2015

Self Sugestion

banner

Sebagai manusia kita memang harus menentukan tujuan hidup dan nasib kita sendiri, meskipun kita tidak dapat merubah suratan takdir yang menjadi hak tunggal Tuhan Semesta Alam, akan tetapi kita juga wajib menentukan arah kehidupan yang akan kita tempuh sebagai jalan hidup.anto

Untuk mencapai tujuan, perlu Rencana Strategis (Renstra) berupa membuat program dari diri kita, otak, hati, pikiran dan semua organ tubuh agar selaras dan harmonis dalam proses pencapaian tujuan tersebut. Yakinlah Tuhan akan mengikuti bagaimana prasangka hambanya.

Perlu diketahui otak manusia terbagi dalam gelombang energi yang dihasilkan dalam ukuran cycle per second (cps), gelombang tersebut tergantung dengan kondisi kerja otak, Betha 13-28 cps (dalam keadaan sangat aktif bekerja, berkonsentrasi penuh), Alpha 7-12 cps (dalam keadaan aktif tetapi relaks, tenang), Tetha 4-7 cps (menjelang tidur atau tidur dengan mimpi), Deltha 0-4 cps (dalam keadaan tidur nyenyak tanpa bermimpi).

Dalam kondisi relaks dan tenang sebenarnya kita dapat memasukan program hidup sesuai dengan sasaran yang hendak kita capai. Karena dalam kondisi demikian pikiran bawah sadar akan lebih aktif sehingga dapat memacu peran kerja organ tubuh lebih maksimal, seperti merekam seluruh peristiwa yang kita alami, merespon semua keinginan, gagasan dalam hati dan menselaraskan dengan kerja seluruh fungsi bagian tubuh seperti peredaran darah, detak jantung, mengurangi rasa lelah dan sebagainya. Hal tersebut dapat menjadikan segala sesuatu yang benar-benar kita pikirkan dan inginkan akan dapat terwujud. Berkat kerjasama selaras antara otak, hati dan organ tubuh lain, hingga memungkinkan kita dapat mengakses infinite intelegence (kecerdasan tanpa batas).

Hipnosis

Dalam suatu proses Hipnosis, seorang subjek dapat diberi perintah atau informasi sesuai dengan yang diinginkan hanya bila dalam keadaan “hypnos” yaitu kondisi dimana fungsi critical area pikiran sadar (conscious) melemah sehingga fungsi sub conscious (pikiran bawah sadar) berperan lebih aktif. Dalam kondisi ini semua batasan yang selama ini menjadi momok yang menghalangi kita untuk maju seperti ; saya tidak mungkin bisa mengerjakan hal tersebut karena saya belum berpengalaman, mana mungkin kita bisa kuliah karena tidak punya biaya, kita kan orang miskin, orang bodoh dan batasan-batasan lainnya yang tanpa sadar telah menjadi andalan kita ketika menemui suatu permasalahan.

Memang dalam pikiran sadar yang mengacu pada logika normatif akan sulit bagi seseorang mengerjakan sesuatu yang belum pernah dilakukannya, kalau pun bisa pasti akan berakhir dengan kegagalan, secara matematis kuliah membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Akan tetapi kita tidak akan pernah tahu apapun sebelum kita melakukannya terlebih dahulu, semua batasan tersebut hanya akan menghambat diri kita dalam proses pembelajaran.

Namun perlu dijaga ketika memasukkan program dalam pikiran bawah sadar jangan sampai ada unsur negatif yang dapat mengotori kerja software tersebut seperti, prasangka buruk, pesimistis. Karena pikiran bawah sadar bekerja secara otomatis berdasarkan apa yang kita yakini atau setting sebelumnya, tanpa mengenal sistem nilai baik dan buruk, nyata atau tidak, mungkin atau mustahil, semua hal akan dijalankan sesuai manual input yang kita berikan selama hal-hal tersebut tidak bertentangan satu sama lain. Sehingga makin sering input atau suatu program dilakukan berulang-ulang, maka semakin kuat pikiran bawah sadar akan memprosesnya.

Teknik hipnosis atau memasukkan pernyataan sugesti ke dalam pikiran bawah sadar dilakukan dengan Relaksasi, dengan menurunkan gelombang otak ke kondisi alpha. Penurunan ini dapat dilakukan dengan memposisikan tubuh senyaman mungkin pada tempat dan suasanya yang nyaman dan tenang, bernafas secara alami, perlahan dan meresapi setiap tarikan dan hembusan nafas hingga ke aliran darah di seluruh tubuh. Semakin nyaman dan tenang, kerja organ tubuh akan berkurang akan tetapi fungsi gelombang alpha akan lebih dominan.

Afirmasi, memberikan pernyataan berupa kalimat-kalimat positif dengan bahasa yang lugas mudah untuk anda mengerti yang mengarah pada tujuan yang hendak dicapai, dilakukan dengan diucapkan dengan jelas dan diresapi dalam hati. Pernyataan kalimat positif tersebut dilakukan berulang-ulang, sehingga memperkuat penanaman program sugesti tersebut semakin mendalam di pikiran bawah sadar. Saya orang baik, saya mampu memecahkan masalah, saya orang sabar, saya senang hidup berhemat.

Visualisasi, membuat gambaran atau membayangkan bahwa kita telah menjadi atau telah melakukan sugesti dari pernyataan positif yang tadi telah diucapkan. Rasakan bagaimana anda seolah-olah telah melakukan dan menjadi apa yang anda inginkan, rasa puas, gembira, nikmatnya hasil usaha yang anda peroleh. Gambaran suasana tersebut akan memperdalam pikiran bawah sadar menerima sugesti tadi dan menjadikan suatu keyakinan baru dalam diri anda yang kemudian akan membuat pola pikir kita terarah pada pencapaian tujuan.

Konsep NLP

Demikian pula dalam konsep NLP ( Neuro Linguistic Programm ) yang dapat dipelajari dari buku NLP The New Technology of Achievement nya Steve Andreas dan Charles Faulker, dikatakan bahwa terdapat teknik-teknik bagaimana mensinkronisasikan antara apa yang dipikirkan oleh otak manusia dan bagaimana merealisasikannya dalam bentuk tindakan-tindakan. Neuro atau sel syaraf mampu mencatat dan merekam begitu banyak peristiwa menjadi suatu stimuli dalam pikiran kita, kemudian dengan bantuan linguistic atau bahasa maka kita dapat merepresentasikan atau menggambarkan ulang stimuli yang berupa kumpulan peristiwa-peristiwa tersebut secara tersusun lengkap dan jelas,

Mudahnya begini, sel syaraf kita mencatat semua detail keindahan pantai Kuta Bali di sore hari, mulai dari keindahan warna sunset, deburan ombak, pasir putih yang bersih, hembusan angin yang lembut dan lainnya. Semua peristiwa itu secara detail kita rekam dalam pikiran, kemudian keesokan harinya kita bisa memvisualisasikan keindahan tersebut pada orang lain dengan bantuan bahasa (linguist) dengan susunan dan pemilihan bahasa yang baik dan tepat, sehingga orang yang kita ceritakan akan dapat mengangkap atmosfir suasana tersebut dengan mudah.

Tahap berikutnya kita perlu melakukan setting ulang dengan memprogram goal apa yang akan kita capai keadalam pikiran kita. Dengan memprogram tujuan, maka kita akan membuat dan menanamkan pola-pola tertentu dalam syaraf pikiran kita berupa tahapan, tindakan positif yang sejalan dengan tujuan tersebut yang harus dilakukan guna pencapaian tujuan, bagaimana cara kita memprogram pikiran kita ?, maka itulah hasil yang akan kita dapatkan.

Bayangkan kita bisa menjadi berkembang lebih baik dan sukses hanya dengan memasukkan program ke dalam otak kita sendiri “ saya bisa sukses “, sangat rugi bila tidak segera kita lakukan sekarang juga, gratis !

Nama              : Anto Rohmawan, Hi Impact Trainer dan Dosen FISIP Universitas 17 Agustus 45 Jakarta. Email : advisorhr@yahoo.com

banner

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

nisp
4 M Kepada Desa Sukaresmi Aditya Maulana Dari Waitress Hingga Hotel Manager Anggota Sarbumusi Berhak Terima Dana Pensiun 100 Juta Antara Gaya Hidup & Kesehatan Berburu Berkah Di Bulan Ramadhan bioskop cinemaxx BUDIYANTO Cikarang Ditinggal Mudik CSR Kabupaten Bekasi Dadali Hibur Anak Yatim Cikarang Daeng Muhammad Bangun Masjid Talagamanggung di Pebayuran Demokrasi Mini Ala Warga "Berlian" Faber Castell Memperluas Pabrik di MM2100 GABUNGAN OPERATOR TV KABEL INDONESIA DEKLARASI GERAKAN NASIONAL TAYANG FTA GRATIS Gema Ramadhan dan Idul Fitri LPPM Jababeka Glorious Ramadan at Mal Lippo Cikarang GROUND BREAKING MAYFAIR Estate & Parklands di Jababeka Residence Hipertensi : Masalah Serius Pada Generasi Muda Hotel Sahid Jaya Lippo Cikarang Santuni 100 Anak Yatim Java Palace Hotel KAMPUNG HALAMAN Kapolresta Bekasi Tinjau Kesiapan Personil Amankan Mudik 2015 Kemilau Ramadhan 2015 Jababeka Residence Kodim Kawal Kegiatan Gemar Membaca Komunitas BerbagiNasi Cikarang dan Coca-Cola Amatil Indonesia Gelar Berbagi Ceria di Bulan Ramadhan Komunitas Peduli Cikarang Peduli Yatim Piatu Dan Lingkungan LATIN NIGHT BARBECUE @ GRANDE VALORE HOTEL – JABABEKA LEBARAN MENGINAP GRATIS DI HOTEL SANTIKA CIKARANG Lippo Cikarang Serahkan Bantuan Senilai 4 Papinka Goyang Basecamp NCRadio Pemasangan Kawat Gigi Penampilan Memukau Para Siswa Berkebutuhan Khusus President Special Needs Centre (PSNC) Pencegahan Penyakit Akibat Kerja PROMO “BERKAH RAMADHAN” Hotel Santika Cikarang PSNC Siapkan Pengembangan Anak Berkebutuhan Khusus Usia Dewasa PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) PT Cameron Services International Lulus Sertifikasi OHSAS 18001:2007 & SMK3 PT Trans Jakarta Luncurkan Bus Tingkat Pariwisata Tematik Rira GreenPark Kembangkan Cluster Perkantoran Dan Pergudangan Khusus UKM Samsung Siap Produksi Ponsel dan Tablel Sebanyak 1 Juta/Bulan Sekjen Aspelindo : Pemda Harus Siapkan SDM Lokal Hadapi MEA Soft Opening Batiqa Hotel Suzuki Tambah Investasi Tasyakuran Kelulusan Siswa SDIT An Nur Angkatan Kesembilan Wisuda Ke-10 President University