Published On: Wed, Aug 3rd, 2016

Serbuan Tenaker Asing

banner

Sebagai kawasan industri maka Cikarang menjadi tujuan investasi yang sangat menarik, baik bagi investor lokal maupun asing. Ada 30 negara yang menanamkan modalnya di sini, bahkan tidak hanya membawa uang, mereka juga mengajak tenaga kerja dari negaranya.

Keberadaan tenaga kerja asing sudah dirasakan sejak kawasan industri ini didirikan 27 tahun yang lalu. Mereka biasanya menempati level yang tinggi dalam manajemen perusahaan, atau posisinya sebagai tenaga kerja ahli. Hingga kini jumlah tenaga kerja asing yang tercatat oleh Disnaker Kabupaten Bekasi (data bulan Maret 2016) sekitar 2.589 yang didominasi oleh tenaker asal Jepang, kemudian disusul Korea Selatan, China dan Eropa.

Keberadaan mereka tidak terlalu merisaukan bagi tenaga kerja lokal, selain jumlahnya sedikit dibandingkan tenaker lokal yang mencapai ratusan ribu, juga hal tersebut dapat dipahami sebagai konsekwensi dari investasi asing masuk. Pasti para investor membutuhkan orang yang mereka percaya untuk menjalankan roda perusahaan, dan itu tentu berasal dari negara yang sama. Meski dalam perkembangannya, banyak orang kita yang mulai dipercaya oleh investor asing untuk ditempatkan di posisi yang strategis. Kolaborasi tenaker asing dan lokal sudah berjalan baik selama ini.

Sebenarnya persoalan yang sering muncul adalah adanya kesenjangan di antara tenaga kerja lokal, dalam hal ini tenaker asli daerah Bekasi dan tenaker pendatang dari luar kota. Sering kali masyarakat asli berunjuk rasa menuntut agar warganya bisa banyak terserap di kawasan industri. Namun dalam kenyataannya mereka kalah bersaing dengan pendatang yang setiap tahun menyerbu Cikarang. Setiap perusahaan dalam perekrutan tenaker tentunya berdasarkan kompetensi dan kebutuhan, artinya tidak membedakan asal daerah mana. Inilah yang menjadi persoalan Pemkab Bekasi untuk dapat meningkatkan kompetensi tenaker asli Bekasi, baik melalui pendidikan dan pelatihan formal maupun informal.

Belum lagi persoalan tersebut teratasi, beberapa bulan ini muncul banyak rumor adanya puluhan juta tenaga kerja asal China yang akan menyerbu Indonesia. Kalau pun rumor tersebut benar, tentunya dilihat dulu apakah memenuhi persyaratan atau ketentuan yang berlaku di Indonesia. Juga harus ada pengawasan ketat dari pihak terkait, apakah mereka masuk dengan legal atau ilegal. Kita harus menyadari di era globalisasi dan setelah pemberlakuan MEA, pemerintah tidak bisa melarang orang asing bekerja di Indonesia. Diketahui juga ada jutaan TKI yang mengadu nasib di negeri orang, dimana yang paling banyak di Malaysia.

Kuncinya adalah bagaimana SDM kita harus ditingkatkan kompetensi dan produktifitas kerjanya, agar tidak tergusur oleh tenaker asing terutama dari China yang terkenal ulet dan rajin. Kemudian perlu memberikan pembatasan bagi perusahaan yang mempekerjakan tenaker asing, dengan model perbandingan. Misal 1 : 100, dimana ada 100 tenaker lokal, diperbolehkan ada 1 tenaker asing. Selain itu, posisi tenaker asing diutamakan adalah staf ahli, sehingga bisa terjadi transfer ilmu. (red)

banner

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

nisp
4 M Kepada Desa Sukaresmi Aditya Maulana Dari Waitress Hingga Hotel Manager Anggota Sarbumusi Berhak Terima Dana Pensiun 100 Juta Antara Gaya Hidup & Kesehatan Berburu Berkah Di Bulan Ramadhan bioskop cinemaxx BUDIYANTO Cikarang Ditinggal Mudik CSR Kabupaten Bekasi Dadali Hibur Anak Yatim Cikarang Daeng Muhammad Bangun Masjid Talagamanggung di Pebayuran Demokrasi Mini Ala Warga "Berlian" Faber Castell Memperluas Pabrik di MM2100 GABUNGAN OPERATOR TV KABEL INDONESIA DEKLARASI GERAKAN NASIONAL TAYANG FTA GRATIS Gema Ramadhan dan Idul Fitri LPPM Jababeka Glorious Ramadan at Mal Lippo Cikarang GROUND BREAKING MAYFAIR Estate & Parklands di Jababeka Residence Hipertensi : Masalah Serius Pada Generasi Muda Hotel Sahid Jaya Lippo Cikarang Santuni 100 Anak Yatim Java Palace Hotel KAMPUNG HALAMAN Kapolresta Bekasi Tinjau Kesiapan Personil Amankan Mudik 2015 Kemilau Ramadhan 2015 Jababeka Residence Kodim Kawal Kegiatan Gemar Membaca Komunitas BerbagiNasi Cikarang dan Coca-Cola Amatil Indonesia Gelar Berbagi Ceria di Bulan Ramadhan Komunitas Peduli Cikarang Peduli Yatim Piatu Dan Lingkungan LATIN NIGHT BARBECUE @ GRANDE VALORE HOTEL – JABABEKA LEBARAN MENGINAP GRATIS DI HOTEL SANTIKA CIKARANG Lippo Cikarang Serahkan Bantuan Senilai 4 Papinka Goyang Basecamp NCRadio Pemasangan Kawat Gigi Penampilan Memukau Para Siswa Berkebutuhan Khusus President Special Needs Centre (PSNC) Pencegahan Penyakit Akibat Kerja PROMO “BERKAH RAMADHAN” Hotel Santika Cikarang PSNC Siapkan Pengembangan Anak Berkebutuhan Khusus Usia Dewasa PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) PT Cameron Services International Lulus Sertifikasi OHSAS 18001:2007 & SMK3 PT Trans Jakarta Luncurkan Bus Tingkat Pariwisata Tematik Rira GreenPark Kembangkan Cluster Perkantoran Dan Pergudangan Khusus UKM Samsung Siap Produksi Ponsel dan Tablel Sebanyak 1 Juta/Bulan Sekjen Aspelindo : Pemda Harus Siapkan SDM Lokal Hadapi MEA Soft Opening Batiqa Hotel Suzuki Tambah Investasi Tasyakuran Kelulusan Siswa SDIT An Nur Angkatan Kesembilan Wisuda Ke-10 President University