Published On: Mon, Apr 24th, 2017

Si Jago Renang Yang Menguasai 5 Bahasa

banner

Si Jago Renang Yang Menguasai 5 Bahasa

Sebagai anak dari seorang diplomat yang sering ditugaskan di berbagai negara, maka sudah menjadi sebuah kebutuhan untuk bisa menguasai berbagai bahasa, terutama bahasa yang sering dipakai dalam pergaulan internasional. Seperti yang dialami oleh Edwina Araini Setiawan, putri dari Lingga Setiawan seorang diplomat yang bekerja di Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia.  edwina mahasiswa PU

Ada lima bahasa yang dikuasai mahasiswi jurusan Hubungan Internasional (HI) President University ini, yaitu Inggris, Perancis, Spanyol, Indonesia dan Jepang. Bahkan akan belajar juga Bahasa Mandarin. Putri pertama dari dua bersaudara ini lahir di Brussels, Belgia 25 Februari 1998. “Papa saya seorang diplomat, jadi sering pindah-pindah negara. Dan saat ditempatkan di Eropa, saya lahir. Di Eropa hanya 2 tahun, kemudian pindah ke Amerika 4 tahun, berlanjut ke Mexico 4 tahun. Akhirnya balik ke Indonesia saat saya duduk di SMP kelas 3,” ungkap Edwina.

Menurut penuturan Edwina yang ternyata jago renang, alasan kuliah di President University karena  universitas yang kampusnya berada di Kota Jababeka, Cikarang ini full berbahasa Inggris, dan memang dari kecil terbiasa menggunakan Bahasa Inggris. Sementara memilih jurusan HI karena cita-citanya ingin menjadi seorang diplomat seperti ayahnya.

Lingga Setiawan merupakan sosok ayah yang menjadi inspirasi dan motivasi bagi Edwina. Selain cita-cita yang ingin menjadi diplomat seperti ayahnya, untuk urusan hobi pun ternyata sama, yaitu olah raga renang. “Saya memilih renang karena sebagai olahraga yang paling menarik bagi saya. Apalagi dari kecil sering dibawa ke kolam renang oleh papa saya yang hobinya juga berenang. Saya pernah ikut renang kelompok umur 5 tahun, kemudian 12 tahun dan sekarang ikut club renang IR PU (International Relations President University),” ujar Edwina yang memiliki prestasi di olah raga renang, seperti juara 2 lomba renang Butterfly di Greengates School Mexico, Juara 1 Freestyle di Greengates School Mexico,  Juara 3 single Females Sport Olympiad of President University (SOPU) dan Juara 1 Relay Females SOPU.

Prestasi di olah raga renang tidak lepas dari peran orang tua khususnya sang ayah. “Peran orang tua saya cukup besar. Mereka selalu mendorong saya untuk berenang karena mereka percaya bahwa olahraga itu bagus untuk menghilangkan stres. Our brain has to be balanced, academic and non academic are both important. Papa saya selalu bilang “if you can swim faster than me, you can call yourself a swimmer. Papa saya adalah inspirasi saya. Sampai sekarang pun saya  tidak bisa berenang lebih cepat dari papa,” ungkap Edwina yang juga terinspirasi dari Eka Rumanitha, yang tak lain adalah sang Bunda.

“Mama saya sosok wanita karir yang mengajarkan saya jadi independen dan pintar. Selain itu, Mama selalu ada untuk saya ketika ada kelas renang atau aktifitas lainnya seperti kelas musik,” ujar Edwina.

Selain renang, gadis dengan motto hidup “Work hard and travel the world” ini ternyata punya hobi lain yang berkaitan dengan seni. “Saya senang menggambar sketsa, digital art, musik (piano, violin, guitar), ballroom dance, nulis novel dan membaca.  Semua yang termasuk “seni” itu hobby saya. Lukisan saya ada banyak, pernah buat lagu judulnya “My Melody” yang ditampilkan pada perpisahan SMP. Ada beberapa artikel dan cerpen yang belum dipublish. Dance saya tampil di beberapa acara Internal PU, dan rencananya mau ikut lomba PU Got Talent yang akan datang,” ujar mahasiswi yang juga aktif berorganisasi ini. Tercatat Edwina pernah ikut International Office, FPCI (Foreign Policy Community of Indonesia), member AIESEC, dan member PU Model United Nations.

Edwina adalah sosok yang suka berinteraksi dengan orang guna memperluas networking yang akan berguna pada saat kerja nanti. “Orang tua saya sadar betul bahwa aktivitas akademik dan non akademik sama pentingnya. Yang akademik saya belajar banyak bahasa yang akan berguna saat menjadi seorang  diplomat. Saya bisa bahasa Inggris, Perancis, Spanyol, Indonesia, Jepang, dan akan belajar Mandarin. Jadi diplomat, karena saya ingin membantu indonesia maju,” tegas Edwina. (kr)

banner

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

nisp
4 M Kepada Desa Sukaresmi Aditya Maulana Dari Waitress Hingga Hotel Manager Anggota Sarbumusi Berhak Terima Dana Pensiun 100 Juta Antara Gaya Hidup & Kesehatan Berburu Berkah Di Bulan Ramadhan bioskop cinemaxx BUDIYANTO Cikarang Ditinggal Mudik CSR Kabupaten Bekasi Dadali Hibur Anak Yatim Cikarang Daeng Muhammad Bangun Masjid Talagamanggung di Pebayuran Demokrasi Mini Ala Warga "Berlian" Faber Castell Memperluas Pabrik di MM2100 GABUNGAN OPERATOR TV KABEL INDONESIA DEKLARASI GERAKAN NASIONAL TAYANG FTA GRATIS Gema Ramadhan dan Idul Fitri LPPM Jababeka Glorious Ramadan at Mal Lippo Cikarang GROUND BREAKING MAYFAIR Estate & Parklands di Jababeka Residence Hipertensi : Masalah Serius Pada Generasi Muda Hotel Sahid Jaya Lippo Cikarang Santuni 100 Anak Yatim Java Palace Hotel KAMPUNG HALAMAN Kapolresta Bekasi Tinjau Kesiapan Personil Amankan Mudik 2015 Kemilau Ramadhan 2015 Jababeka Residence Kodim Kawal Kegiatan Gemar Membaca Komunitas BerbagiNasi Cikarang dan Coca-Cola Amatil Indonesia Gelar Berbagi Ceria di Bulan Ramadhan Komunitas Peduli Cikarang Peduli Yatim Piatu Dan Lingkungan LATIN NIGHT BARBECUE @ GRANDE VALORE HOTEL – JABABEKA LEBARAN MENGINAP GRATIS DI HOTEL SANTIKA CIKARANG Lippo Cikarang Serahkan Bantuan Senilai 4 Papinka Goyang Basecamp NCRadio Pemasangan Kawat Gigi Penampilan Memukau Para Siswa Berkebutuhan Khusus President Special Needs Centre (PSNC) Pencegahan Penyakit Akibat Kerja PROMO “BERKAH RAMADHAN” Hotel Santika Cikarang PSNC Siapkan Pengembangan Anak Berkebutuhan Khusus Usia Dewasa PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) PT Cameron Services International Lulus Sertifikasi OHSAS 18001:2007 & SMK3 PT Trans Jakarta Luncurkan Bus Tingkat Pariwisata Tematik Rira GreenPark Kembangkan Cluster Perkantoran Dan Pergudangan Khusus UKM Samsung Siap Produksi Ponsel dan Tablel Sebanyak 1 Juta/Bulan Sekjen Aspelindo : Pemda Harus Siapkan SDM Lokal Hadapi MEA Soft Opening Batiqa Hotel Suzuki Tambah Investasi Tasyakuran Kelulusan Siswa SDIT An Nur Angkatan Kesembilan Wisuda Ke-10 President University