Published On: Fri, Jan 26th, 2018

SIAP MANJAKAN INVESTOR DENGAN INFRASTRUKTUR NOMOR WAHID, JABABEKA LUNCURKAN KAWASAN INDUSTRI TAHAP 8

banner

Sejak tahun 1989, kawasan Kota Jababeka terus berkembang hingga kini total luas wilayahnya mencapai 5.600 hektar, menjadikan kawasan Kota Jababeka sebagai salah satu yang terluas di Asia Tenggara. Sebagai pionir kawasan industri swasta di Indonesia, perkembangan kawasan industri Jababeka tak lepas dari semakin lengkapnya infrastruktur di sekitar Kota Jababeka. Saat ini tercatat lebih dari 1.650 perusahaan multinasional lebih dari 30 negara menjadi tenant di kawasan industri Jababeka di Cikarang, Bekasi, serta 730.000 pekerja dan 10.000 ekspatriat di area tersebut.Brosur Lipat 4 Industri (FINAL)

Bagi para investor, kawasan industri Jababeka di tahun 2018 mulai membuka tahap baru yaitu tahap 8 dimana tanah kavling yang sudah siap untuk di pasarkan sebesar 20 ha pada awal tahun ini, Jababeka tahap 8 ini diperkirakan sampai 100 ha, tanah kavling yang akan ditawarkan mulai dari seluas 8.000 m2. Selain tanah kavling, kawasan industri Jababeka juga mengeluarkan produk-produk bangunan industri untuk beragam kebutuhan. Salah satu produk terbaru yang diluncurkan pada 2018 ini adalah Jababeka BizPark 2 untuk melanjutkan kesuksesan Jababeka Bizpark pertama yang telah habis terjual pada tahun 2017. Inilah bangunan multiguna dan modern di Cikarang seluas 162 meter persegi, dengan harga mulai Rp 1,8 miliar.

Beberapa bangunan industri yang lebih luas juga ditawarkan di kawasan industri Jababeka. Sebut saja Premium Standard Factory Building (SFB) dengan luas bangunan 1.035 m2 dan luas tanah mulai 1.426 m2, dengan harga mulai Rp 13 miliar. SFB cocok untuk industri manufaktur, elektronik, dan otomotif. Kemudian terdapat bangunan dengan konsep 3 in 1 yaitu New Three in One Building (TOB). TOB bisa berfungsi sebagai kantor, gudang, dan workshop sekaligus. Dengan luas bangunan 453 m2 dan luas tanah mulai 540 m2, TOB ditawarkan mulai Rp 4,5 miliar. Bagi home industry, terdapat produk Supporting Industrial Building (SIB) dengan luas bangunan 155 m2 dan luas tanah 411 m2, harga mulai Rp 3 miliar.

Pembangunan infrastruktur di kawasan menjadi kunci dinamisnya perkembangan kawasan industri Jababeka. Infrastruktur dalam kawasan dikembangkan secara inhouse, seperti pembangkit listrik (power plant) berdaya 130 MW yang dikelola oleh PT Bekasi Power, anak usaha PT Jababeka Tbk. Pembangkit listrik yang resmi beroperasi pada awal 2013 ini dilengkapi dengan peralatan berstandar internasional serta pasokan gas yang melimpah untuk menjamin kelangsungan operasi Uninterruptible Power Supply (UPS) bagi tujuh kawasan industri di wilayah timur Jakarta, terutama kawasan industri Jababeka. Melalui kerjasama operasional dengan PLN, Bekasi Power turut mendukung program pemerintah dalam penyebaran listrik di kawasan-kawasan industri yang terletak di koridor Bekasi dan Karawang. Untuk memenuhi kebutuhan tenant yang semakin bertambah, Bekasi Power berencana untuk menambah daya sebanyak dua kali lipat dari yang tersedia.

Selain pembangkit listrik, Jababeka juga mengembangkan fasilitas logistik yang melayani kegiatan ekpor-impor selain distribusi domestik, yaitu Cikarang Dry Port. Cikarang Dry Port merupakan yang pertama dan satu-satunya Kawasan Pelayanan Pabean Terpadu (KPPT) di Indonesia, yang memungkinkan aktivitas bea cukai ekspor-impor dapat diselesaikan dalam kawasan industri Jababeka. Sebagai perpanjangan dari pelabuhan internasional Tanjung Priok, Cikarang Dry Port memiliki kode pelabuhan internasional IDJBK. Sejak dibangun tahun 2011, Cikarang Dry Port memiliki kapasitas sampai 250.000 TEUs dan fasilitas komprehensif seperti pergudangan dan depot kontainer. Pada awal 2016 Cikarang Dry Port telah ditetapkan pemerintah sebagai salah satu pelaksana Pusat Logistik Berikat (PLB) di Indonesia. Bersama Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API), Cikarang Dry Port mengembangkan pusat logistik untuk komoditas kapas.

Dinamisnya perkembangan di kawasan industri Jababeka tak lepas dari semakin terbukanya akses dari dan menuju ke kawasan tersebut. Saat ini Cikarang hanya terpaut 35 km dari Jakarta atau dengan waktu tempuh sekitar 45 menit. Cikarang juga memiliki keunggulan karena dekat dengan Bandara Halim Perdana Kusuma, Bandara Soekarno-Hatta dan Pelabuhan Tanjung Priok. Sementara itu rencana pembangunan infrastruktur Pelabuhan Patimban di Subang dan Bandara Kertajati di Majelengka, Jawa Barat, akan mempercepat pengembangan kawasan industri di daerah Cikarang (Bekasi), Karawang, dan sekitarnya. kedua infrastruktur strategis itu juga akan terkoneksi dengan akses jalan tol sehingga dapat memperlancar jalur logistik dari kawasan industri di daerah Cikarang-Karawang, sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi kawasan.

Selain diakses melalui dua pintu tol yakni KM 31 Cikarang Barat dan KM 34,7 Cibatu, Kota Jababeka juga sangat dekat dengan dua stasiun kereta api yang nantinya akan dilintasi Commuter Line yakni stasiun Lemahabang dan stasiun Cikarang. Bahkan, stasiun Cikarang nantinya akan menjadi hub station untuk kereta-kereta dari Jawa dan Bandung, termasuk rencana pembukaan pintu tol KM 29 yang direncanakan akan dilakukan di tahun 2017 menuju Kota Jababeka.

Kawasan Industri Jababeka sangat diuntungkan karena pemerintah saat ini memfokuskan pengembangan infrastruktur di timur Jakarta, termasuk area Jababeka, seperti rencana pembangunan dua stasiun Commuter Line Jabodetabek di Cikarang Utara, dekat Kota Jababeka, termasuk jalur MRT (mass rapid transit) jalur Balaraja – Cikarang yang direncakanan mulai dibangun pada tahun 2020, LRT (light rail transit) yang sudah mulai dibangun dari Jakarta – Bekasi Timur, jalan tol layang (elevated toll road) Jakarta – Cikampek dari KM 8 sampai KM 45 yang pembangunannya sudah dimulai pada bulan Maret 2017, dan kereta cepat  (high speed train) yang melintasi kawasan Cikarang

Keunggulan lainnya adalah fasilitas lingkungan kawasan industri yang lengkap. Jababeka memiliki pengolahan air bersih (water treatment plant) yang hasilnya disalurkan untuk sektor industri dan hunian, serta terdapat pengolahan air limbah (waste water treatment plant) yang dikelola oleh anak usaha lainnya, PT Jababeka Infrastruktur. Dua fasilitas pengolahan air limbah memiliki kapasitas sampai 42.000 meter kubik, sementara satu fasilitas pengolahan air bersih memiliki kapasitas 80.000 meter kubik. PT Jababeka Infrastruktur juga mengembangkan fasilitas fiber optic, yang memudahkan tenant untuk berhubungan antara kantor cabang dan kantor pusat atau juga Data Center. Dengan memanfaatkan teknologi jaringan serat optik atau fiber optic dengan kapasitas bandwidth lebih besar hingga mencapai gigabit dan kualitas jaringan prima hingga 99,5%. Layanan ini sangat cocok untuk perusahaan-perusahaan yang membutuhkan akses internet tinggi.

Kawasan Industri Jababeka juga termasuk kawasan yang ditunjuk pemerintah untuk menjalankan program Kemudahan Layanan Investasi Langsung Konstruksi (KLIK) yang diluncurkan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) RI.  Melalui program KLIK ini, investor yang telah mengantongi izin prinsip atau izin investasi, diperkenankan untuk langsung memulai konstruksi pabriknya sambil mengurus izin-izin lain izin lain seperti Izin Mendirikan Bangunan, Izin Lingkungan—amdal, UKL/UPL, dan berbagai izin pelaksanaan daerah. Pelaksanaan program ini didukung oleh sudah tersedianya cabang institusi pemerintah di dalam kawasan industri Jababeka, seperti Kantor Pelayanan Pajak Pratama, Polresta Bekasi, serta Makorem TNI AD.

Terkait fasilitas kesehatan, mengusung konsep Medical City saat ini sudah beroperasi tiga Rumah Sakit bertaraf nasional yaitu RS Permata Keluarga, RS Harapan Keluarga, dan RS Mitra Keluarga. Sementara, untuk fasilitas pendidikan telah berdiri 16 lembaga pendidikan berstandar nasional maupun internasional, diantaranya; Al-Azhar, BPK Penabur, Santo Leo dan sekolah lainnya. Termasuk, fasilitas pendidikan yang dikembangkan oleh Jababeka yaitu SD President –President University yang tercatat memiliki 7.000 mahasiswa aktif.

Untuk fasilitas komersial, hingga saat ini telah berdiri sembilan hotel di Kota Jababeka seperti Holiday Inn, Horison, Fave Hotel, Batiqa, dan beberapa hotel lainnya, termasuk yang dikembangkan perseroan seperti President Executive Club (PEC). Berbagai kantor cabang Bank nasional seperti Mandiri, BNI, BCA, Permata.

Tak hanya itu, seluruh area Kota Jababeka juga dilengkapi 28 hypermarket dan supermarket, mulai dari Farmers Market, dan Giant. Berbagai fasilitas kuliner dan restoran di Hollywood Junction dengan tenant-tenant ternama seperti J.Co, Bread Talk, Sapo Oriental, Sate Khas Senayan, A&W, D’Cost, Bari Uma Ramen dan Solaria. Sedangkan untuk restoran cepat saji meliputi McDonald’s, Domino’s Pizza, dan ratusan restoran lokal lainnya yang tersebar pada 25 ribu unit ruko komersial yang telah terbangun.Kawasan Jababeka Residence juga dilengkapi oleh berbagai fasilitas olahraga dan rekreasi meliputi Jababeka Golf & Country Club, D’ Warriors Outbond, Stadion Wibawa Mukti Jababeka serta venue acara skala besar, Jababeka Convention Center.

Lengkapnya berbagai fasilitas di kawasan menjadikan Kota Jababeka sebagai tempat berbisnis ideal bagi para investornya. Selama 27 tahun, tercatat lebih dari 1.650 perusahaan multinasional bernaung di kawasan Kota Jababeka. Kehadiran perusahaan-perusahaan bernama besar seperti Mattel, Unilever, Samsung, L’Oreal, Kao, AkzoNobel, Kawan Lama, dan masih banyak lainnya turut berkontribusi dalam meyakinkan investor untuk menanamkan modal di Indonesia.

“Pengembangan dalam beberapa tahun terakhir telah menunjukkan progress yang sangat baik bagi kawasan industri Jababeka. Hal ini terlihat dari pembangunan fasilitas komersial yang lengkap dan variasi produk properti yang banyak untuk hunian maupun investasi di kawasan industri Jababeka. Hal ini tentunya sesuai rencana jangka panjang dari perseroan untuk menjadikan Kota Jababeka Cikarang sebagai kawasan kota mandiri terpadu berwawasan lingkungan,” ujar Direktur PT Jababeka Tbk, Sutedja S. Darmono optimis.

Karena itu, dirinya berharap, pengembangan demi pengembangan yang telah dan akan dilakukan Jababeka Industrial Estate sebagai kawasan industri yang sekarang menjadi kota mandiri nantinya terus berkembang sehingga semakin menarik minat para Investor luar dan lokal. Dengan demikian, Kota Jababeka dapat menjadi suatu kawasan hunian ideal yang lengkap, dimana orang dapat bekerja, tinggal, beribadah,berbelanja, bermain bahkan belajar.

Keterangan lebih lanjut:

Rudi Subrata

General Manager of Industrial Sales & Marketing Dept

PT Graha Buana Cikarang

Telp. 021-893 4350

HP. 0816 702 263

 

banner

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

nisp
4 M Kepada Desa Sukaresmi Aditya Maulana Dari Waitress Hingga Hotel Manager Anggota Sarbumusi Berhak Terima Dana Pensiun 100 Juta Antara Gaya Hidup & Kesehatan Berburu Berkah Di Bulan Ramadhan bioskop cinemaxx BUDIYANTO Cikarang Ditinggal Mudik CSR Kabupaten Bekasi Dadali Hibur Anak Yatim Cikarang Daeng Muhammad Bangun Masjid Talagamanggung di Pebayuran Demokrasi Mini Ala Warga "Berlian" Faber Castell Memperluas Pabrik di MM2100 GABUNGAN OPERATOR TV KABEL INDONESIA DEKLARASI GERAKAN NASIONAL TAYANG FTA GRATIS Gema Ramadhan dan Idul Fitri LPPM Jababeka Glorious Ramadan at Mal Lippo Cikarang GROUND BREAKING MAYFAIR Estate & Parklands di Jababeka Residence Hipertensi : Masalah Serius Pada Generasi Muda Hotel Sahid Jaya Lippo Cikarang Santuni 100 Anak Yatim Java Palace Hotel KAMPUNG HALAMAN Kapolresta Bekasi Tinjau Kesiapan Personil Amankan Mudik 2015 Kemilau Ramadhan 2015 Jababeka Residence Kodim Kawal Kegiatan Gemar Membaca Komunitas BerbagiNasi Cikarang dan Coca-Cola Amatil Indonesia Gelar Berbagi Ceria di Bulan Ramadhan Komunitas Peduli Cikarang Peduli Yatim Piatu Dan Lingkungan LATIN NIGHT BARBECUE @ GRANDE VALORE HOTEL – JABABEKA LEBARAN MENGINAP GRATIS DI HOTEL SANTIKA CIKARANG Lippo Cikarang Serahkan Bantuan Senilai 4 Papinka Goyang Basecamp NCRadio Pemasangan Kawat Gigi Penampilan Memukau Para Siswa Berkebutuhan Khusus President Special Needs Centre (PSNC) Pencegahan Penyakit Akibat Kerja PROMO “BERKAH RAMADHAN” Hotel Santika Cikarang PSNC Siapkan Pengembangan Anak Berkebutuhan Khusus Usia Dewasa PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) PT Cameron Services International Lulus Sertifikasi OHSAS 18001:2007 & SMK3 PT Trans Jakarta Luncurkan Bus Tingkat Pariwisata Tematik Rira GreenPark Kembangkan Cluster Perkantoran Dan Pergudangan Khusus UKM Samsung Siap Produksi Ponsel dan Tablel Sebanyak 1 Juta/Bulan Sekjen Aspelindo : Pemda Harus Siapkan SDM Lokal Hadapi MEA Soft Opening Batiqa Hotel Suzuki Tambah Investasi Tasyakuran Kelulusan Siswa SDIT An Nur Angkatan Kesembilan Wisuda Ke-10 President University