Published On: Sun, Mar 25th, 2018

SPTP Komatsu Bangun Jiwa Kewirausahaan Di Kalangan Karyawan

banner

SPTP Komatsu Bangun Jiwa Kewirausahaan Di Kalangan Karyawan

“Kerja Jalan, Wirausaha Juga Jalan” itulah tema Seminar Inspiratif Kewirausahaan Dan Perencanaan Keuangan yang diselenggarakan oleh Serikat Pekerja Tingkat Perusahaan (SPTP) PT. Komatsu Undercarriage Indonesia (KUI) yang bertempat di Lexis Resto Kota Jababeka pada  tanggal 25 Maret 2018. Tidak tanggung-tanggung 3 motivator yang sekaligus pengusaha sukses di bidang kuliner dihadirkan, yaitu Kang Mardi, Mas Agung  dan Danang Indriyanto untuk membuka mindset ratusan karyawan Komatsu.seminar wirausaha komatsu

Benny Setiawan selaku Ketua SPTP KUI mengungkapkan, SPTP KUI berdiri pada tanggal 21 April 2008 sebagai wadah aspirasi karyawan Komatsu yang saat ini berjumlah sekitar 600 anggota. “SPTP ini tidak berafiliasi dengan serikat pekerja mana pun, dan keberadaannya sangat didukung oleh Manajemen. Kami selalu membangun sinergi dengan Manajemen sehingga tidak pernah timbul perselisihan. Tugas kami memonitoring perjanjian  kerja bersama antara Manajemen dan karyawan agar berjalan baik serta melakukan perbaikan poin-poin di perjanjian tersebut,” ungkap Benny yang baru menjabat Ketua pada bulan Oktober 2017 lalu.

Dalam kesempatan yang sama, Sigit Handoko selaku Sekjen SPTP KUI menyampaikan, kegiatan seminar yang baru pertama kali diselengarakan di luar lingkungan perusahaan ini merupakan bagian Program Kerja Bidang SDM & Kesejahteraan. “Program Kerja kami di tahun 2018 ini secara reguler, yaitu baksos untuk anggota dan keluarganya, memberikan bingkisan di hari keagamaan, mengeluarkan ID Card E-Money dan kegiatan olah raga,” ungkap Sigit yang didapuk sebagai moderator.

Sementara Abdun Nasir sebagai Ketua Pelaksana mengharapkan, para karyawan yang setiap hari bekerja rata-rata 8 jam yang hampir tidak ada waktu, dengan seminar ini dapat mengenal tentang kewirausahaan dan belajar menata keuangan dengan baik. Dari sini wawasan karyawan semakin bertambah sehingga mampu mengubah mindset-nya yang selama ini ragu dan takut berwirausaha sambil bekerja.

Untuk itulah para pakar wirausaha yang dulunya juga berangkat dari seorang karyawan hadir untuk memberikan motivasi dan pencerahan kepada karyawan Komatsu. Seperti Mas Agung  yang sukses di bisnis kuliner yang memiliki brand Bebek Tiktok, Bebek Jambul dan Gubuk Bebek, dengan 15 cabang.

“Saya menjadi karyawan selama 23 tahun di perusahaan otomotif dan memutuskan buka usaha setelah melihat penjual nasi goreng dekat pabrik yang hanya bercelana pendek dan kaos bisa mengantongi profit hingga 15 juta per bulan. Usaha pertama berjualan rempah-rempah di Pasar Induk bangkrut, dan 3 kali saya opname. Namun setelah ikut Entrepreneur University, saya mulai membuka outlet bebek,” cerita Mas Agung yang memutuskan berhenti jadi karyawan setelah memiliki 4 rumah makan.

Menurut Mas Agung, untuk berkembang jangan berpikir masalah, tetapi berpikir usahanya. Khusus untuk pemula cari bisnis yang hari ini keluar modal berapa dan hari ini juga tahu untung berapa. Bagi karyawan yang setiap tahun dapat bonus itu modal yang baik, tinggal mencari kemitraan atau franchise, sehingga sambil bekerja jadi karyawan, bisnis bisa tetap jalan.

Kang Mardi yang dijuluki dokter kuliner ini memiliki 4 rahasia cepat menjadi pengusaha, yaitu : ikut seminar kewirausahaan, ikut komunitas pengusaha, ikut usaha kemitraan dan berteman dengan pengusaha. Untuk itu menurut Kang Mardi diri kita harus diubah mindset-nya, caranya berpikir bahwa sukses itu adalah kepastian, atasi mental block, jangan banyak cari alasan, hindari kata “karena” dan gunakanlah kata “walaupun”.

“Banyak keuntungan jadi pengusaha, seperti kebebasan waktu, anda adalah bosnya, tidak ada yang memerahi, inkam tidak terbatas, bantu umat dan bisa mandiri,” ujar motivator yang memiliki Sekolah Pelatihan Bisnis dan Kewirausahaan Muslim atau Muslim Entrepreneur Camp (MEC) ini.

Sebagai pembicara ketiga adalah Danang Indriyanto yang dulunya adalah karyawan Komatsu selama 9 tahun. Owner Kwak Kwek Resto / Bebek Balap ini menceritakan alasan membuka usaha hingga sukses memiliki 20 outlet dengan 81 karyawan ini.  Juga ada testimoni dari Rifal Rosadi yang sukses menjadi pengusaha kuliner bebek atas bimbingan Kang Mardi.

 

 

 

banner

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

nisp
4 M Kepada Desa Sukaresmi Aditya Maulana Dari Waitress Hingga Hotel Manager Anggota Sarbumusi Berhak Terima Dana Pensiun 100 Juta Antara Gaya Hidup & Kesehatan Berburu Berkah Di Bulan Ramadhan bioskop cinemaxx BUDIYANTO Cikarang Ditinggal Mudik CSR Kabupaten Bekasi Dadali Hibur Anak Yatim Cikarang Daeng Muhammad Bangun Masjid Talagamanggung di Pebayuran Demokrasi Mini Ala Warga "Berlian" Faber Castell Memperluas Pabrik di MM2100 GABUNGAN OPERATOR TV KABEL INDONESIA DEKLARASI GERAKAN NASIONAL TAYANG FTA GRATIS Gema Ramadhan dan Idul Fitri LPPM Jababeka Glorious Ramadan at Mal Lippo Cikarang GROUND BREAKING MAYFAIR Estate & Parklands di Jababeka Residence Hipertensi : Masalah Serius Pada Generasi Muda Hotel Sahid Jaya Lippo Cikarang Santuni 100 Anak Yatim Java Palace Hotel KAMPUNG HALAMAN Kapolresta Bekasi Tinjau Kesiapan Personil Amankan Mudik 2015 Kemilau Ramadhan 2015 Jababeka Residence Kodim Kawal Kegiatan Gemar Membaca Komunitas BerbagiNasi Cikarang dan Coca-Cola Amatil Indonesia Gelar Berbagi Ceria di Bulan Ramadhan Komunitas Peduli Cikarang Peduli Yatim Piatu Dan Lingkungan LATIN NIGHT BARBECUE @ GRANDE VALORE HOTEL – JABABEKA LEBARAN MENGINAP GRATIS DI HOTEL SANTIKA CIKARANG Lippo Cikarang Serahkan Bantuan Senilai 4 Papinka Goyang Basecamp NCRadio Pemasangan Kawat Gigi Penampilan Memukau Para Siswa Berkebutuhan Khusus President Special Needs Centre (PSNC) Pencegahan Penyakit Akibat Kerja PROMO “BERKAH RAMADHAN” Hotel Santika Cikarang PSNC Siapkan Pengembangan Anak Berkebutuhan Khusus Usia Dewasa PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) PT Cameron Services International Lulus Sertifikasi OHSAS 18001:2007 & SMK3 PT Trans Jakarta Luncurkan Bus Tingkat Pariwisata Tematik Rira GreenPark Kembangkan Cluster Perkantoran Dan Pergudangan Khusus UKM Samsung Siap Produksi Ponsel dan Tablel Sebanyak 1 Juta/Bulan Sekjen Aspelindo : Pemda Harus Siapkan SDM Lokal Hadapi MEA Soft Opening Batiqa Hotel Suzuki Tambah Investasi Tasyakuran Kelulusan Siswa SDIT An Nur Angkatan Kesembilan Wisuda Ke-10 President University