Published On: Sun, Nov 12th, 2017

Teknik Mesin President University Hasilkan Para Penemu

banner

Teknik Mesin President University Hasilkan Para Penemu

Hasil-hasil penemuan besar sudah tercatat pada abad pertengahan di Yunani kuno seperti Mesin Uap pertama ciptaan Heron dari Alexandria pada abad ke-10 Masehi. Kemudian antara abad 7 hingga 15, merupakan Zaman Keemasan Islam, dimana lahir penemu muslim di bidang teknologi mekanik. Terobosan penting dalam dasar-dasar ilmu teknik mesin terjadi di Inggris pada abad ke-17 oleh Sir Isaac Newton yang merumuskan tiga Hukum Newton tentang gerak dan Kalkulus. Dan dijaman milenial ini tidak jauh-jauh, di Indonesia sendiri sudah lahir penemu, meski statusnya masih mahasiswa. Mereka adalah Ahmad Tosin, Kuswanto dan Royan Askarnowo yang menemukan 3D printer, Haris Cahyo Triatmono dan Muslimin yang mengembangkan ball milling.

Ternyata ke lima mahasiswa ini adalah mahasiswa Teknik Mesin President University. Ini sebuah pencapaian yang sangat luar biasa, karena Teknik Mesin sendiri ijin operasionalnya resmi diperoleh pada tahun 2011. Awal beroperasi, Teknik Mesin President University  berkonsentrasi pada teknologi manufaktur dan konversi energi. Seiring dengan kebutuhan dan permintaan dunia industri, maka bertambah pada konsentrasi mekatronika dan material maju. Pada konsentrasi mekatronika inilah mahasiswa memiliki kesempatan dalam berinovasi.

Salah satu prototype yang telah berhasil dikembangkan adalah 3D printer oleh Ahmad Tosin, Kuswanto dan Royan Askarnowo sebagai tugas akhir dalam menyelesaikan pendidikan sarjana S1 Teknik Mesin. 3D printer adalah proses pembuatan benda padat tiga dimensi dari sebuah desain secara digital menjadi bentuk tiga dimensi (3D) yang tidak hanya dapat dilihat tapi juga dipegang dan memiliki volume. 3D printer dicapai dengan menggunakan proses aditif, dimana sebuah obyek dibuat dengan meletakkan lapisan yang berurut dari bahan.

laboratorium PU

Lydia Anggraini mendampingi Arif Yahya Menteri Pariwisata saat mengunjungi Laboratorium Teknik Mesin President University.

Dr. Eng. Lydia Anggraini, S.T., M.Eng selaku Kaprodi Teknik Mesin menyampaikan, pencetakan 3D merupakan proses yang berbeda dari teknik mesin tradisional (proses subtraktif) yang sebagian besar bergantung pada penghapusan materi oleh pengeboran, pemotongan dan lain–lain. Berbeda juga pada teknologi konvensional. Untuk membuat suatu obyek, diperlukan proses yang rumit dan panjang dengan membuat alat cetak terlebih dahulu (mold, die, cast).  Hal tersebut tentu saja membutuhkan investasi cetakan yang kurang ekonomis jika hanya membuat satu buah obyek.

Lebih lanjut dosen muda yang pernah mengembangkan mobil listrik ini mengungkapkan, pada bidang nanoteknologi juga telah berhasil dikembangkan ball milling, sebagai salah satu prasyarat tugas akhir dalam menyelesaikan sarjana S1 Teknik Mesin di President University. Mereka adalah Haris Cahyo Triatmono dan Muslimin yang telah berhasil mengembangkan prototype ball milling dengan kapasitas 1600 RPM, mampu menghasilkan partikel dari 200 mm hingga mencapai 40 mm dengan waktu kurang dari 50 menit. Penelitian ini telah dikaji lebih lanjut oleh Asep Suhandi dengan menggunakan bahan Copper-Iron alloy yang dapat digunakan dalam aplikasi suku cadang kendaraan bermotor (otoparts) serta biomedikal sehingga memiliki sifat mekanis, akibatnya nilai jualnya jauh lebih baik.

Lydia menyebutkan, seiring perkembangannya, bidang teknik mesin memiliki prospek yang besar di dunia kerja. Proyeksi tempat kerja para lulusan Teknik Mesin antara lain: 1) Industri pertambangan, 2) Perusahaan Engineering, Procurement, and Construction (EPC), 3) Bidang pembangkit listrik, 4) Industri Proses, 5) Industri Transportasi, 6) Kontraktor gedung bertingkat, 7) Perusahaan jasa maintenance & service, 8) Akademisi/Peneliti. Salah satu program Presiden RI yaitu membangun pembangkit listrik 35000 MW yang akan beroperasi pada tahun 2019, pastinya dibutuhkan Sarjana Teknik Mesin seperti pada industri baja sebagai konstruksinya. Oleh karena itu, lapangan kerjanya sangat luas terutama dalam menghadapi era Masyarakat Ekonomi Asean/MEA saat ini. ***

 

banner

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

nisp
4 M Kepada Desa Sukaresmi Aditya Maulana Dari Waitress Hingga Hotel Manager Anggota Sarbumusi Berhak Terima Dana Pensiun 100 Juta Antara Gaya Hidup & Kesehatan Berburu Berkah Di Bulan Ramadhan bioskop cinemaxx BUDIYANTO Cikarang Ditinggal Mudik CSR Kabupaten Bekasi Dadali Hibur Anak Yatim Cikarang Daeng Muhammad Bangun Masjid Talagamanggung di Pebayuran Demokrasi Mini Ala Warga "Berlian" Faber Castell Memperluas Pabrik di MM2100 GABUNGAN OPERATOR TV KABEL INDONESIA DEKLARASI GERAKAN NASIONAL TAYANG FTA GRATIS Gema Ramadhan dan Idul Fitri LPPM Jababeka Glorious Ramadan at Mal Lippo Cikarang GROUND BREAKING MAYFAIR Estate & Parklands di Jababeka Residence Hipertensi : Masalah Serius Pada Generasi Muda Hotel Sahid Jaya Lippo Cikarang Santuni 100 Anak Yatim Java Palace Hotel KAMPUNG HALAMAN Kapolresta Bekasi Tinjau Kesiapan Personil Amankan Mudik 2015 Kemilau Ramadhan 2015 Jababeka Residence Kodim Kawal Kegiatan Gemar Membaca Komunitas BerbagiNasi Cikarang dan Coca-Cola Amatil Indonesia Gelar Berbagi Ceria di Bulan Ramadhan Komunitas Peduli Cikarang Peduli Yatim Piatu Dan Lingkungan LATIN NIGHT BARBECUE @ GRANDE VALORE HOTEL – JABABEKA LEBARAN MENGINAP GRATIS DI HOTEL SANTIKA CIKARANG Lippo Cikarang Serahkan Bantuan Senilai 4 Papinka Goyang Basecamp NCRadio Pemasangan Kawat Gigi Penampilan Memukau Para Siswa Berkebutuhan Khusus President Special Needs Centre (PSNC) Pencegahan Penyakit Akibat Kerja PROMO “BERKAH RAMADHAN” Hotel Santika Cikarang PSNC Siapkan Pengembangan Anak Berkebutuhan Khusus Usia Dewasa PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) PT Cameron Services International Lulus Sertifikasi OHSAS 18001:2007 & SMK3 PT Trans Jakarta Luncurkan Bus Tingkat Pariwisata Tematik Rira GreenPark Kembangkan Cluster Perkantoran Dan Pergudangan Khusus UKM Samsung Siap Produksi Ponsel dan Tablel Sebanyak 1 Juta/Bulan Sekjen Aspelindo : Pemda Harus Siapkan SDM Lokal Hadapi MEA Soft Opening Batiqa Hotel Suzuki Tambah Investasi Tasyakuran Kelulusan Siswa SDIT An Nur Angkatan Kesembilan Wisuda Ke-10 President University