Published On: Thu, Aug 3rd, 2017

Temu Bisnis dan Kerjasama Koperasi dan UKM Di Bidang Industri Komponen Otomotif

banner

Komitmen Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla sebagaimana 9 butir dalam Nawa Cita, salah satunya adalah menjelaskan bahwa perlunya “Mewujudkan Kemandirian Ekonomu Dengan Menggerakkan Sektor Strategis Ekonomi Domestik”. Dalam kaitan itu, Koperasi dan UKM yang bergerak di sektor riil khususnya industri komponen otomotif dipandang mampu memberikan sumbangan, baik dalam meningkatkan nilai tambah sumber daya maupun perluasan lapangan dan kesempatan kerja.

Bisnis otomotif dan industri pendukungnya saat ini mengalami peningkatan cukup baik dan prospek bisnis otomotif di masa mendatang masih tetap sangat bagus. Namun dalam kaitan Produksi dan Pemasaran, disadari bahwa para pelaku/Pengusaha di bidang Industri Komponen Otomotif khususnya skala Koperasi dan UKM masih menghadapi permasalahan seperti permodalan, kapasitas SDM, iklim usaha, akses teknologi dan akses pemasaran.

Guna mewujudkan komitmen dalam Nawa Cita tersebut dibutuhkan strategi dan upaya yang terencana, terpadu lintas sektor, bertahap dan berkesinambungan dalam rangka peningkatan kapasitas dan wawasan pelaku usaha dalam lingkup Koperasi dan UKM bidang industri komponen otomotif. Untuk itu, Kementerian Koperasi menginisiasi penyelenggaraan kegiatan “Temu Bisnis dan Kerjasama Koperasi dan UKM dibidang Industri Otomotif dan Industri Pendukungnya”, pada hari Rabu tanggal 2 Agustus 2017 lalu di Bekasi.

Dalam penyelenggaraan kegiatan tersebut, Kementerian Koperasi dan UKM akan bekerjasama dengan IOI (Institut Otomotif Indonesia), PIKKO (Perkumpulan Industrk Kecil Menengah Komponen Otomotif) Indonesia, asosiasi lain se-Jabodetabek serta koperasi di DKI Jakarta, Jawa Tengah dan Jawa Barat yang berusaha dibidang komponen otomotif dan industri pendukungnya. Pada acara Temu Bisnis tersebut berlangsung penandatanganan kerja sama dalam Pengembangan Manajemen dan SDM KUKM Komponen Otomotif antara Institut Otomotif Indonesia (IOI) dengan 5 Koperasi Komponen Otomotif, yaitu 1. Koperasi Industri Komponen Otomotif (KIKO), 2. Koperasi batur Jaya Klaten, 3. Koperasi Logam Rakitan Rakyat Tegal, 4. Koperasi Tegal Manufaktur Part, 5. Koperasi Perkampungan Industri Kecil (KOPIK) dan kerja sama dengan PT. Yogya Presisi Tehnikatama Industri. Juga dilakukan kerjasma dalam pengembangan Design dan kualitas produk antara PT Bakrie Autopart dengan Koperasi Industri Komponen Otomotif (KIKO) Jakarta.temu bisnis2

Dalam rangka meningkatkan daya saing produk KUKM, juga diserahkan sertifikat HAKI kepada 1. Ernawati dengan jenis produk Motif Buah Kecapi, 2. Vergowati Retno Purwaningsih dengan jenis produk Motif Batik Bunga Tulip, 3. Istiqomah dengan produk Batik Motif Pesta Panen.

Selanjutnya diserahkan juga Sertifikat NIK (Nomor Induk Koperasi) kepada 3 Koperasi dari Kab. Karawang, yaitu : 1. KPRI Kancawinanya, 2. KPRI Tridaya SMPN 1 Karawang Barat, dan 3. KPRI Graha Mina BLUPPB Karawang dan Penyerahan KUR dari Bank BRI kepada Maesa Yuda Pratama dan Dodi Aditya Warman masing-masing senilai Rp. 25 Juta, sedangkan penyerahan KUR dari Bank BNI kepada Sofyan Fitriadi senilai Rp. 15 Juta dan Herlina senilai Rp. 25 Juta.

Kerjasama ini dalam rangka meningkatkan kemitraan dan pengembangan kerja sama dalam hal pendampingan, bimbingan teknis dan sebagaimana yang akan diberikan oleh IOI kepada koperasi-koperasi tersebut, sehingga koperasi-koperasi tersebut diharapkan dapat bermitra dengan tier 1 dan 2. Pada Temu Bisnis ini juga digelar Mini Pameran hasil produksi komponen otomotif dari beberapa Koperasi dan Usaha UKM, seperti dari AUPI (Asosiasi UKM Pendukung Industri) Kabupaten Bekasi. AUPI saat ini beranggotakan 40 UKM yang berkecimpung di berbagai bidang produksi seperti machining, fabrikasi, permesinan, pengecoran, plastik, karet, komponen dan lain-lain. Deputi Kementerian UKM Wayan Dipta menyempatkan diri meninjau stand AUPI yang didampingi oleh Dicky dari Dinas Perindustrian Kabupaten Bekasi, Emil Harley dari Kadin Kabupaten Bekasi, Bambang Indra Direktur Bakri Autopart, Made Tangkas Direktur Toyota dan Edison Sihombing Ketua AUPI Kabupaten Bekasi.temu bisnis

Dari Temu Bisnis ini diharapkan rekomendasi dan masukan untuk merumuskan kebijakan Kementerian Koperasi dan UKM dalam upaya mendorong koperasi dan pelaku usaha komponen otomotif agar lebih maju dan bisa bersaing untuk mendukung pengembangan industri otomotif di tanah air. Dan dipilihnya Bekasi sebagai tempat penyelengaraan dengan mempertimbangkan bahwa Bekasi merupakan salah satu kawasan industri otomotif di Indonesia.

banner

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

nisp
4 M Kepada Desa Sukaresmi Aditya Maulana Dari Waitress Hingga Hotel Manager Anggota Sarbumusi Berhak Terima Dana Pensiun 100 Juta Antara Gaya Hidup & Kesehatan Berburu Berkah Di Bulan Ramadhan bioskop cinemaxx BUDIYANTO Cikarang Ditinggal Mudik CSR Kabupaten Bekasi Dadali Hibur Anak Yatim Cikarang Daeng Muhammad Bangun Masjid Talagamanggung di Pebayuran Demokrasi Mini Ala Warga "Berlian" Faber Castell Memperluas Pabrik di MM2100 GABUNGAN OPERATOR TV KABEL INDONESIA DEKLARASI GERAKAN NASIONAL TAYANG FTA GRATIS Gema Ramadhan dan Idul Fitri LPPM Jababeka Glorious Ramadan at Mal Lippo Cikarang GROUND BREAKING MAYFAIR Estate & Parklands di Jababeka Residence Hipertensi : Masalah Serius Pada Generasi Muda Hotel Sahid Jaya Lippo Cikarang Santuni 100 Anak Yatim Java Palace Hotel KAMPUNG HALAMAN Kapolresta Bekasi Tinjau Kesiapan Personil Amankan Mudik 2015 Kemilau Ramadhan 2015 Jababeka Residence Kodim Kawal Kegiatan Gemar Membaca Komunitas BerbagiNasi Cikarang dan Coca-Cola Amatil Indonesia Gelar Berbagi Ceria di Bulan Ramadhan Komunitas Peduli Cikarang Peduli Yatim Piatu Dan Lingkungan LATIN NIGHT BARBECUE @ GRANDE VALORE HOTEL – JABABEKA LEBARAN MENGINAP GRATIS DI HOTEL SANTIKA CIKARANG Lippo Cikarang Serahkan Bantuan Senilai 4 Papinka Goyang Basecamp NCRadio Pemasangan Kawat Gigi Penampilan Memukau Para Siswa Berkebutuhan Khusus President Special Needs Centre (PSNC) Pencegahan Penyakit Akibat Kerja PROMO “BERKAH RAMADHAN” Hotel Santika Cikarang PSNC Siapkan Pengembangan Anak Berkebutuhan Khusus Usia Dewasa PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) PT Cameron Services International Lulus Sertifikasi OHSAS 18001:2007 & SMK3 PT Trans Jakarta Luncurkan Bus Tingkat Pariwisata Tematik Rira GreenPark Kembangkan Cluster Perkantoran Dan Pergudangan Khusus UKM Samsung Siap Produksi Ponsel dan Tablel Sebanyak 1 Juta/Bulan Sekjen Aspelindo : Pemda Harus Siapkan SDM Lokal Hadapi MEA Soft Opening Batiqa Hotel Suzuki Tambah Investasi Tasyakuran Kelulusan Siswa SDIT An Nur Angkatan Kesembilan Wisuda Ke-10 President University